Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux

Yongki Sanjaya · 5 Nov, 2020 13:57

Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux 01

Ford Ranger 2021 ini benar-benar merefleksikan sebuah kendaraan double cabin serba bisa yang tangguh di segala medan.

Ford baru saja meluncurkan generasi terbaru Ranger di Thailand. Pick up double cabin ini memang tidak lagi dijual resmi di Indonesia, namun hingga kini punya penggemar setia. Hadirnya Ford Ranger ini memberi harapan bila mobil tersebut akan hadir di Indonesia pada 2021 mendatang.

Pasalnya, Ford kembali menjajal pasar kendaraan menengah atas di Indonesia melalui jaringan distributor RMA Group Indonesia. Ford melalui RMA tetap menggarap pasar korporasi dari industri perkebunan, pertambangan, kontraktor, hingga pengguna individu penggemar Ford.

RMA Group Indonesia kini lebih berfokus pada segmen fleet atau komersial. Ford Ranger generasi baru yang berjenis double cabin pick-up menjadi jagoan utama RMA, khususnya menyasar daerah pemasaran pertambangan dan perkebunan yang banyak terdapat di luar Jawa.

Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux 02

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ford Ranger 2021 ini benar-benar merefleksikan sebuah kendaraan double cabin serba bisa yang tangguh. Ford memperkenalkan kampanye merek baru 'Live the Ranger Life' pada saat peluncuran.  'Live the Ranger Life' menyoroti dan merayakan banyak cara yang mencerminkan kekuatan dan spesifikasi perkasa dari Ranger yang siap mendukung kebutuhan penggunanya.

Lantas, apa sih kerennya Ford Ranger terbaru yang meluncur di Thailand? Ranger baru menampilkan tampilan baru yang berani dan fitur luar biasa.

Desain Maskulin ala Ford Ranger 2021, Double Cabin Cadas Khas Amerika

Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux 01

Penampilan Ford Ranger kini makin maskulin dan mengedepankan kesan tangguh. Kisi-kisi bentuk trapesium baru pada varian XL, XL Street, XL +, XLT, dan Wildtrak menampilkan kesan performa perkasa.

Velg hitam memukau dan kaca spion samping pada XL + Sport, XL Street, XLT, dan Wildtrak memperlihatkan kesan tangguh kendaraan di segala medan.

Varian XL + Sport, XLT dan Wildtrak memiliki aksen handel pintu warna hitam agar terkesan sporty. Terdapat aksesoris bak belakang dan Power Roller Shutter, khusus pada varian Ranger Wildtrak baru.

Varian Adventure di Ford Ranger XL Street

Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux 02

Kemudian Ford Thailand juga memperkenalkan Ranger XL Street bagi orang-orang yang tak kenal takut untuk mencapai jalur yang sulit.  Kabin terbuka yang berani menawarkan elemen ramping yang menyampaikan kesan performa murni. Pickup ini dipertegas dengan aksen grafis yang dirancang oleh tim desain Ford di Australia yang terinspirasi oleh Ford Thailand Racing (FTR). 

Ranger XL Street dilengkapi dengan mesin diesel 2.2L Ford yang telah terbukti dipadukan dengan transmisi manual enam kecepatan untuk menghasilkan kinerja yang luar biasa dan performa yang kuat.  Ranger XL Street tersedia dalam empat warna: Lightning Blue, Aluminium Metallic, Arctic White dan Absolut Black.

Toyota Hilux 2021 Jadi Penantang Terberat Ford Ranger

Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux 03

Hilux kini tampil memiliki style design yang lebih kokoh, gagah, dan dinamis khas mobil SUV di perkotaan.

Nama Toyota cukup ekspansif dengan menghadirkan beragam model, termasuk pickup double cabin. Bahkan, beberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor telah merilis New Hilux.

Sentuhan penyegaran pada model D-Cab terlihat pada aplikasi grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi sisi depan. Desain baru ini menciptakan penampilan yang gagah dan penuh tenaga.

Desain bertema tiga dimensi begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan yang terlihat attractive. Mobil pickup double cabin ini tidak lagi ber-image mobil pekerja kasar. Hilux kini tampil memiliki style design yang lebih kokoh, gagah, dan dinamis khas mobil SUV di perkotaan.

Untuk Hilux D-Cab tipe V sebagai tipe flagship telah mengadopsi lampu depan LED dengan pola desain futuristis dan dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas. Selain itu, tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam ramah energi dan punya daya tahan tinggi. 

Interior Toyota Hilux Makin Mewah, Rasa Fortuner

Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux 04

Selama ini pickup double cabin identik dengan mobil pekerja. Ini membuat interiornya pun hanya didesain sederhana dengan fitur kurang menarik.

Pada New Hilux kini semakin istimewa bahkan bisa kita sebut sebagai Fortuner versi pick up. Fiturnya untuk tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. 

Kemudian pada Tipe G memanfaatkan model serupa tipe E dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Masih dari area dashboard, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru yang memberi kesan premium dan tangguh. Kedua model memperoleh MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan.

Kesimpulan

Dahulu sebelum hengkang, segmen double-cabin Ford Ranger sempat merajai penjualan nasional. Artinya, ketangguhan Ford Ranger sebagai mobil serba bisa sudah terbukti oleh kalangan fleet hingga perorangan, hingga laris dibeli.

Ford Ranger banyak beroperasi sebagai kendaraan pertambangan, perkebunan sawit hingga para penyuka off-road yang gemar menjelajah di medan atau lintasan berat. Kini, singgasana Ford Ranger direbut oleh Toyota Hilux.

Dengan hadirnya RMA Group Indonesia membawa angin segar kepada para penggemar Ford di Tanah Air. Kita tunggu saja, apakah Ford Ranger 2021 ini bisa kembali merebut statusnya sebagai pickup double cabin terlaris.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Hilux 2.0L Single Cab

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru