Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya?

Herdi · 20 Nov, 2022 11:05

Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya? 01

  • Toyota bZ4X dilakukan uji tabrak oleh Euro NCAP
  • Toyota bZ4X dapat rating bintang 5.

Toyota bZ4X baru saja diluncurkan di Indonesia. Namun begitu, mobil listrik ini sudah terlebih dahulu mendarat di beberapa negara, termasuk kawasan Eropa. Bahkan, bZ4X sudah dilakukan uji tabrak oleh pihak Euro NCAP. Lantas bagaimana dengan hasilnya?

Melansir data Euro NCAP, bZ4X tahun produksi 2022 telah dilakukan pengujian pada November 2022 dan dinyatakan mendapat rating bintang lima. Artinya mobil ini cukup aman. 

Baca juga: 5 Hal Penting dari Toyota bZ4X, Tampilan Biasa Aja Harganya Mahal Apa Pantas Dibeli?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya? 01

Uji tabrak depan dengan kecepatan 50 km/jam

Dari pengujian tersebut, setidaknya ada empat fokus utama yang jadi acuan yaitu, Adult Occupant (perlindungan penumpang dewasa), Child Occupant (perlindungan penumpang anak), Safety Assist (perlindungan pejalan kaki), dan Vulnerable Road Users (bantuan keselamatan). 

Uji Tabrak Toyota bZ4X
Perlindungan penumpang dewasa 88 Persen
Perlindungan penumpang anak 87 Persen
Perlindungan pejalan kaki 79 Persen
Bantuan keselamatan 91 Persen

Ya, untuk mendapatkan poin maksimal, pengujian Euro NCAP dilakukan dalam beberapa tahap, mulai ditabrak dari arah depan dan juga samping. Selain itu, ada sebuah boneka yang dipasang sensor sebagai objek untuk simulasi kondisi pengemudi dan penumpang. 

Baca juga: Ini Kata TAM Kenapa Harga Toyota bZ4X di Indonesia Lebih Mahal dari Jepang dan Thailand

Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya? 02

Sistem airbags berfungsi optimal

Uji tabrak yang dilakukan dengan kecepatan 50 km per jam ini tidak hanya untuk melihat kondisi bentuk body pasca kecelakaan, tapi mengetahui seberapa aman pengemudi serta penumpang yang ada di baris pertama maupun kedua. 

Tidak hanya itu, pengujian juga dilakukan untuk mengetahui seberapa aman Toyota bZ4X bagi pejalan kaki. Alhasil bemper dan kap depan mobil listrik tersebut dilakukan beberapa pukulan menggunakan mesin dengan kecepatan objek sampai terbentur adalah 40 km per jam. 

Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya? 03

Uji pedestrian

Pengujian juga dilakukan menggunakan boneka yang disimulasikan sedang berjalan, menyeberang dan naik sepeda. Tidak sampai disitu, pengujian juga dilakukan untuk melihat seberapa aman bZ4X jika ada sebuah mobil di depan yang melakukan pengereman mendadak. Atau saat kita ingin belok, objek di depan ternyata tidak memberi jalan.

Tentunya hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik respon Toyota bZ4X ketika melakukan pengereman. 

Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya? 04

Simulasi hadapi pesepeda di jalan raya

Baca juga: Sewa Toyota bZ4X Rp20 Jutaan, Lebih Murah daripada Beli?          

Fitur Toyota bZ4X

Seperti diketahui, bZ4X yang dibanderol Rp1,19 miliar on the road Jakarta, dilengkapi berbagai fitur canggih, khususnya dalam hal keamanan dan keselamatan.

Nah, fitur-fitur tersebut diantaranya, Airbag pengemudi dan penumpang (depan dan samping), Child Safety Locks, Anti Lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control System (VSCS), Sabuk pengaman, pengingat pemakaian sabuk pengaman, kamera belakang, sensor parkir, Crash Sensor, pelindung benturan depan dan samping, hingga Pengingat pintu terbuka.

Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya? 05

Versi Thailand AWD

Selain itu ada juga Blind Spot Monitoring, Rear Camera Detection, Rear Cross Traffic Alert, Parking Support Brake, dan Safety Exit Assist.

Tak kalah penting, ada juga unsur keselamatan yang ditunjang dengan keberadaan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, yang diaplikasikan melalui fitur Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, dan Auto High Beam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota bZ4X 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru