window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengetahui Modal Fitur Keselamatan "Mobil Sejuta Umat" Toyota Avanza

Alex · 10 Jul, 2020 10:00

Mengetahui Modal Fitur Keselamatan

Toyota Avanza merupakan sebuah Low MPV yang sangat laris dan populer di Indonesia. Tentunya fitur keselamatan Toyota Avanza adalah salah satu yang cukup disoroti di mobil ini. Harga OTR Avanza saat ini kisaran Rp 200.150.000 sampai yang termahal Rp 230.300.000.

Fitur keselamatan Toyota Avanza bisa dibilang tidak ada yang istimewa. Wajar saja, karena di segmen LMPV para pabrikannya harus merancang produk yang efisien terhadap harga jual.

Kendati begitu, fitur keselamatan Toyota Avanza juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mobil dengan dua opsi mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc ini tentu akan melindungi para penumpangnya dengan baik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengetahui Modal Fitur Keselamatan

Untuk itu, mari kita kupas dan ketahui fitur keselamatan Toyota Avanza. Dalam pembahasan kali ini kita akan fokus pada Avanza tipe termahal untuk mendapati gambaran fitur keselamatan terbaiknya.

Fitur-fitur standar untuk melindungi para penumpang saat terjadi kecelakaan memang sudah dimiliki Toyota Avanza. Namun Anda tak bisa mengharapkan teknologi canggih pada tiap fitur tersebut.

Lantas apa saja fitur-fitur tersebut? Mari kita bahas satu per satu pada LMPV yang berjuluk "Mobil Sejuta Umat" ini.

Fitur Keselamatan Aktif

1. ABS

Beruntung semua varian Avanza, dari yang termurah sampai termahal, pengeremannya sudah dilengkapi ABS (Anti-lock braking system).

2. Seat Belt Warning

Fitur ini akan bekerja mengingatkan jika ada yang belum mengenakan sabuk pengaman alias seat belt. Sayangnya fitur Seat Belt Warning ini hanya akan memberi peringatan untuk penumpang depan dan driver.

Mengetahui Modal Fitur Keselamatan

3. Lampu di spoiler dan reflektor

Sebagai penambah kewaspadaan untuk kendaraan di belakang, Avanza dilengkapi lampu rem LED di spoiler belakangnya. Selain itu ada pula reflektor di bumper belakang bagian bawah yang akan memantulkan cahaya dan menambah kewaspadaan kendaraan lain.

Fitur Keselamatan pasif

1. Kantung udara

Toyota sudah melengkapi Avanza dengan Dual SRS Airbags. Kedua kantung udara alias airbags tersebut hanya terdapat di jok depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan saja.

Mengetahui Modal Fitur Keselamatan

2. Side Impact Beam

Mungkin inilah satu-satunya fitur keselamatan Toyota Avanza yang tidak terlihat. Side impact beam merupakan batang besi yang melintang di keempat pintu Avanza. Fitur ini akan menahan benturan dan diyakini akan mengurangi risiko cedera saat LMPV ini mengalami tabrakan samping.

3. Pretensioner & Force Limiter sabuk pengaman

Pretensioner berfungsi untuk memastikan sabuk yang digunakan mampu menahan badan dari pengemudi maupun penumpang. Sementara force limiter bertugas membatasi kekuatan seatbelt dalam mengendalikan beban tubuh penumpang.

Kesimpulan

Sebagai LMPV alias van berutilitas tinggi yang disasar untuk mobil keluarga dengan harga ekonomis, maka wajar saja fitur keselamatan Toyota Avanza seadanya. Namun baik dari kelengkapan fitur keselamatan aktif maupun pasifnya sudah tergolong sekedar cukup.

Memang agak riskan saat membawa penuh penumpang dengan Toyota Avanza karena mobil ini hanya pakai rem cakram di bagian depan. Apalagi mobil ini mampu mengangkut penumpang sampai tujuh orang.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil