window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V

Enda · 30 Mar, 2021 19:00

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 01

Wuling Almaz RS, Honda CR-V facelift dan Honda HR-V

Beberapa waktu yang lalu, PT SGMW Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Wuling di Indonesia secara resmi merilis harga terbaru Wuling Almaz RS. Diketahui varian teranyar Medium SUV jenama China ini kini dibandrol lebih murah dari generasi sebelumnya, mulai dari Rp355.800.000 sampai dengan Rp370.800.000.

Sebagai informasi, Wuling Almaz RS ditawarkan dalam dua pilihan, Exclusive dan Pro dengan pilihan konfigurasi 5-seater dan 7-seater. Hanya dapat menampung hingga lima orang secara maksimal, Wuling Almaz RS Exclusive 5-seater akan berhadapan langsung dengan Honda HR-V. Sedangkan Wuling Almaz RS Pro tentunya akan ‘head to head’ dengan Honda CR-V.

Penasaran ingin tahu lebih dekat dari ketiganya? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Spesifikasi Wuling Almaz RS, Honda HR-V dan Honda CR-V

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 02

Mesin Wuling Almaz RS

Bicara soal spesifikasi khususnya jantung pacu, Wuling Almaz RS dihadirkan dalam satu pilihan mesin. Sementara itu, Honda HR-V maupun Honda CR-V ditawarkan dengan dua pilihan jantung mekanis. Meski begitu, kami ingin membandingkan spesifikasi ketiganya menurut jumlah kubikasi yang sepadan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
Spesifikasi Wuling Almaz RS
Tipe mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger
Tenaga 142 PS @5.200 Rpm
Torsi 250 Nm @1.800-3.600 Rpm
Transmisi CVT 
Sistem penggerak Front-Wheel-Drive

 

Spesifikasi Honda HR-V
Tipe mesin

1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

Tenaga 120 PS @6.600 Rpm
Torsi 145 Nm @4.600 Rpm
Transmisi CVT dan manual 6-percepatan
Sistem penggerak Front-Wheel-Drive

 

Spesifikasi Honda CR-V
Tipe mesin

1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW

Tenaga 190 PS @5.600 Rpm
Torsi 240 Nm @2.000-5.000 Rpm
Transmisi CVT
Sistem penggerak Front-Wheel-Drive

Harga Wuling Almaz RS Paling Murah Diantara Keduanya?

Bila melihat harga menurut varian teratas yang sama-sama dibenamkan mesin berkapasitas 1.5L, Honda HR-V saat ini ditawarkan dengan harga paling murah.

Baca juga: Test Drive Singkat Wuling Almaz RS

Perbandingan Harga Baru Wuling Amlaz RS dan Honda HR-V 5-seater OTR Jakarta
Jenis mobil Harga OTR Jakarta
Wuling Almaz RS Exclusive 5-seater Rp355.800.000
Honda HR-V E CVT Special Edition Rp337.100.000

 

Perbandingan Harga Baru Wuling Amlaz RS dan Honda CR-V 7-seater OTR Jakarta
Jenis mobil Harga OTR Jakarta
Wuling Almaz RS Pro 7-seater Rp370.800.000
Honda CR-V Prestige Turbo Rp577.000.000

Sebagai informasi tambahan, untuk pembelian semua varian Wuling Almaz RS mulai 29 Maret hingga 30 April 2021, Wuling Motor Indonesia memberikan diskon "subsidi PPnBM" langsung hingga Rp16 juta. Berikut harga OTR Jakarta setelah mendapatkan diskon.

Harga Wuling Almaz RS 2021 Setelah Mendapat Subsidi
Tipe Harga OTR Jakarta Harga OTR Jakarta (Subsidi PPnBM)
Wuling Almaz RS Exclusive 5-seater Rp355.800.000 Rp340.800.000
Wuling Almaz RS Exclusive 7-seater Rp365.800.000 Rp350.300.000
Wuling Almaz RS Pro 7-seater Rp370.800.000 Rp354.800.000

Perang Fitur Ketiganya, Wuling Almaz RS Paling Unggul?

1. Fitur Unggulan Pada Wuling Almaz RS

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 01

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS dilengkapi dengan serangkaian teknologi yang terdepan di kelasnya. Mobil ini berhasil dibenamkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Bicara soal IoV, fitur ini dapat menghubungkan pengguna terhadap kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone dengan head unit 10.4 inci yang didukung perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND). Voice command ini dapat menjalankan pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 02

Internet of Vehicle (IoV) Wuling Almaz RS

Di dalam IoV, pengguna bisa merasakan teknologi berupa Vehicle Remote Control, Positioning and Geo-fencing, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, Online Messaging.

Melihat ke teknologi terbarunya, Advanced Driver Assistance System (ADAS), fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 03

Mengenai fitur unggulan serta keselamatan lainnya, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) dan Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) yang dapat memberikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Baca juga: 5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS

Perlu kalian ketahui, semua varian Wuling Almaz RS Exclusive 5-seater maupun 7-seater mendapat penyunatan fitur ADAS berupa; Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA) dan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

2. Fitur Unggulan Honda HR-V

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 04

Interior Honda HR-V

Memiliki harga jual baru yang bisa dikatakan tidak terpaut jauh dengan varian terendah Wuling Almaz RS, Honda HR-V mendapat fitur unggulan berupa head unit Advanced Floating Touchscreen berukuran 8 inci yang telah mendukung format Bluetooth, Smartphone Connection, USB, radio AM/FM, MP3/WA, iPod, iPhone dan AUX.

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 05

Head unit pada SUV kompak Honda ini juga didukung Handsfree Telephone yang bisa melakukan jawaban telepon secara praktis, tanpa harus mengganggu konsentrasi saat menyetir. Tersedia pula fitur Multi Angle Rear View Camera, yang mana kondisi di luar mobil akan ditampilkan secara langsung pada layar utamanya.

Mengenai fitur keselamatan, mobil ini juga sudah dilengkapi G-CON + ACE, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Motion Adaptive EPS, Brake Override System dan Parking Sensor.

3. Fitur Unggulan Honda CR-V

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 06

Honda SENSING di Honda CR-V 2021 facelift

Honda CR-V belum lama ini juga diluncurkan di Indonesia. Tidak hanya mendapat tampilan yang lebih fresh, Medium SUV pesaing Wuling Almaz RS ini juga memiliki fitur yang tak kalah menarik. Mobil ini sudah dibenamkan Fitur yang tergabung di dalam Honda SENSING ini antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Selain Honda SENSING, New Honda CR-V juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tertinggi, seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V 07

New 7” Touchscreen Display Audio Honda CR-V 2021 facelift

Tidak ketinggalan Hand-Free Access Power Tailgate, Rain Sensing Windshield Wiper, New Remote Engine Start, Driver Attention Monitor dan New 7” Touchscreen Display Audio yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Selain itu, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

Baca juga: erbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V

Kesimpulan

Melihat perbandingan antara ketiga model di atas, Honda CR-V maupun Honda HR-V wajib waspada dengan keberadaan SUV terbaru asal Tiongkok ini. Mengapa demikian? Wuling Almaz RS secara konklusi memiliki spesifikasi yang sangat menggoda kompetitornya jika melihat fitur, harga jual, serta garansi yang diberikan saat ini.

Bicara soal garansi, Wuling Almaz RS didukung dengan layanan purna jual mulai dari garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, gratis biaya jasa servis berkala sampai 50.000 kilometer atau 4 tahun.

Oh iya, soal jantung mekanis, Wuling Almaz RS menghasilkan jumlah tenaga yang lebih kecil dari Honda CR-V meski sama-sama menggunakan mesin 1.500 cc dengan dorongan turbo.

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil