window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Klakson Honda BeAT gak Bunyi, Periksa Komponen Ini

Ary · 8 Sep, 2021 15:00

Klakson menjadi perlengkapan wajib pada setiap kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Hal tersebut sejatinya pun sudah dituangkan pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bukan sekadar ada. Untuk memenuhi persyaratan laik jalan, klakson juga harus berfungsi sebagaimana mestinya. 

Lantas, bagaimana jika klakson misalnya pada Honda BeAT tidak berfungsi? Jika hal ini terjadi, pemotor akan dikenakan sanksi pidana berupa kurungan maksimal satu bulan atau denda Rp250.000. Tentu bukan situasi ini yang Anda inginkan bukan?

Baca juga : Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

Penyebab Klakson Motor Mati

Klakson motor tidak berbunyi atau mati disebabkan oleh beberapa hal. 

Baca juga: Bukan Sekadar Fungsi, Penggunaan Klakson juga Ada Etikanya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Oleh karena itu, segeralah lakukan pemeriksaan ketika mendapati klakson Honda BeAT Anda gak berbunyi. Menukil dari beberapa sumber, tidak berfungsinya klakson terjadi karena beberapa hal. Untuk lebih jelas, simak pemaparan berikut: 

1. Aki motor sudah lemah

Aki menjadi sumber listrik utama pada sepeda motor, termasuk Honda BeAT. Saat kondisi aki motor normal, beberapa perangkat yang membutuhkan kelistrikan semisal klakson dapat berbunyi nyaring. Namun saat aki motor sudah lemah atau soak, suara klakson bisa jadi kecil bahkan tidak bersuara sama sekali. 

Untuk mengetahui kondisi aki motor lemah, ciri-ciri seperti electric starter macet, lampu utama redup hingga kedipan lampu sein yang mengikuti putaran mesin, bisa mengkonfirmasi status aki sudah tidak sehat. 

Ciri Aki Motor Lemah

Ciri aki motor yang lemah juga bisa dilihat dari pendaran sistem penerangan.

Baca juga: Pentingnya Aki untuk Honda Beat, Begini Cara Merawatnya

2. Baut platina klakson bergeser

Penyebab lain klakson Honda BeAT mati juga dapat terjadi apabila baut platina klakson bergeser. Kalau sudah begini, arus listrik antarmetal pada klakson menjadi terganggu dan lama kelamaan suara klakson mengecil dan hilang. 

3. Kerusakan pada metal kontraktor

Saat klakson tidak berbunyi, penyebabnya juga bisa datang lantaran adanya kerusakan pada metal kontraktor. Sebelum rusak, bagian ini akan kemasukan kotoran. Nah, kotoran inilah yang kemudian membentuk karat. Dengan adanya karat itulah arus listrik DC menjadi terhalangi. 

4. Saklar klakson kotor 

Kotoran juga bisa ditemui pada saklar motor. Sama seperti metal kontraktor, karat itu muncul akibat adanya kotoran yang menumpuk. Hal ini bisa terjadi karena usia pakai dan terlalu seringnya bagian ini terkena air dan kotoran. 

Tips Klakson Motor

Agar klakson tetap berfungsi, rajin-rajinlah memeriksa kondisinya.

Baca juga: Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

5. Kawat dan kabel klakson tidak layak

Seiring pemakaian, komponen pendukung klakson juga akan rusak. Klakson mati ini juga bisa disebabkan ketika kawat lilitan pada klakson sudah tidak layak pakai (putus). Begitu juga dengan kabel klakson. Ketika melakukan servis di bengkel resmi, baiknya minta mekanik untuk memeriksakan pula posisi kabel di dalam klakson. Jangan-jangan, klakson Honda BeAT Anda tidak bunyi karena ada kabel yang putus atau terkelupas.  

Jadi, penyebabnya bukan sebatas aki saja. Beberapa hal seperti diterangkan di atas juga bisa menjadi indikasi ketika mendapati klakson Honda BeAT Anda tidak berbunyi. Kalau tak mau repot, sila ungkapkan ke mekanik di bengkel ya! 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });