Sketsa mobil top gear: Raja LCGC kembali, Honda Brio siap diluncurkan dari kertas

Adji · 18 Des 2020 16:11

Salam dari penulis

Halo pembaca Autofun. Salam dari Penulis. Perkenalkan saya adalah sketcher khusus ilustrasi gambar otomotif juga penggemar dunia otomotif.

Seperti biasa kita mengulas sekilas kendaraan yang dijadikan obyek kali ini sambil mencorat coret obyek diatas kertas.

Pengenalan Teknis Obyek Sketsa

Sepintas Teknis Obyek Kendaraan yang akan dibuat dengan Sketsa. Untuk saat ini saya akan membuat sketsa cepat atau dikenal dengan istilah “doodle” yaitu sketsa gambar obyek berupa coretan cepat, sambil sedikit mengulas spesifikasi kendaraan yang kita jadikan obyek kali ini, yaitu Honda Brio Satya generasi 2, kendaraan kategori LCGC termahal yang meduduki peringkat puncak penjualan di Indonesia saat ini.

Sedikit mengulas spesifikasi Honda Brio Satya generasi 2. Secara eksterior walaupun masih memakai wheelbase yang sama tetapi bentuk eksterior berubah tidak sekedar facelift. Ubahan yang sangat kentara yaitu pada buritan yang secara tampila lebih baik dan membantu memperluas ruang bagasi yang pada generasi sebelumnya terasa sangat sempit. Untuk fascia depan bentuknya sudah mengadopsi kakaknya yaitu Honda Mobilio yang bentuknya meniliki Bahasa disain Honda terbaru yang juga telah diterapkan pada seri-seri diatasnya. Dapur pacu Brio masih sama dengan generasi sebelumnya, interior juga tidak berubah banyak tetap memakai kualitas material yang sama dengan generasi sebelumnya yang berkesan simple, biasa saja namun punya durabilitas yang cukup baik, hanya saja kabin bagasi terasa lebih lega disbanding pendahulunya.

Nah sekarang kita lanjutkan langsung untuk membuat sketsanya … Saya akan membuat sebuah Honda Brio yang akan dibuat dengan tampang adventure.
Kita ambil Unit Brio warna standar kuning bawaan pabrikan dan melakukan upgrade yang menggunakan aksesori plug and paly agar tidak ada ubahan body dan dapat dikembalikan ke keadaan semula sewaktu-waktu.

Lengkah 1
Seperti biasa memulai dengan membuat corat-coret siluat mobil dengan tipis dan tekanan pensil mengambang sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita. 

Lengkah 2

Tahapan selanjunya adalah membayangkan ide untuk aksesori tambahan. Disini saya menambahkan mudguar custom pada roda depan, penggantian alloy wheel 8 spoke pada ke empat roda, rear bumper diffuser universal, rear wing spoiler optional keduanya bermotif Kevlar look dan menutup seluruh bagasi dengan cutting stiker carbon Kevlar look glossy. Terakhir menambahkan roofbox agar lebih terlihat bergaya adventure disamping sebagai ruang bagasi tambahan.

Mulai memberi warna

Buat goresan dari tipis sedikit demi sedikit menuju ke warna kuat.

Lengkah 3:

Mulai pendekatan tone warna

Buat gelap terang warna dengan goresan dari tipis ke tebal sesuai kontur badan kendaraan dan arah cahaya yang diinginkan

Lengkah 4:

Memperkuat detail

Beri penekanan warna dengan mempertebal dan bantuan warna yang lebih kuat atau lebih gelap untuk mendapatkan efek dramatis dan lekuk badan yang tegas.
Dalam membuat doodle kita tidak perlu memperhatikan kerapihan dan detil yang terpenting pesan dari bentuk dan maksud si pembuat sketsa gambar tersebut tersampaikan.

Lengkah 5:

Hasil akhir 

Hasil akhir dengan bantuan aplikasi pencahayaan oleh app pada fitur smart phone

Demikian teknik sketsa cepat atau biasa disebut doodle, kali ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.
Bagi pembaca silakan apabila ada saran serta masukan sketsa apa yang akan saya buatkan dalam konten saya yang berikutnya. Terimakasih dan Salam!

 

 

Komentar

Mobil Terbaru