window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online

Harry · 5 Jul, 2023 10:00

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 01

Honda BeAT generasi terakhir.
  • Konsumsi bensin irit.
  • Dimensinya yang ringkas memudahkan.
  • Harganya kini Rp 18 jutaan.

Motor matic entry level seperti Honda BeAT 2023, banyak dipakai masyarakat untuk beragam aktivitas, termasuk armada ojek online.

Tak mengherankan memang, karena selain harganya yang relatif terjangkau, motor ini juga sudah punya nama besar.

Honda BeAT sendiri merupakan motor matic legendaris di Indonesia, dengan penjualan yang sangat banyak tiap tahunnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Model yang dijual saat ini sudah rilis sejak akhir 2020 silam, dengan banyak perubahan.

Mulai dari desain, fitur hingga rangka dan mesin pakai generasi baru yang baru pertama kali diterapkan untuk model ini.

Tentunya kalian penasaran juga, kenapa Honda BeAT 2023 jadi salah satu motor yang ojoable alias motor yang cocok untuk ojek online bukan? Berikut alasannya.

1. Ojek Online Suka Motor yang Irit

Dengan tarif perjalanan yang masih harus dipotong biaya administrasi oleh aplikator, tentunya hal ini cukup memberatkan pengemudi.

Apalagi persaingan antar pengemudi sendiri semakin sengit, karena banyaknya pengemudi namun jumlah penumpang cenderung stagnan.

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 01

Mesinnya dikenal irit.

Jadi untuk berhemat agar uang yang dibawa pulang lebih banyak, tentu para pengemudi mengincar motor yang irit.

Honda BeAT 2023 masuk kategori tersebut, dengan mesin eSP generasi terbaru, motor ini punya konsumsi bensin yang mengagumkan.

Baca juga : Mesin Honda BeAT 2022 Dianggap Lemot? Begini Catatan Akselerasinya

Klaim pabrikan, motor ini bisa melaju hingga 60,6 km/liter dengan metode Euro 3 dan fitur Idling Stop System (ISS) aktif.

Tapi dengan pengukuran full to full dan dipakai berkendara harian, konsumsi bensinnya tercatat 52,9 km/liter.

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 02

Mesin eSP generasi baru.

Keluaran tenaga maksimal dari mesin ini mencapai 9 PS pada 7.500 rpm, dengan torsi maksimal 9,3 Nm di 5.500 rpm. 

Topspeed  yang dicapai pada spidometer mencapai 105 km/jam, lalu pada Racebox yang berbasis satelit, kecepatan tertinggi diangka 95,6 km/jam.

2. Dimensi Honda BeAT 2023 Ringkas

Terkadang penumpang wanita kerap mengeluhkan jika motor armada ojek online terlalu besar atau tinggi.

Hal ini kerap menyulitkan saat hendak naik dan turun dari motor. Nah, Honda BeAT 2023 terhitung ramah akan hal itu.

Dengan dimensi 1.877 x 669 x 1.074 mm (PxLxT) dan tinggi jok 740 mm, naik turun dari motor ini terasa mudah untuk semua kalangan.

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 03

Dimensi dan bobotnya memudahkan.

Pun dengan bobot motor yang cuma 89-90 kg saja, berkat penggunaan rangka eSAF yang ringan.

Jadi selain penumpang dimudahkan saat naik-turun dari motor, pengemudi ojek online pun tak kesulitan menghandle motor karena bobot yang ringan.

Baca juga : Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara!

3. Harga Terjangkau Pengemudi Ojek Online

Sebagai motor matic entry level, tentunya harga jadi pertimbangan yang vital saat memilihnya.

Kini banderol Honda BeAT 2023 mulai dari Rp 18 jutaan untuk tipe CBS (Combi Brake System).

Varian basic ini sendiri sudah mumpuni untuk dipakai sebagai armada ojek online.

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 04

Lampu depan sudah LED.

Lalu ada Honda BeAT Deluxe yang berbanderol Rp 18,850 juta. Kalau mau berbeda bisa lirik Honda BeAT Street (Spesifikasi | Berita) yang dilepas Rp 18,650 juta.

4. Fitur Ojolabel di Honda BeAT 2023

Selain mesin yang irit bahan bakar, dimensi ringkas serta harga terjangkau, maka berikutnya adalah kelengkapan motor yang mendukung.

Pada Honda BeAT 2023, motor ini memiliki lampu depan LED, panel meter analog dan digital yang memudahkan memantau status motor.

Kemudian terdapat bagasi yang cukup besar untuk menyimpan jas hujan, serta kebutuhan pengemudi ojek online lainnya.

Baca juga : Honda BeAT 2022 Dikenal Irit, Kalau Sering Digas Mentok Apa Masih Irit?

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 05

Bagasinya lumayan besar.

Tak ketinggalan gantungan barang di depan, serta dua buah gantungan helm untuk membawa helm penumpang.

Jika membeli tipe Deluxe, maka akan mendapatkan tambahan fitur ISS dan juga power outlet, yang bisa dipakai ngecas handphone saat lagi open bid.

Kesimpulan

Meski banyak yang mengeluhkan jok yang terasa keras dan mesin terasa lemot, namun nyatanya hal itu tak jadi alasan untuk tak memilih Honda BeAT sebagai motor ojek online.

Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online 06

Dimensinya ringkas.

Kelemahannya tadi tertutupi dengan banyaknya daya tarik dari motor ini, sehingga masih jadi yang terlaris.

Kemudian jaringan bengkel resmi yang tersebar luas, juga banyak bengkel umum yang bisa memegangnya, jadi alasan lain kenapa motor ini jadi andalan pengemudi ojek online.

Spesifikasi Honda Beat 2023
Dimensi
P x L x T 1.877 x 669 x 1.074 mm
Sumbu Roda 1.256 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Isi 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS)
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });