window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Memprediksi Fitur Daihatsu Xenia 2022, Kembar Tapi Beda dengan Avanza

Prasetyo · 22 Okt, 2021 12:04

Daihatsu Xenia 2022

Daihatsu Xenia 2022 kuat dirumorkan akan resmi melantai saat pagelaran GIIAS 2021 yang berlangsung 11-21 November. Ini mengacu pada dugaan jika kembarannya Toyota Avanza 2022 juga akan melakukan debut di tempat serupa.

Namun seperti tradisinya bertahun-tahun ketika keluar produk kolaborasi antara Toyota-Daihatsu, maka jadwal peluncuran pastilah yang didahulukan Toyota, baru menyusul Daihatsu. Namun karena GIIAS akan menempati lokasi yang sama yakni ICE BSD City, Tangerang, maka selisih waktu kemunculan dua produk ini hanya akan berselang hitungan menit saja.

Daihatsu Xenia 2022 -1

Render tampilan depan Xenia 2022 (foto: Instagram @indra_fathan)

Nah beberapa waktu lalu kami sudah membuat sedikit prediksi akan seperti apa sosok Daihatsu Xenia 2022 nantinya. Maka kali ini yang bakal kita ulas lebih dalam mengenai kemungkinan fitur-fitur yang dijejalkan oleh Daihatsu pada LMPV andalan terbarunya itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Masih berkaca dari kehadiran sosok Toyota Veloz 2022 yang bocor tanpa tertutup kamuflase sedikit pun, kami pun coba sedikit menerka apa saja fitur Daihatsu Xenia 2022. Berikut prediksinya.

Baca juga : Ada Bocoran All New Toyota Veloz, Gimana Tampang Daihatsu Xenia 2022?

1. Semuanya Berubah Jadi Penggerak Roda Depan

Daihatsu Xenia 2022 -2

Pakai platform DNGA seperti Raize-Rocky

Inilah isu yang mungkin paling ramai dibicarakan dari kehadiran Avanza - Xenia terbaru. Karena kedua mobil ini sepertinya tak akan lagi menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD). Keduanya disemua varian, akan menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) serta menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Seperti kita ketahui, platform ini sudah lebih dulu dipakai di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, dimana keduanya juga sama-sama bersistem FWD. DNGA ini dikembangkan dengan konsep kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien. Dan satu dari beberapa hal yang dipertimbangkan untuk faktor efisiensi BBM yang lebih baik adalah mengubah sistem penggerak dari roda belakang ke roda depan.

2. Pakai Transmisi Matic CVT dengan Manual Mode

Daihatsu Xenia 2022 -3

Ada manual mode

Selain sistem penggerak baru, Xenia 2022 maupun kembarannya Avanza 2022 juga akan pakai gearbox baru. Untuk varian transmisi matic, kini Daihatsu memilih sistem CVT (Continuously Variable Transmission). Penggunaan sistem transmisi baru ini juga sejalan dengan penerapan platform DNGA guna menghasilkan efisiensi BBM lebih baik.

Menggunakan komponen utama berupa puli dan sabuk baja yang dibantu sistem pompa fluida, kinerja CVT akan membuat beban ke mesin jauh lebih ringan dibanding transmisi matic biasa. Namun Daihatsu menambahkan tekologi Dual Mode pada sistem CVT ini. Sehingga memungkinkan pengemudi bisa mengubah kondisi transmisi layaknya mengoperasikan transmisi manual namun tanpa bantuan pedal kopling.

Baca juga : Dirilis Bareng Avanza, Apakah Daihatsu Xenia 2022 Mendapat Fitur A.S.A yang Sama Seperti Rocky?

3. Hanya Pakai Dua Airbags

Daihatsu Xenia 2022 -4

Airbag kemungkinan hanya ada di pengemudi dan penumpang depan

Meskipun jadi produk kembar, namun tetap selalu ada pembeda antara Avanza dengan Xenia. Begitu juga pada generasi terbarunya ini. Kalau Toyota kabarnya akan dapat hingga 6 airbags pada Avanza terbaru, maka kemungkinan hal tersebut tidak terjadi pada Xenia 2022.

Kesimpulan ini kami buat dengan melihat perbandingan kondisi antara Raize dan Rocky. Untuk tipe tertingginya, Toyota sudah membekali Raize dengan 6 buah airbags. Sementara Rocky di tipe paling mahal pun hanya berbekal dual SRS Airbags yaitu di sisi pengemudi dan penumpang depan.

4. Absen Adaptive Cruise Control

Daihatsu Xenia 2022 -5

Fitur A.S.A tanpa adaptive cruise control

Kalau memang Avanza dan Xenia 2022 sama-sama dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang diturunkan dari Raize - Rocky, maka kemungkinan keduanya juga akan pakai fitur keselamatan serupa. Untuk Toyota akan dinamai TSS (Toyota Safety System) sementara Daihatsu pakai nama A.S.A (Advanced Safety Assist).

Namun kemungkinan kembali akan terjadi sedikit perbedaan antara fitur di Avanza dengan Xenia baru. Sama seperti di Raize-Rocky, rasanya fitur Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Monitoring akan kembali absen di Daihatsu Xenia 2022. Sementara kabarnya Toyota memasukkan daftar fitur ini untuk Veloz TSS.

Baca juga : Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana?

5. Tambah Aksesoris Buat Kebutuhan Keluarga

Daihatsu Xenia 2022 -7

Kompartemen seperti ini rasanya akan ada lagi di Xenia terbaru

Absennya beberapa fitur tentu membuat Daihatsu menambah dengan fitur pengganti. Lantaran Xenia diposisikan sebagai mobil keluarga, maka rasanya fitur-fitur penunjang kenyamanan berkendara bersama keluarga akan dimasukkan.

Dari sisi infotaimnemt misalnya, kemungkinan besar akan pakai monitor 9 inci sistem layar sentuh yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Lantas sistem tata suaranya juga akan lebih lengkap dibanding Avanza.

Kemudian, Xenia juga kami prediksi akan punya ruang penyimpanan barang lebih banyak, termasuk keberadaan seat under tray di jok penumpang depan, back seat pocket di jok pengemudi dan penumpang depan, beberapa cup holder, sampai cargo net untuk bagasi belakang.

Makin menarik untuk ditunggu ya!

Baca juga : Ini Prediksi Harga Daihatsu Xenia 2022, Bisa Dapat Diskon PPnBM 100 Persen Lagi?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil