window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ajaib, Alat Ini Bisa Kembalikan Honda BeAT Yang Dicuri Dengan Mudah!

Ilham · 18 Jan, 2022 13:00

Ajaib, Alat Ini Bisa Kembalikan Honda BeAT Yang Dicuri Dengan Mudah! 01

Maling pura-pura menelpon di atas motor
  • Honda Beat ditinggalkan dalam kondisi utuh
  • Mesin motor dimatikan dengan SMS jarak jauh

Kejadian curanmor alias pencurian kendaraan bermotor di Indonesia memang cukup mengkhawatirkan. Tapi ada juga kejadian yang cukup langka, seperti pencurian skuter matic Honda Beat ini.

Pasalnya, motor milik wanita bernama Gaby Bintang Sulaemansyah selamat karena ditinggal begitu saja oleh si maling. Hal ini tentu bukan karena kebetulan. Namun ada peranti khusus yang digunakan Gaby pada motornya.

Peranti tersebut adalah GPS Tracker. Lewat komponen bermerek Superspring itu, Gaby dapat melacak posisi motor bahkan mematikan mesin motornya dari jarak jauh. Sehingga aksi curanmor Honda Beat kesayangannya bisa digagalkan.

Baca Juga: Iritnya Tak Ada Lawan, Konsumsi Bahan Bakar Skutik Ini Bisa Bikin Malu Honda BeAT!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kronologi Kejadian

Dalam akun media sosialnya, Gaby bercerita mengenai kronologi curanmor motor Honda Beat miliknya. Disebutkan jika pencurian terjadi di Ruko Mendrisio Paramount, Tangerang pada pagi hari di awal tahun ini.

Pencuri tersebut hanya butuh waktu kurang dari satu menit untuk menyalakan motornya. Dan langsung sukses menggasaknya.

Ajaib, Alat Ini Bisa Kembalikan Honda BeAT Yang Dicuri Dengan Mudah! 01

Butuh waktu kurang dari semenit untuk membongkar kunci Honda Beat

Namun dengan peranti GPS Tracker, motor tersebut dapat dilacak dan dimatikan mesinnya dari jarak jauh. Posisi Honda Beat ditemukan di kawasan Jasinga, Bogor dalam bentuk plat nomor sudah diganti. Meski demikian, dirinya bersyukur motornya bisa ditemukan dalam kondisi utuh. Walau ada beberapa bagian bodi yang terlihat dipreteli.

GPS Tracker Kerap Menggagalkan Aksi Curanmor

Kejadian seperti yang Gaby alami juga sempat dirasakan Septian, pemilik Yamaha Nmax beberapa waktu lalu. Saat itu, motor kesayangannya digasak maling. Namun berkat bantuan peranti GPS tracker yang dipasang pada Yamaha Nmax miliknya, motor tersebut dapat terlacak dan diketahui posisinya.

Selain itu, dirinya juga bisa mematikan mesin motor dari jarak jauh. Sehingga motornya dapat ditemukan kembali. "Posisinya ditinggal di Mushola di daerah Bogor," paparnya.

Baca Juga: Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022

Fungsi GPS Tracker

Secara singkat, Ade Habibie, Chief of Media and Brand Activation PT Super Spring, penyedia GPS Tracking System mengatakan jika GPS Tracker memiliki kemampuan dasar berupa pelacak posisi dan mematikan mesin dari jarak jauh.

"Untuk Superspring GPS Tracker memiliki beberapa fungsi detail. Seperti melacak posisi kendaraan via online 24 Jam nonstop di mana saja dan kapan saja," katanya.

Ajaib, Alat Ini Bisa Kembalikan Honda BeAT Yang Dicuri Dengan Mudah! 02

Motor ditemukan utuh, tapi bagian dek sudah dibongkar dan plat diganti

Selain itu, peranti tersebut bisa mematikan mesin kendaraan via SMS seperti yang dilakukan Gaby. Lalu memberi notifikasi via e-mail jika kendaraan memasuki atau keluar dari area yang sudah ditentukan. Fungsi ini cocok buat pengusaha rental motor.

Kemudian ada juga notifikasi SMS jika Super Spring GPS dicabut dari kendaraan, lalu informasi SMS jika terjadi pencabutan aki. Bahkan mampu mengetahui jejak perjalanan kendaraan hingga 90 hari ke belakang.

Pengguna juga bisa mendapatkan laporan perjalanan dalam bentuk video animasi. Serta mendapatkan laporan parkir berupa waktu dan tempatnya.

Pentingnya Memasang GPS Tracker

Motor-motor seperti Honda Beat atau Yamaha Nmax lama memang digemari berbagai kalangan. Tak terkecuali maling. Karena selain laris, juga mudah digasak karena belum dilengkapi sistem keyless.

Ajaib, Alat Ini Bisa Kembalikan Honda BeAT Yang Dicuri Dengan Mudah! 03

GPS Tracker

Nah, agar lebih aman bisa menggunakan komponen tambahan seperti GPS tracker. Karena peranti itu memiliki keuntungan berupa meminimalisir pencurian kendaraan. Lalu bisa menghindari penyimpangan rute (untuk armada rental).

Harga Dan Pembelian GPS Tracker

Untuk harganya, Ade Habibie menyebut jika GPS tracker yang digunakan oleh Gaby bertipe C20 dengan penggunaan khusus motor yang sudah tahan dengan bermacam cuaca. Pemasangannya bisa dilakukan dengan menyambangi kantor cabang GPS Superspring yang sudah mencapai 40 titik di seluruh Indonesia.

"Keunggulannya buatan eropa, dan sekarang Superspring ada garansi seumur hidup jika tidak putus perpanjang paket berlangganannya. Untuk harganya Rp 1,199 juta," paparnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });