Suzuki Siapkan Mobil Listrik Berukuran Kecil Seharga LCGC, Sangat Mungkin Masuk Indonesia

Prasetyo · 29 Jul, 2021 18:06

Mobil Listrik Suzuki Murah

Suzuki menjadi merk otomotif yang tak mau ketinggalan dalam tren elektrifikasi global. Dan sebagai senjata terbarunya, pabrikan berlogo "S" itu sudah menyiapkan satu kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) tapi dengan harga yang terjangkau.

Dikutip dari Nikkei, perusahaan telah mengumumkan jika melalui mitranya, Maruti Suzuki India Limited (MSIL) mereka akan meluncurkan mobil listrik murah Suzuki ini pertama kali di India. Namun selanjutnya juga akan dipasarkan di bebereapa negara lain.

Mobil Listrik Suzuki Murah -1

Maruti pernah merilis teaser Futuro-e

Namun peluncurannya baru dijadwalkan tahun 2025 mendatang. Setelah India, mobil tersebut akan diluncurkan juga di Jepang, Eropa, serta beberapa negara Asia. Ini sejalan dengan target Suzuki yang ingin semua lini produk mereka harus menggunakan teknologi listrik mulai dari tahun 2025.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harganya Tak Sampai Rp200 Juta

Masih dari laporan yang sama, mobil listrik Suzuki ini kabarnya dipatok dengan harga tidak lebih dari 1,5 juta Yen atau kira-kira setara Rp197 jutaan, itu sudha termasuk insentif mobil ramah lingkungan di Jepang. Namun harga itu bisa saja lebih murah lagi jika pemerintah negara tempat mobil tersebut dipasarkan memberikan insentif yang cukup besar untuk kendaraan berbasis baterai.

Mobil Listrik Suzuki Murah -2

Harganya memanfaatkan insentif pemerintah setempat

Di India misalnya, pemerintah menawarkan insentif kepada konsumen yang hendak membeli mobil listrik. Bahkan kebijakan ini sudah dimulai sejak tahun lalu, dengan terget 30 persen dari mobil baru yang terjual di India pad atahun 2030 adalah mobil berbasis tenaga listrik.

Baca juga : Suzuki Karimun Wagon R Berubah Jadi Mobil Listrik, Rilis Tahun Depan

Menggunakan Basis Platform Suzuki Karimun Wagon R

Kabar mengenai Suzuki mempersiapkan sebuah mobil listrik kecil memang bukan hal baru. Sebab belakangan ini banyak dibicarakan jika Maruti Suzuki sedang melakukan tahap uji jalan untuk Wagon R EV. Sebuah mobil listrik Suzuki yang menggunakan basis Wagon R generasi terbaru.

Mobill Listrik Suzuki Murah -3

Rendering mobil listrik Suzuki

Sayang sekali, informasi mengenai model baru EV Suzuki yang akan diluncurkan dalam empat tahun mendatang itu masih dirahasiakan. Namun banyak yang memprediksi jika model tersebut akan berjenis compact hatchback atau SUV berukuran kecil. Jadi bukan tidak mungkin ini merupakan versi SUV dari Suzuki Wagon R.

Indonesia Butuh Mobil Listrik Murah

Jika memang benar Suzuki menyiapkan mobil listrik seharga kurang dari Rp200 juta, tentu ini menjadi hal yang sangat menarik dan berharap mobil tersebut juga dipasarkan di Indonesia. Apalagi sejumlah model Suzuki yang beredar di India, termasuk Wagon R juga ada di Tanah Air.

Mobil Listrik Suzuki Murah -4

Suzuki Ertiga hybrid juga akan diluncurkan di Indonesia

Dengan harga Suzuki Karimun Wagon R tipe GS AGS sebagai tipe termahal ada di angka Rp152 jutaan, rasanya banderol Rp198 jutaan sangat-sangat potensial untuk menjadikan mobil listrik Suzuki ini jadi primadona di Tanah Air.

Apalagi Suzuki juga sudah menyiapkan model lainnya di segmen yang lebih medium melalui Ertiga hybrid dan XL7 hybrid.

Baca juga : Suzuki dan Daihatsu Sepakat Join Sama Toyota, Isuzu, dan Hino Bikin Mobil Listrik Komersial Berukuran Mini

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru