window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar

Yuki · 22 Des, 2020 12:00

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 01

Suzuki All New Ertiga 2021 diesel akhirnya dirilis. Namun, kehadirannya di Indonesia masih dalam proses. Nah, bagaimanakah tampilan dan kapan hadir Suzuki Ertiga 2021 di Indonesia? Yuk, kita lihat!

Suzuki All New Ertiga 2021 memang telah dirilis, namun bukan di Indonesia. Mobil terbaru dari All New Suzuki Ertiga ini dirilis oleh Maruti Suzuki India. Yah, All New Suzuki Ertiga 2021 diesel ini termasuk dalam tipe low MPV di India sana.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Maruti Suzuki India Limited sebagai pabrik basis produksi Ertiga, tengah mempersiapkan mesin berbahan bakar solar yang memenuhi standar emisi baru,BS6 untuk mobil keluarga andalannya ini.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 01

Maruti Suzuki berencana mengganti Ertiga Diesel generasi sebelumnya, D13A yang berkapasitas 1.3L dengan mesin berkapasitas 1.5L DDiS 225 smart hybrid. Bahkan unit Suzuki Ertiga Diesel anyar sudah kedapatan menjalani uji jalan.

All New Suzuki Ertiga 2021 bermesin diesel dengan kapasitas 1.5L ini juga tidak menjadi satu-satunya opsi. Masih berdasar sumber yang sama, potret Suzuki S-Cross dengan emblem 1.6 juga sempat mereka tangkap.Ini memunculkan spekulasi bahwa mesin diesel berkapasitas 1.6L berkode DDiS 320 berkemungkinan dibekali untuk Ertiga Diesel yang akan hadir mendatang.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 02

Nah, nama All New Suzuki Ertiga 2021 diesel memiliki nama lain di India, yakni Suzuki Tour M. Mobil Suzuki Tour M ini dibekali dengan mesin kode DDIS 225 dengan kapasitas 1.5L. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 94 hp dan torsi maksimal 225 Nm.

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil Suzuki Tour M ini mampu menempuh jarak 24.20 km dengan 1 liter solar.

Jika dilihat dari penampilan, tidak banyak perbedaan antara All New Suzuki Ertiga bensin dan Suzuki Tour M yang dibekali dengan mesin diesel. Dalam urusan fitur, baik Suzuki Tour M diesel maupun Suzuki All New Ertiga 2021 bensin ini tidak beda jauh juga, seperti ABS, EBD, brake assist, ABS, EBD, brake assist,

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 03

All New Ertiga diesel alias Suzuki Tour M ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yakni silver, putih, dan hitam. Dikatakan Suzuki Ertiga 2021 diesel terancam buntu, Suzuki stop produksi mesin diesel tahun 2020. Nah, apakah mobil Suzuki Ertiga diesel ini bakal masuk ke Indonesia?

Menghadapi persaingan yang semakin ketat di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah mencoba mendatangkan Ertiga mesin diesel pada 2017. Kedatangan Suzuki Ertiga 2021 diesel ini berguna untuk menambah pilihan bagi konsumen yang ada di tanah air.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 04

Namun keberadaan Suzuki Ertiga diesel dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) itu tidak berumur panjang. Kala itu, Suzuki terpaksa menghentikan impor Ertiga diesel, padahal penjualan mobil Suzuki tersebut bisa dikatakan tidak terlalu buruk.

Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS mengatakan bahwa penjualan Suzuki Ertiga diesel memang sesuai target. Yah, target saat itu sekitar 11 hingga 20 persen dari total penjualan Ertiga saat itu. Nah, secara target memag tidak terlalu berbeda.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 05

Dia juga mengatakan bahwa hanya saja mesin diesel itu sangat sensitif dari mulai perawatan sampai penggunaan bahan bakar. Di kota-kota besar sangat mudah menemukan bahan bakar solar berkualitas, namun hal tersebut tidak sama jika berada di luar kota besar.

Menurut Harold Donnel walaupun ada bahan bakar jenis solar di daerah-daerah terpencil, pasti pemilik kendaraan harus mengantri panjang untuk melakukan pengisian bahan bakar pada mobil. Hal tersebut dikatakan akan memberikan pengalaman yang buruk bagi konsumen Ertiga yang ada di tanah air.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 06

Di samping masalah mesin diesel yang sangat sensitif, Harold juga mengungkapkan fitur start/stop engine yang terbilang baru dan terpasang di Ertiga diesel belum begitu dapat diterima oleh pelanggan. Dengan adanya teknologi auto stop dan auto start, mesin akan hidup atau mati secara otomatis ketika mobil berhenti berjalan selama beberapa detik.

Dari perawatan, bahan bakar dan fitur start/stop engine tiga indikator pertimbangan ini membuat Suzuki Indonesia berpikir lagi jika ingin memasarkan mobil bermesin diesel. Walaupun pasar mobil bermesin diesel secara global masih diterima oleh banyak konsumen. Yah, meskipun Suzuki Ertiga 2021 mesin diesel juga dibekali dengan fitur hybrid.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 07

Di Indonesia, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mempertimbangkan kemungkinan menghadirkan varian MPV berbahan bakar solar ini. Donny Saputra selaku Direktur Marketing 4W SIS menjelaskan bahwa pihak mereka sedang melakukan pertimbangan untuk menghadirkan kembali Suzuki Ertiga diesel di Indonesia.

Donny meyakinkan bahwa jika nantinya mobil All New Suzuki Ertiga 2021 Diesel yang masuk ke Indonesia akan dilakukan peningkatan kualitas pada mobil. Hal ini dilakukan dengan penambahan teknologi yang lebih sempurna.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 08

Suzuki Ertiga bermesin Diesel sebelumnya memang sempat dipasarkan di Indonesia awal tahun 2017 lalu meski akhirnya hilang begitu saja. Bahkan sejak hadirnya generasi kedua Suzuki Ertiga setahun kemudian pun, belum ada tanda-tanda kehadiran kembali All New Suzuki Ertiga diesel.

Suzuki Ertiga generasi kedua yang hadir sejak 2018, mendapat beberapa pembaruan dibanding pendahulunya. Dengan perubahan platform Heartect yang lebih ringan, dimensi yang lebih besar, serta mesin bensin K15B yang lebih bertenaga.

Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar 09

Namun yang berbeda dari model sebelumnya, Suzuki Ertiga 2018 ini belum memiliki varian bermesin diesel. Meski tidak sebanyak varian bensinnya, model ini punya penggemarnya tersendiri. Namun, ada sebuah isu yang datang dari India yang meluncurkan Suzuki Ertiga dengan standar emisi BS6.

Dengan isu mengenai mesin Diesel baru di India menjadi alasan terlahirnya kembali Ertiga dengan bahan bakar Solar di Indonesia. Mobil All New Suzuki Ertiga diesel ini diperkirakan akan bersaing di segmen MPV yang paling laris di tanah air.

Kapankah All New Suzuki Ertiga diesel ini akan dihadirkan di Indonesia? Diperkirakan mobil andalan Suzuki bermesin diesel ini akan dihadirkan di akhir tahun 2020 ini. Untuk harga mobil All New Suzuki Ertiga diesel juga belum diketahui dikarenakan belum hadir di Indonesia.

Nah, itu saja sekilas info tentang All New Suzuki Ertiga diesel yang akan hadir di Indonesia. Mengenai spesifikasi Suzuki Ertiga diesel yang lebih detail, kita tunggu saja sampai mobil ini dihadirkan di tanah air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil