window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ?

Yongki Sanjaya · 14 Jun, 2023 13:00

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 01

Toyota baru saja mengumumkan harga jual dari Yaris Cross produksi Indonesia. PT Toyota Astra Motor menjual Yaris Cross 1.5 dengan range harga mulai dari Rp. 351.000.000 hingga Rp. 449.950.000. 

Di kisaran harga segitu, Yaris Cross akan berhadapan dengan sesama crossover bikinan brand Korea hingga China. Salah satu lawan berat Yaris Cross ialah Chery Omoda 5 yang resmi dijual sejak Maret 2023 lalu. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Chery Omoda 5 ini hadir nyaris tanpa cela dari sisi fitur dan performa mesin. Komposisi harganya juga menarik, sebagai informasi harga resmi Chery Omoda 5 tipe RZ dijual Rp399.800.000. Di harga segitu, Omoda 5 akan berhadapan dengan All New Yaris Cross 1.5 S CVT yang dijual Rp. 407.700.000. 

Dengan harga yang lebih mahal serta kekuatan nama besar Toyota, apakah Yaris Cross 1.5 S CVT bisa unggul soal spesifikasi melawan Omoda 5 RZ? Mari kita bandingkan keduanya. 

Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT, Opsi Terlengkap di Varian Bensin Non Hybrid

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 01

All-New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic” bermodalkan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern. Dari sisi eksterior, Yaris Cross mendapatkan LED Headlamp with DRL, LED Foglamp, dan LED Rear Combination Lamp yang tampak canggih dan modern di depan dan belakang. 

Kemudian pada tipe S sudah dilengkapi dengan Auto Headlamp + Follow Me Home, Roof Rail, Electric & Auto Retract Side Mirror ditambah Welcoming Lamp, dan Power Backdoor with Kick Sensor pertama di kelasnya untuk kemudahan buka-tutup bagasi. Untuk alas kakinya disematkan 18-inch machining alloy wheel. 

Interior Toyota Yaris Cross Bergaya Sporty Namun Tetap Nyaman

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 02

Dalam platform TNGA yang digunakan untuk mengembangkan Yaris Cross ini berfokus agar roomy dan sporty. Bangku berbahan kulit sitentis dengan warna hitam dan jahitan biru.

Kursinya sanggup memberikan kenyamanan terbaik berkat teknologi QUOLE MODURE yang memiliki kemampuan mereduksi panas pada permukaannya. Lebih lanjut, terdapat fitur Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi. Menjaga kesejukan kabin, untuk tipe S All-New Yaris Cross juga telah menggunakan Rear Air Vent pada bangku belakang.

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 03

Sensasi berkendara bisa menyenangkan berkat layout driver-oriented fokus pada panel instrumen TFT 7-inch digital yang menonjolkan kesan sporty dan dapat dikostumisasi dalam 4 pattern. Di balik setir terdapat paddle shift untuk simulasi perpindahan gigi ala mobil sport. 

Bicara fitur multimedia, terdapat 10.1 Inch HUD Display with Wireless Smartphone Connectivity sebagai yang terbesar di kelasnya, ECO/Sport Drive Mode, dan Auto AC. Mobil ini juga dilengkapi dilengkapi dengan Push Start System, Immobilizer, dan Smart Entry System, bersama dengan power outlet 12 Volt serta koneksi charger Type B dan Type C untuk penumpang depan dan belakang. 

Performa Mesin Tidak Terlalu Istimewa

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 04

Yaris Cross bermesin bensin konvensional 1.5 liter ini setia dengan mesin 2NR yang digunakan mulai dari Avanza, Sienta, Vios, dan banyak lagi. Mesin 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW (106 PS) dan torsi 138 Nm. 

Khusus tipe S hanya terdapat pilihan transmisi otomatis CVT dengan performa maupun respons memadai dan diklaim Toyota hemat bahan bakar.

Yaris Cross Tipe S Sudah Memiliki TSS

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 05

Teknologi canggih Toyota Safety Sense (TSS) hadir dengan fitur Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDP), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keeping Control (LKC), Pedal Misoperation Control (PMC), dan Front Departure Alert (FDA).

Selanjutnya untuk fitur keselamatan standar tersedia Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), hingga Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan kemudahan visibilitas ketika manuver parkir di area terbatas.

Chery OMODA 5 RZ, Desain Futuristik dengan Fitur Mentereng 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 06

Omoda 5 hadir dengan konsep desain futuristik berdasarkan filosofi “Art in Motion”. Kesan futuristik OMODA 5 diperlihatkan melalui motif gril depan tanpa frame dengan aksen potongan diamond. Kemudian untuk pencahayaan dari Lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough. 

Mobil ini memiliki lekukan garis yang fleksibel namun tegas, dengan desain belakang yang agresif. Konsep ini dipadukan velg berukuran 18 Inci untuk memberikan kesan sporty. 

Interior Modern dengan Fitur Komplit

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 07

Sisi interiornya tak kalah menarik, karena memakai layar selebar 20 inci yang menyatu dari sisi tengah hingga ke bagian pengemudi. Terdapat lampu ambient LED multi-warna yang dapat terhubung dengan mode mengemudi dan irama musik. 

Lebih lanjut, OMODA 5 dilengkapi dengan kemudi berbahan kulit multifungsi berbentuk D flat bottom dan dilengkapi tombol yang memudahkan pengaturan multimedia. Tak cuma itu, mobil ini juga mendukung fitur voice command untuk mengoperasikan ac, membuka jendela dan sunroof, dan menyalakan musik player hanya dengan perintah suara. Pengaturan kursinya juga telah memakai sistem elektrik sehingga lebih praktis.

Walau kelas harganya belum mendekati level mobil premium, namun fitur di Chery Omoda 5 ini serasa mobil di atas Rp500 jutaan. Dilengkapi dengan fitur canggih seperti Automatic Driving, 8 speaker Sony, door mirror heating, acoustic glass, inteligent voice assistant. sequential LED turning light, dan beberapa fitur lainnya.

Di Bawah Rp400 Juta, Chery OMODA 5 Sudah Memiliki ADAS

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 08

Dengan harga yang lebih murah, Omoda 5 mampu memberi perlawanan dari sisi kelengkapan fitur. Fitur keselamatan di Chery Omoda 5 juga tak bisa dianggap enteng karena dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS)dan electronic parking brake (EPB) + Auto Hold. 

ADAS yang terdapat di mobil ini mencakup:

  • lane keeping system (LDP), 
  • traffic signal recognition system (TSR), 
  • adaptive cruise system (ACC),
  • Integrated Cruise Assist (ICA), 
  • Autonomous emergency brake, 
  • Front collision warning, 
  • Rear cross traffic alert, 
  • Blind spot warning, 
  • Emergency lane keeping.

Performa Mesinnya Oke Dengan Turbo 

Adu Crossover Rp400 Jutaan, Toyota Yaris Cross 1.5 S CVT Bisa Ungguli Chery Omoda 5 RZ? 09

Dari sisi teknologi mesin, Omoda 5 dipersiapkan dengan 1500cc Turbo yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 145 Hp, dan torsi maksimum 230Nm. Mobil ini juga merupakan produk global pertama Chery yang dibangun berdasarkan standar internasional supaya dapat memenuhi kebutuhan pasar di banyak negara.

Kesimpulan

Toyota Yaris Cross hadir membawa nama besar Toyota yang dikenal dengan jaringan dealer luas di seluruh Indonesia. Secara harga, Yaris Cross masih kalah ekonomis dibandingkan dengan brand China yang berani jor-joran. 

Namun demikian, para konsumen tentu akan berpikir soal kemudahan menjangkau layanan aftersales ketimbang harga murah namun mencari bengkelnya agak susah. 

Namun bagi kalian yang tinggal di kota besar dan cenderung mencari mobil dengan kualitas fitur melimpah, maka Chery Omoda 5 bisa memberi segalanya. Soal performa pun jelas lebih oke karena mobil China ini didukung mesin dengan turbo. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2020 Toyota Yaris Cross International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil