window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hyrbid vs Kia Seltos Diesel, Siapa Terbukti Paling Irit?

Enda · 4 Mar, 2022 14:37

Toyota Corolla Cross Hybrid vs Kia Seltos diesel

Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid vs Kia Seltos diesel
  • Kia Seltos dan Toyota Corolla Cross sama-sama masuk segmen SUV kompak 5 penumpang.
  • Kia Seltos juga tawarkan varian diesel.
  • Toyota Corolla Cross Hybrid lebih laris dari yang bensin murni.

Kia Seltos diesel dan Toyota Corolla Cross Hybrid masuk dalam kategori SUV kompak 5-seater dengan menawarkan berbagai macam kenyamanan berkendara. Meski sama-sama memiliki kapasitas daya angkut 5 penumpang sekaligus, secara kelas keduanya berbeda.

Seperti yang diketahui, Corolla Cross Hybrid lebih maju dan modern dibanding Seltos. Hal itu dikarenakan salah satu produk flagship Toyota tersebut sudah dibekali dengan mesin bensin konvensional yang dipadukan dengan motor listrik. Berbeda dengan Kia Seltos, mobil ini hanya mengandalkan mesin diesel konvensional dengan teknologi common rail.

Menyoal harga, menurut situs resminya Toyota Corolla Cross Hybrid kini dibandrol Rp506,1 juta. Sedangkan Kia Seltos diesel yang hanya membawa satu varian saja, yakni CRDi, diniagakan Rp389 juta. Sedikit menarik kesimpulan, antara Corolla Cross Hybrid dan Seltos diesel memiliki selisih harga mencapai Rp117,1 juta.

Bicara mengenai konsumsi BBM, dari keduanya kira-kira siapa yang paling efisien? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: First Drive Kia Seltos CRDi 2021, Satu-satunya SUV Kompak Buat Pecinta Mobil Diesel

Dimensi Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Besar dari Kia Seltos Diesel?

Toyota Corolla Cross Hybrid vs Kia Seltos diesel

Dimensi Toyota Corolla Cross Hybrid sedikit lebih besar

Sebelum mengetahui konsumsi BBM serta berapa besaran performa yang dihasilkan keduanya, ada baiknya ketahui besaran dimensi keduanya. Data yang kami terima, Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm serta wheelbase 2.640 mm.

Untuk Kia Seltos diesel, mobil ini tercatat mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 dan jarak sumbu roda mencapai 2.610 mm.

Bermodalkan Mesin Diesel, Torsi Kia Seltos Lebih Jumawa?

Toyota Corolla Cross Hybrid

Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid dibekali mesin bensin konvensional 2ZR-FXE THS II 4-silinder segaris16 Valve DOHC chain drive with VVT-i dengan kubikasi 1.798 cc. Menurut data, mesinnya mampu melecutkan tenaga 98 PS di angka 5.200 rpm, serta torsi 142 Nm pada 3.600 rpm. Untuk motor listriknya, tenaga yang dihasilkan sebesar 72 PS dengan torsi 162 Nm.

Mengenai output yang dihasilkan perpaduan antara mesin bensin konvensional dengan motor listriknya, Toyota Corolla Cross Hybrid mampu memuntahkan tenaga hingga 122 PS yang kemudian diatur menggunakan transmisi CVT.

Bagaimana dengan Kia Seltos? Secara spesifikasi, varian dieselnya dibenamkan mesin jantung mekanis berkodekan U2 1.5L eVGT CRDi 4-silinder segaris berkapasitas 1.493 cc. Soal tenaga, mesinnya tersebut mampu menghembuskan tenaga 115 PS pada 4.000 rpm serta torsi puncak 250 Nm di rentang angka 1.500-2.750 rpm.

Tidak seperti Corolla Cross Hybrid yang mengandalkan transmisi CVT, untuk tingkat percepatannya Kia Seltos diesel dipadukan transmisi otomatis 6 percepatan yang disalurkan ke penggerak roda depan (FWD).

Baca juga: Harganya Lebih Mahal Rp15 Juta, Apa Beda KIA Seltos Diesel dan Bensin?

Punya Tenaga Besar, Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Irit?

Toyota Corolla Cross Hybrid vs Kia Seltos diesel

Toyota Corolla Cross Hybrid lebih irit dari Kia Seltos diesel

Secara tenaga, Toyota Corolla Cross Hybrid lebih besar 7 PS dibandingkan Kia Seltos diesel. Memiliki tenaga lebih besar, apakah konsumsi BBM SUV hybrid Toyota tersebut bisa lebih irit dari Kia Seltos diesel atau bahkan lebih boros?

Menurut pengetesan yang dilakukan oleh Autofun Indonesia dengan metode full to full, penggunaan dalam kota Toyota Corolla Cross Hybrid mampu mencatatkan angka penggunaan BBM hingga 23,7 km/liter. Sedangkan perjalanan menggunakan tol, angka yang berhasil diperoleh mencapai 18,1 km/liter.

Mengetahui berapa angka konsumsi BBM yang diterima Kia Seltos diesel, pemakaian dalam kota dengan kondisi jalan padat stop and go, mobil ini dapat menempuh jarak 21,7 km/liter. Untuk penggunaan konstan di jalur bebas hambatan, angka yang dicatat sebesar 14,8 km/liter.

Itu artinya berkendara di dalam kota Toyota Corolla Cross Hybrid lebih irit 2 km/liter dan pemakaian luar kotanya hemat 3,3 km/liter.

Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hybrid vs Kia Seltos Diesel
  Toyota Corolla Cross Hybrid Kia Seltos Diesel
Dalam kota 23,7 km/liter 21,7 km/liter
Luar kota 18,1 km/liter 14,8 km/liter

Kesimpulan

Pengetesan konsumsi BBM yang dilakukan Autofun Indonesia terhadap Toyota Corolla Cross Hybrid dan Kia Seltos diesel, secara konklusi SUV hybrid Toyota lebih efisien. Hal ini berkat penggabungan antara mesin bensin konvensional dengan motor listrik yang saling berkesinambungan.

Pada kecepatan rendah dan kondisi macet seperti stop and go, motor listrik di Toyota Corolla Cross Hybrid dapat bekerja secara otomatis. Disaat pedal gas diinjak secara spontan, mesin bensinnya bekerja yang sekaligus bekerja mengisi daya pada penyimpanan baterai motor listriknya. Begitu pun ketika menurunkan kecepatan, baterai juga menerima pasokan listrik dari energi yang dihasilkan.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Bensin Gak Laku di Indonesia, Calon Disuntik Mati

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Corolla Cross ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil