window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga, Adu Nyaman Mobil Keluarga

Yongki Sanjaya · 25 Okt, 2020 12:00

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga, Adu Nyaman Mobil Keluarga 01

Honda Mobilio tampil menawan dan agresif dengan desain sporty yang memikat. Diproduksi oleh produsen mobil Jepang PT. Honda Prospect Motor (HPM), All New Honda Mobilio yang dirilis pada 2019 lalu hadir dengan tampilan baru yang stylish dan atraktif. 

Honda Mobilio merupakan pesaing yang cukup diperhitungkan di pasar MPV kompak di Indonesia. Mobilio mendapatkan facelift pada 21 Februari 2019 silam. Selain Indonesia, Mobilio sebagai MPV Segmen C juga dirakit di pabrik Honda di India dan Thailand. 

Harga Honda Mobilio 2020 dimulai dari Rp205 jutaan untuk Honda Mobilio S MT yang menjadi entry level hingga Rp261 jutaan bagi Honda Mobilio RS CVT yang mendapatkan berbagai fitur paling lengkap sebagai varian tertinggi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berpatok pada data penjualan bulan Februari 2020 yang lalu, sebanyak 1.168 unit diraih untuk New Mobilio. Sedangkan Suzuki Ertiga terbaru terjual hanya sebanyak 946 unit.

Fakta membuktikan angka penjualan Suzuki Ertiga terbaru masih kalah dengan All New Honda Mobilio. Penjualan MPV Honda ini masih menjanjikan walaupun belum masuk generasi kedua. Padahal dari sisi ketangguhannya, material Suzuki Ertiga paling kokoh dibandingkan Mobilio atau MPV sejenis lainnya.

Namun, kita tidak cuma membandingkan soal built quality tapi juga banyak aspek lain. Bagaimana soal kenyamanan, akomodasi barang bawaan, hingga performa saat dikendarai.

Kenyamanan Berkendara di Honda Mobilio

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga, Adu Nyaman Mobil Keluarga 01

Sebagai mobil keluarga, hal utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Suspensi inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari Honda Mobilio. 

Suspensi dari mobil Honda Mobilio terbilang cukup empuk dengan bantingan yang masih tergolong ke dalam batas wajar. Ketika saat melahap jalan rusak, suspensi mobil Honda All New Mobilio mampu meredam dengan baik. 

Karakter suspensi mobil Honda Mobilio memiliki bantingan yang empuk pada suspensi depan. Sedangkan di belakang agak sedikit keras saat dikendarai sendiri, tapi masih dapat di toleransi. Jika diisi penuh oleh penumpang, bantingansuspensi tersebut akan terasa cukup nyaman dengan bantingan yang pas. 

Honda meracik suspensi Honda Mobilio dengan model MacPherson Strut di bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Karakter torsion beam yang cenderung keras membuat mobil memiliki handling yang cukup baik.

Suzuki Ertiga Lebih Stabil dan Nyaman

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga, Adu Nyaman Mobil Keluarga 02

Kenyamanan berkendara di Ertiga juga tidak buruk. Rasanya mobil ini sedikit lebih besar dan berat di jalan, terutama saat manuver pindah jalur dan menghindari lalu lintas yang lebih lambat. 

Kelebihannya, Suzuki Ertiga memiliki karakter suspensi yang jauh lebih nyaman dibanding Mobilio. Suspensi dari Suzuki Ertiga benar-benar mampu membuat pengendaranya merasakan kenikmatan berkendara yang sesungguhnya.

Karakter suspensinya pas, empuk dan tidak terasa keras. Baik itu di bagian suspensi depan, maupun di bagian suspensi belakang.

Handling dari mobil Suzuki Ertiga juga terbilang baik. Untuk melakukan manuver  menggunakan mobil ini juga lebih baik dibandingkan dengan Honda Mobilio. Pada saat bermanuver, Ertiga memiliki struktur chasis yang cukup rigid.

Bila dikomparasi, keduanya enak dikendarai dan nyaman saat menghantam gundukan atau lubang di jalan. Guncangan tidak terlalu sampai ke kabin dan Anda merasa percaya diri ketika Anda berkendara Keduanya pun lebih baik daripada Toyota Avanza.

Sensasi Berkendara di Honda Mobilio, Akselerasi Mulus Tanpa Jeda

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga, Adu Nyaman Mobil Keluarga 03

Membandingkan sensasi berkendara di kedua model, lebih menyinggung soal bagaimana kenikmatan memacu di balik kemudi. Bagaimana kenyamanan perpindahan gigi serta akselerasinya.

Untuk kenyamanan transmisi All New Honda Mobilio, lebih diunggulkan. Akselerasi dan deselerasi akan terasa halus dan bahkan terkadang tidak terasa oleh pengemudi. 

Hentakan saat perpindahan gigi juga sangat kecil dan masih sangat nyaman. Hal ini tentunya berkat sistem transmisi otomatis Continuous Variable Transmission (CVT).

Bicara kenyamanan di transmisi Suzuki Ertiga terbaru, mobil ini masih konsisten menggunakan transmisi otomatis empat percepatan. Walaupun masih menggunakan transmisi lama, transmisinya menawarkan perpindahan yang mulus dan rasio gear yang seimbang. Jadi tenaga dan torsinya mengalir progresif.

Setelah membandingkan soal sensasi berkendara, kali ini kita akan membahas bagaimana performa masing-masing.

Performa Honda Mobilio Ungguli Suzuki Ertiga

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga, Adu Nyaman Mobil Keluarga 04

Jika Anda lebih suka mobil dengan performa dan kapasitas mesin yang mumpuni dan enak diajak berlari kencang di jalanan, Anda patut memilih mobil Honda Mobilio. Karena Mobilio memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibanding Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga terbaru menggunakan mesin K15B (DOHC-VVT) dengan kapasitas 1.462 cc. Dengan kapasitas mesin tersebut, Suzuki Ertiga terbaru mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar, yakni 103 HP pada 6.000 Rpm dan 138 Nm di 4.400 Rpm. Dengan kata lain, mesin Suzuki Ertiga terasa lebih responsif dan masih sangat enak jika digunakan di jalanan kota.

Untuk performa mesin mobil Honda Mobilio, tampaknya honda masih mengandalkan teknologi yang sama dengan varian sebelumnya, yakni mesin tipe 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Tunggal berteknologi i-VTEC+DBW. Mesin tersebut juga mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 118 HP pada putaran 6.600 Rpm, serta mencapai torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 Rpm. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil