window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit?

Dito · 5 Jan, 2023 11:07

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 01

Konsumsi bahan bakar Honda Brio 2023 yang dikenal irit menjadi satu dari beberapa alasan yang menjadi day atarik city car ini. Apalagi sesuai namanya, model city car lebih sering menghadapi kemacetan di perkotaan.

Dalam spesifikasinya, Honda Brio 2023 masih menggunakan mesin yang sama. Berkapasitas 1.200 cc 4-silinder menggunakan teknologi i-VTEC SOHC. Tenaga maksimumnya mencapai 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm di putaran 4.800 rpm.

Dalam pengujian akselerasi yang pernah kami lakukan, mobil ini sanggup berlari 0 - 100 km/jam dalam 12,63 detik. Sedangkan kemampuan berakselerasi di kecepatan menengahnya (60 – 100 km/jam) bisa diraih hanya dalam 6,62 detik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 01

Perfroma dan pengendaliannya mengesankan

Performa dan Kenyamanan Terbaik Dikelasnya

Tidak hanya pengujian akselerasi, kami juga melakukan pengujian konsumsi bahan bakar Honda Brio 2023. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar Honda Brio RS ternyata melebihi ekspektasi, selevel dengan LCGC!

Mobil ini mempunyai performa yang mengesankan untuk sebuah city car. Hasil uji akselerasi dan pengendalian menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Menariknya kemampuannya tersebut tidak mengorbankan kenyamanan berkendara dan konsumsi BBM Honda Brio RS.

Dipadu transmisi CVT yang responsif, suspensi yang empuk, Honda Brio memang pantas sebagai city car yang fun to drive. Meski begitu mobil ini juga mumpuni untuk dibawa keluar kota. Menghadapi jalan berkelok atau menyusul mobil lain di depan bisa dilakukan dengan gesit.

Baca juga: Kredit Honda Brio Bekas Ternyata Menggoda, Segini Cicilan Bulanannya

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 02

Dengan bahan bakar berkualitas, konsumsi BBM bisa lebih baik

Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023 Paling Irit?

Kami pernah melakukan pengujian dengan dua kondisi yang berbeda. Tetapi sebelum melakukan pengetesan, seluruh ban diperiksa agar tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. 

Pada Brio RS ukuran ban yang digunakan ialah 185/55 R15, tekanan angin yang disarankan 29 Psi untuk ban depan dan 28 Psi ban belakang. Sebagai informasi, tangki bahan bakar Honda Brio sebesar 35 liter dan kami mengisi penuh dengan bensin RON 92.

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 03

Interior Hond Brio RS

Selama pengujian ini AC dinyalakan dalam posisi hembusan angin level dua dan temperatur terendah. Karakter berkendara yang kami lakukan senormal mungkin seperti pengemudi dalam kota pada umumnya. 

Kecepatan rata-rata di dalam kota sekitar 20 km/jam dan luar kota antara 60-70 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimal kami batasi pada 110 km/jam. 

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 04

Konsumsi BBM Honda Brio 2023 Dalam Kota

Saat melakukan pengujian dalam kota, dihadapi kondisi lalu lintas yang bervariasi. Mulai dari stop and go, hingga kondisi jalanan lancar saat memasuki Tol Dalam Kota. 

Ketika berkendara sore hari, kami juga mengalami kepadatan lalu lintas seiring para pekerja pulang ke rumah. Untungnya transmisi CVT yang digunakan membuat berkendara lebih santai dan tidak cepat lelah.

Baca juga: Harga Chevrolet Trax 2018 Lebih Murah dari Brio Baru, Segini Cicilannya

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 05

Cocok untuk perkotaan

Setelah menempuh jarak sekitar 90,2 km pada tripmeter, kami mengisi kembali dengan metode full to full. Hasilnya, Honda Brio mengisi sebanyak 7,51 liter. Artinya untuk rute dalam kota, konsumsi bahan bakar Honda Brio 2023 sebanyak 12,01 km/liter. 

Rute Luar Kota Honda Brio 2023 Lebih Irit

Sementara untuk rute luar kota, pengujian yang kami lakukan dari Bintaro, Tangerang Selatan hingga jalan Tol JAPEK Elevated. Kondisi jalan tol layang tergolong lancar hingga bisa tembus kecepatan 100 km/jam.

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 06

Mesin 1.200 cc 4-silinder i-VTEC SOHC

Saat berlari kecepatan tersebut, putaran mesin cukup rendah sekitar 2.200 rpm. Hal ini menjadi pertanda baik untuk konsumsi bahan bakar rute luar kota Honda Brio. Setiba di rest area KM.72 jalan tol Cipularang, angka tripmeter menunjukkan jarak 101,9 km.

Kami pun mengisi bahan bakar sebanyak 4,8 liter, sehingga hasil perhitungan konsumsi bahan bakar Honda Brio 2023 rute luar kota mencapai 20,95 km/liter. Kecepatan rata-rata yang tercatat adalah 67,8 km/jam melalui aplikasi di smartphone. 

Fitur Cukup Lengkap

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 07

Pengaturan audio pada tombol di setir

Dibandingkan mobil modern saat ini, Honda Brio memang belum dilengkapi fitur canggih seperti Honda Sensing. Tetapi cukup banyak fitur kepraktisan yang membantu pengemudi dalam berkendara.

Seperti fitur AC digital yang membantu pengemudi dalam melakukan pengaturan dan tampilan yang lebih mudah dibaca. Pada bagian setir juga sudah ada tombol multifungsi salah satunya mengatur sistem audio.

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 08

Setir Honda Brio

Selebihnya, Honda Brio sudah dilengkapi fitur keselamatan standar seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Tidak ketinggalan Dual Front SRS Airbags, wave key, serta keyless entry.

Dalam spesifikasi Honda Brio, fitur multimedia yang dihadirkan cukup beragam. Untuk varian LCGC alias Brio Satya, sudah dilengkapi sistem audio dengan head unit double din. Pemutar single disc, Aux Input, Radio AM/FM dan USB port yang bisa memutar lagu-lagu favorit dengan format MP3/WMA.

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 09

Fitur di headunit lengkap

Sedangkan pada varian flagship yakni RS sudah dilengkapi sistem audio head unit layar sentuh 6,2 inci yang bisa memutar musik dari berbagai sumber seperti radio AM/Fm, CD/DVD, iPod/iPhone, Bluetooth dan koneksi USB. Head unit ini juga sudah dilengkapi fitur hands free telephone yang memudahkan pengemudi bila ingin mengangkat telepon.

Baca juga : Hitung Biaya Servis Honda Brio 2023, Apakah Cukup Terjangkau atau Mahal Sebagai Image Honda?

Kesimpulan

Mobil ini dapat dibilang sangat irit, usai pengujian bahan bakar, kami mencoba mengendarai mobil ini lebih agresif sepanjang sisa pengujian di tol. Ditambah penggunaan di dalam kota untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar. 

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 10

Ternyata setelah menempuh 413 km, konsumsi bahan bakar yang tercatat di MID adalah 15,8 km/liter. Pada jarak ini pula, indikator bahan bakar mulai menyala sebagai pengingat level bahan bakar hampir habis.

Sedangkan dari kedua pengujian rute dalam dan luar kota, kami mengambil rata-rata keduanya sebagai konsumsi bahan bakar Honda Brio RS kombinasi menjadi 16,48 km/liter. Artinya dengan kondisi tangki bahan bakar Honda Brio RS terisi penuh sebanyak 35 liter, Anda dapat menempuh perjalanan sejauh 576,8 km. Tapi perlu diingat juga, bahwa kami mengujinya dalam kondisi mobil yang diisi hanya satu orang.

Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2023, Apa Benar City Car Paling Irit? 11

Kami yakin, jika mobil ini dikendarai dengan kondisi normal apalagi dengan melakukan eco driving, maka konsumsi bahan bakar yang mendekati 20 km/liter bisa tercapai. Hal ini sebagaimana DNA yang ada di jantung pacunya yang memang dirancang sebagai mesin LCGC, yang juga diusung oleh Honda Brio Satya.

Baca juga : Selisih Harganya Lumayan Jauh, Apa Saja Perbedaan Honda Brio RS dan Brio Satya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil