window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz

Alex · 21 Jun, 2020 12:00

Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz 01

Suzuki Baleno Hatchback merupakan salah satu mobil yang punya kepraktisan yang cukup baik. Mobil ini sendiri dibanderol dengan harga termurah Rp 230 juta, menjadikannya sangat menarik karena cukup ekonomis.

Kepraktisan mobil Suzuki Baleno terbaru sebagai hatchback sejati tentu bisa kita fokuskan pandangan pada bagian bagasinya. Sebab tak sedikit konsumen yang justru memilih hatchback karena kepraktisan mengangkut barangnya.

Namun agar lebih berimbang dalam mengetahui kemampuan kepraktisan bagasi New Suzuki Baleno Hatchback, maka ada baiknya kita komparasi. Tentu dengan mobil sekelasnya. Dalam hal ini kita akan bandingkan dengan New Honda Jazz 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di Indonesia, New Suzuki Baleno tersedia dalam dua varian, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Harga Suzuki Baleno berkisar dari Rp 230 juta hingga Rp 243 jutaan. Ini merupakan harga Baleno di tahun 2020. Sedangkan harga mobil Honda Jazz berkisar dari Rp 253 juta hingga Rp 295 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Jazz 2020 dan tidak beda jauh dengan All New Jazz 2019.

Saudara New Baleno dari pabrikan yang sama, yakni Suzuki Ignis. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020. Konsumen juga bisa melihat harga promo Suzuki Ignis dan mobil Suzuki Indonesia lainnya di situs otomotif.

Compact hatchback kebanggaan Honda itu sendiri memang terkenal akan kepraktisan dan fleksibilitas di bagasinya. Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dan keunggulan bagasi Suzuki Baleno Hatchback menyaingi rivalnya itu, atau bahkan jangan-jangan bisa menyaingi? Langsung saja kita bandingkan.

Perbandingan Bagasi Baleno Hatchback dan Jazz

Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz 01

Sebelum melongok ke bagasinya, kita lihat bagaimana cara mengaksesnya. Kedua hatchback ini sebenarnya bisa dibilang berimbang mengenai teknologi keyless dalam membantu membuka bagasi. Hanya saja New Suzuki Baleno Hatchback sedikit lebih unggul.

Sebab Anda bisa mengatur, apakah saat membuka bagasi keempat pintu lainnya tetap mengunci atau tidak. Sementara All New Jazz 2020 tak bisa mengakomodir pengaturan seperti itu.

Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz 02

Saat membuka, langsung terlihat perbedaan yang cukup menyolok. Harus dikatakan, lebar mulut bagasi Baleno Suzuki 2020 Hatchback tidak bisa menandingi Jazz. Hal ini salah satu kunciannya adalah jarak bibir bawah bagasi All New Jazz 2020 cukup rendah dari permukaan tanah.

Lain halnya pada New Suzuki Baleno Hatchback yang cukup tinggi. Hal ini mempengaruhi saat Anda harus naik-turunkan barang bawaan dengan bobot berat. Tentu bibir atau lantai bagasi yang lebih rendah akan lebih mudah.

Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz 03

Karakter bagasi New Suzuki Baleno Hatchback sendiri adalah menjorok ke bawah. Sayangnya, sepasang lekukan fender belakang terlalu menonjol, sehingga kelegaan ruang bagasi pun jadi termakan olehnya.

Lain halnya dengan New Honda Jazz. Mobil Honda Jezz punya lantai yang cukup rata dengan pinggir bagasi. Ada satu hal yang harus diapresiasi dari bagasi New Baleno Hatchback, tersedai penutup bagasi yang bisa dilepas jika Anda mengangkut barang dengan dimensi memanjang ke atas. Kelengkapan tersebut tak ditemukan di bagasi All New Jazz.

Bicara tinggi bagasi dalam urusan mengangkut barang berdimensi tinggi, New Suzuki Baleno Hatchback akan kesulitan. Namun terjawab sangat baik oleh bagasi All New Jazz 2020 yang punya kelegaan atap sangat baik. Bahkan bisa dibilang yang terbaik di kelasnya.

Oh ya, untuk standar penerangan bagasi, keduanya sama-sama hanya punya satu lampu. Namun ada kelengkapan tambahan yang sebenarnya cukup sepele di bagasi New Baleno Hatchback, yakni gantungan barang. Benda tersebut tak dimiliki mobil Honda Jazz 2020.

Kapasitas bagasi Honda Jazz 2020 mencapai 363 liter, sedangkan ukuran New Baleno Hatchback di bawahnya. Suzuki hanya membekali hatchbacknya itu dengan bagasi berkapasitas 339 liter.  

Perbandingan Pelipatan Bangku Baleno Hatchback dan Jazz

Adu Kepraktisan Bagasi Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz 04

Nah, ini adalah yang cukup krusial. Dalam keperluan membawa barang berlebih, tentu kita harus melakukan pelipatan bangku baris belakang. Kedua mobil ini sama-sama menganut konfigurasi pelipatan bangku belakang 60:40.

Sampai di situ, secara fleksibilitas keduanya berimbang. Penumpang tetap bisa duduk jika kita hanya melipat satu sisi jok belakang, baik itu yang bagian lebih panjang atau pendek. 

Namun jika keduanya terlipat untuk menambah daya angkut bagasi, maka terlihat jelas bedanya. Honda boleh bangga dengan sistem pelipatan ultra seat pada All New Jazz 2020, menjadikan pelipatan bangku jadi rata lantai. Saat terlipat, seolah bagasi punya ruang sangat lega dengan lantai full rata.

Lain halnya dengan Suzuki Indonesia mobil New Suzuki Baleno Hatchback yang masih menyisakan perbedaan ketinggian saat bangku terlipat. Pelipatan jok belakang New Baleno Hatchback juga tergolong tidak serapi Jazz.
 

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil