Yuk, Bandingkan Pengalaman Berkendara Peugeot 3008 Allure Plus 2020 Dengan BMW X1!

Anissa · 16 Sep 2020 08:00

Peugeot 3008 merupakan salah satu model mobil pabrikan Peugeot yang belum lama ini hadir di Tanah Air. Pada saat perilisannya, mobil ini mendapatkan respons yang beragam dari para pecinta mobil di Indonesia. 
Banyak yang memuji mobil ini berkat kepraktisan serta fungsi yang disematkan pada mobil ini. Soal kenyamanan juga menjadi kelebihan tersendiri dari mobil ini. 

Peugeot 3008 menawarkan kualitas, kepraktisan, dan fitur yang mumpuni, tetapi dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan model lain pesaingnya. Di Indonesia sendiri, mobil ini hadir dengan dua trim berbeda, yakni Peugeot 3008 GT Line dan Peugeot 3008 Allure Plus. 

Kedua varian mobil tersebut sama-sama memberikan pengalaman berkendara yang cukup baik. Tetapi kali ini, kita akan membandingkan pengalaman berkendara trim Peugeot 3008 Allure Plus dengan pesaingnya, BMW X1. 

Kedua mobil Peugeot 3008 GT Line dan Peugeot 3008 Allure Plus ini cocok untuk dibandingkan karena berada dalam satu segmen yang sama sebagai SUV Premium, serta memiliki ukuran dimensi yang tidak jauh berbeda. Selain itu, kapasitas mesin dari kedua mobil ini juga hampir sama.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Peugeot 3008 dan BMW X1

Sebelum kita bicara soal pengalaman berkendara yang dimiliki oleh kedua mobil yang akan kita bandingkan ini, ada baiknya jika kita cari tahu dulu soal mesin dan suspensinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tabel perbandingannya berikut ini.

Keterangan Mesin Peugeot 3008 Allure Plus Mesin BMW X1
Mesin 4 Silinder segaris Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) dengan Direct Petrol Injection, DOHC 16 Valve, VVT (Variable Valve Timing) 3 Silinder dengan BMW Twin Power Turbo
Jumlah Silinder 4 Silinder 3 Silinder
Kapasitas Mesin 1,6 Liter (1.598 cc) 1,5 Liter (1.499 cc)
Transmisi Otomatis 6 Percepatan Automatic 7 Speed DCT
Power Output 164 HP / 6.000 rpm 137 HP / 4.600-6.500 rpm
Torsi 240 Nm / 1.400 rpm 220 Nm / 1.480-4.200 rpm
Suspensi Depan Independent with MacPherson axle, coil springs and integrated and pressurized hydraulic shock absorbers Spring Strut
Suspensi Belakang Semi-independent wheels with twist beam axle and pressurized shock absorbers Multi-arm

Jika kita lihat dari tenaga dan torsinya, tentu saja tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh Peugeot 3008 Allure Plus jauh lebih besar dibandingkan dengan tenaga dan torsi yang diberikan oleh pesaingnya, mobil Sport BMW X1. Tidak heran, karena kubikasi mesin Peugeot 3008 Allure Plus memang sedikit lebih besar. Hal ini tentu membuat Peugeot 3008 Allure Plus dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga.

Mobil Sport BMW X1 hanya tersedia dalam 1 varian saja, yakni mobil BMW X1 sDrive18i xLine. Harga BMW X1 berkisar sebesar Rp 739 jutaan. Ini merupakan mobil BMW terbaru dan terkini di tahun 2020.

Kemudian, baik suspensi depan maupun belakang dari Peugeot 3008 Allure Plus juga sudah dilengkapi dengan coil spring, twist beam axle, serta shock absorbers. Penggunaan suspensi ini tentu dapat meminimalisir guncangan yang terjadi saat berkendara, terutama ketika kita sedang berkendara di jalan bergelombang.

Selain mesin, ada banyak hal yang berpengaruh pada pengalaman berkendara, dan salah satu yang paling penting adalah kenyamanan yang diberikan oleh sebuah mobil. Baik Peugeot 3008 Allure Plus maupun BMW X1 sama-sama menggunakan bahasa desain yang driver-oriented sehingga memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan ketika mengemudi berkat penempatan tombol multifungsi pada bagian setirnya.

Setir pada kedua model mobil ini juga sudah menggunakan pengaturan Tilt & Telescopic, di mana pengemudi bisa dengan mudah mengatur posisi setir agar sesuai dengan postur tubuhnya, sehingga berkendara menjadi lebih nyaman. Untuk seluruh penumpang juga sudah tersedia adjustable headrest, sehingga bisa dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Peugeot 3008 Allure Plus maupun BMW X1 telah dilengkapi bukan hanya dengan fitur keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta hiburan yang mumpuni, tetapi juga memiliki beberapa mode berkendara yang berbeda. 

Pada Peugeot 3008 Allure Plus telah disematkan teknologi Advanced Grip Control dengan 5 mode berkendara, yakni Normal mode, ESP off mode, Snow mode, Mud mode, serta Sand mode. Untuk snow mode mungkin tidak akan terpakai di Indonesia. Tetapi Mud mode dan sand mode akan berguna ketika kita melewati medan off road yang berlumpur dan berpasir.

Kemudian pada BMW X1, hanya ada tiga mode berkendara, yakni Comfort, Sport, dan ECO PRO. Mode comfort bisa digunakan ketika kita ingin berkendara dengan santai dan lebih nyaman. Mode sport bisa digunakan ketika kita menginginkan pengendaraan yang lebih bertenaga dan dinamis, sedangkan mode ECO PRO bisa digunakan agar lebih hemat BBM dan ramah lingkungan.

Kesimpulan

Soal mesin dan suspensi harus kita akui bahwa Peugeot 3008 Allure Plus memang lebih unggul dibandingkan dengan BMW X1. Mesin mobil tersebut bisa memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar, serta penggunaan suspensi yang dilengkapi dengan shock absorber pasti dapat membuat pengendaraan lebih nyaman.

Kemudian soal fitur, kedua mobil ini memang bersaing tipis, karena keduanya dibekali dengan fitur melimpah. Untuk mode berkendaranya, meskipun Peugeot 3008 Allure Plus memiliki mode berkendara yang lebih banyak, tetapi tidak semua mode berkendaranya cocok digunakan di Indonesia. Sementara semua mode berkendara mobil sport BMW X1 bisa dibilang lebih efektif dalam memberikan performa tertentu yang dibutuhkan pengemudi di Indonesia. 

Berdasarkan pengalaman berkendara yang diberikan, Peugeot 3008 Allure Plus dan BMW X1 memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sayangnya lagi-lagi harga harus bicara. Peugeot 3008 Allure Plus yang dibanderol mulai dari kisaran harga Rp670 jutaan ini tentu akan lebih populer di kalangan pembeli yang mencari mobil terjangkau dengan fitur melimpah, dibandingkan dengan harga BMW X1 yang dibanderol dengan kisaran Rp739 jutaan.

Komentar