Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz

Suzuki Baleno Hatchback merupakan salah satu mobil yang punya kepraktisan yang cukup baik. Mobil ini sendiri dibanderol dengan harga termurah Rp 230 juta, menjadikannya sangat menarik karena cukup ekonomis.

Kepraktisan mobil ini sebagai hatchback sejati tentu bisa kita fokuskan pandangan pada bagian bagasinya. Sebab tak sedikit konsumen yang justru memilih hatchback karena kepraktisan mengangkut barangnya.

Namun agar lebih berimbang dalam mengetahui kemampuan kepraktisan bagasi Baleno Hatchback, maka ada baiknya kita komparasi. Tentu dengan mobil sekelasnya. Dalam hal ini kita akan bandingkan dengan Honda Jazz.

Compact hatchback kebanggaan Honda itu sendiri memang terkenal akan kepraktisan dan fleksibilitas di bagasinya. Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dan keunggulan bagasi Baleno Hatchback menyaingi rivalnya itu, atau bahkan jangan-jangan bisa menyaingi? Langsung saja kita bandingkan.

Perbandingan Bagasi Baleno Hatchback dan Jazz

Sebelum melongok ke bagasinya, kita lihat bagaimana cara mengaksesnya. Kedua hatchback ini sebenarnya bisa dibilang berimbang mengenai teknologi keyless dalam membantu membuka bagasi. Hanya saja Baleno Hatchback sedikit lebih unggul.

Sebab Anda bisa mengatur, apakah saat membuka bagasi keempat pintu lainnya tetap mengunci atau tidak. Sementara Honda Jazz tak bisa mengakomodir pengaturan seperti itu.

Saat membuka, langsung terlihat perbedaan yang cukup menyolok. Harus dikatakan, lebar mulut bagasi Baleno Hatchback tidak bisa menandingi Jazz. Hal ini salah satu kunciannya adalah jarak bibir bawah bagasi Jazz cukup rendah dari permukaan tanah.

Lain halnya pada Baleno Hatchback yang cukup tinggi. Hal ini mempengaruhi saat Anda harus naik-turunkan barang bawaan dengan bobot berat. Tentu bibir atau lantai bagasi yang lebih rendah akan lebih mudah.

Karakter bagasi Baleno Hatchback sendiri adalah menjorok ke bawah. Sayangnya, sepasang lekukan fender belakang terlalu menonjol, sehingga kelegaan ruang bagasi pun jadi termakan olehnya.

Lain halnya dengan Jazz. Mobil ini punya lantai yang cukup rata dengan pinggir bagasi. Ada satu hal yang harus diapresiasi dari bagasi Baleno Hatchback, tersedai penutup bagasi yang bisa dilepas jika Anda mengangkut barang dengan dimensi memanjang ke atas. Kelengkapan tersebut tak ditemukan di bagasi Jazz.

Bicara tinggi bagasi dalam urusan mengangkut barang berdimensi tinggi, Baleno Hatchback akan kesulitan. Namun terjawab sangat baik oleh bagasi Jazz yang punya kelegaan atap sangat baik. Bahkan bisa dibilang yang terbaik di kelasnya.

Oh ya, untuk standar penerangan bagasi, keduanya sama-sama hanya punya satu lampu. Namun ada kelengkapan tambahan yang sebenarnya cukup sepele di bagasi Baleno Hatchback, yakni gantungan barang. Benda tersebut tak dimiliki Jazz.

Kapasitas bagasi Honda Jazz mencapai 363 liter, sedangkan ukuran Baleno Hatchback di bawahnya. Suzuki hanya membekali hatchbacknya itu dengan bagasi berkapasitas 339 liter.  

Perbandingan Pelipatan Bangku Baleno Hatchback dan Jazz

Nah, ini adalah yang cukup krusial. Dalam keperluan membawa barang berlebih, tentu kita harus melakukan pelipatan bangku baris belakang. Kedua mobil ini sama-sama menganut konfigurasi pelipatan bangku belakang 60:40.

Sampai di situ, secara fleksibilitas keduanya berimbang. Penumpang tetap bisa duduk jika kita hanya melipat satu sisi jok belakang, baik itu yang bagian lebih panjang atau pendek. 

Namun jika keduanya terlipat untuk menambah daya angkut bagasi, maka terlihat jelas bedanya. Honda boleh bangga dengan sistem pelipatan ultra seat pada Jazz, menjadikan pelipatan bangku jadi rata lantai. Saat terlipat, seolah bagasi punya ruang sangat lega dengan lantai full rata.

Lain halnya dengan Baleno Hatchback yang masih menyisakan perbedaan ketinggian saat bangku terlipat. Pelipatan jok belakang Baleno Hatchback juga tergolong tidak serapi Jazz.
 

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik