Cuma Beda Rp1,2 Juta, Ini Yang Bikin Daihatsu Xenia Menang Banyak Ketimbang Honda Mobilio 2022

Enda · 11 Apr, 2022 13:30

Daihatsu Xenia vs Honda Mobilio

Tidak seperti Daihatsu Xenia yang namanya semakin gemilang, di segmen Low MPV nama Honda Mobilio sendiri kian meredup. Bagaimana tidak, melihat data penjualan di Maret 2022, HPM hanya berhasil mendistribusikan 10 unit model mobil berkapasitas 7 penumpang tersebut.

Sebagai informasi, pihaknya kini hanya menawarkan Mobilio dengan satu varian saja, yakni S dengan transmisi manual. Untuk harganya, per April 2022 diniagakan Rp229,9 juta. Di kelas yang sama, Daihatsu Xenia 1.3 R MT sendiri dibandrol Rp231,1 juta.

Beda hanya Rp1,2 juta, antara Honda Mobilio S MT dengan Daihatsu Xenia 1.3 R MT mana yang layak untuk dipilih untuk saat ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW

Honda Mobilio Masih Mengandalkan Velg Kaleng

Honda Mobilio S

Honda Mobilio S menggunakan velg kaleng

Pada tampilan luarnya, Honda Mobilio S tampil sangat sederhana. Pada fascianya sendiri hanya menerima headlamp halogen dan belum dilengkapi foglamp.

Begitupun pada bagian sampingnya, mobil ini masih mengandalkan velg kaleng berukuran 15 inci yang ditutupi dop, handle pintu berwarna hitam, namun spionya sudah menggunakan model eletrik meski tidak dilengkapi lampu sein serta retractable.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia 1.3 R terlihat sporty dan dinamis

Berbeda dengan Daihatsu Xenia 1.3 R, varian yang cukup diminati ini pada fasadnya dapat dijumpai lampu utama LED dengan bentuk pipih dan tajam yang mendukung fitur follow me home, serta fog lamp di bumpernya.

Sisi sampingnya, Xenia dilengkapi dengan electric mirror yang pengaturan kacanya bisa dikendalikan dari dalam secara otomatis menggunakan tombol, serta fitur retractable dan lampu sein sebagai sinyal tambahan untuk berbelok maupun berpindah lajur.

Perlu kalian ketahui, untuk lingkar roda Daihatsu Xenia 1.3 R dibenamkan velg alloy R15 dengan tampilan sporty dan dinamis. Untuk buritannya sendiri mobil ini terlihat prestisius berkat adanya new fascinating LED rear combination with backdoor lamp, rear spoiler combined back door dan shark fin antenna.

Daihatsu Xenia Lebih Nyaman dari Honda Mobilio

Daihatsu Xenia

Fitur sofa mode Daihatsu Xenia

Soal kenyamanan berkendara, generasi ketiga Daihatsu Xenia kini lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Didalamnya, mobil ini memiliki kabin dan bagasi yang luas, serta tiga baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Pada instrumen panel nya sendiri mengadopsi New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual.

Daihatsu Xenia

Head unit 9 inci pada Daihatsu Xenia 1.3 R

Untuk sistem hiburannya, varian 1.3 R telah tersematkan head unit layar sentuh 9 inci bertipe floating yang modern. Selain itu, Xenia terbaru juga mendapatkan steering switch control yang terkoneksi dengan head unitnya, auto A/C digital yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower dan push start button.

Honda Mobilio S

Tampilan dashboard Honda Mobilio S

Didominasi dengan warna hitam untuk tampilan interiornya, pada sistem hiburannya Mobilio S mengandalkan head unit 2DIN Audio with Bluetooth & Hands Free Telephone, pengaturan AC digital dengan double blower, ECO Indicator, layar MID, One Touch Tumble 2nd Row Seat, dan Heat Rejecting Green Tinted Glass.

Baca juga: Tak Kunjung Ganti Model, Ini 3 Kelebihan Honda Mobilio 2022 Bersaing di Low MPV

Fitur Keselamatan Daihatsu Xenia 1.3R MT Vs Honda Mobilio S, Siapa Paling Komplit?

Daihatsu Xenia

Fitur keselamatan Daihatsu Xenia lebih komplit

Pada generasi ketiganya, Xenia 1.3 R MT disematkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dual airbag, emergency stop signal dan ISOFIX. Sedangkan untuk keamanannya telah dilengkapi rear parking camera, window jam protection, immobilizer, keyless dan security alarm keyless.

Untuk keselamatan berkendara, Honda Mobilio S dilengkapi dual front SRS airbags untuk perlindungan lebih lengkap, sistem pengereman yang didukung dengan ABS + EBD.

Dilain sisi, pada Low MPV Honda ini kalian juga akan menemukan pretensioner with load limiter seatbelt, ISOFIX & tether, parking sensor serta seatbelt reminder. Mengenai fitur keamanannya sendiri telah dibekali immobilizer, dan auto door lock by speed.

Honda Mobilio S Sangat Bertenaga

Honda Mobilio S

Mesin L15Z1 di Honda Mobilio lebih bertenaga

Baik Daihatsu Xenia maupun Honda Mobilio sama-sama mengandalkan sistem penggerak roda depan. Bicara Daihatsu Xenia 1.3 R MT, mobil ini dibenamkan mesin 1.3L 1NR-VE berkubikasi 1.329 cc DOHC 4 silinder segaris dual VVT-i dengan menghasilkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm. Unttuk tingkat percepatannya sendiri dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Tidak seperti Xenia 1.3 R MT yang menggunakan mesin 1.300 cc, Honda Mobilio S disematkan jantung pacu berkodekan L15Z1, 1.496 cc SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC +DBW yang dapat memuntahkan tenaga hingga 118 PS @6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm @4.600 rpm. Untuk kecepatannya sendiri diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

Kesimpulan

Dibandrol lebih mahal Rp1,2 juta dari Honda Mobilio S, Daihatsu Xenia 1.3 R MT layak dipilih untuk kalian yang lebih mengincar kenyamanan serta keselamatan berkendara. Mengingat produk pabrikan otomotif jenama Jepang berlogokan ‘D’ tersebut punya fitur unggulan serta keselamatan yang lebih lengkap.

Tentunya berbeda jika kalian lebih ingin berhemat serta mengincar performa berkendara, Honda Mobilio S adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru