window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli?

Enda · 6 Apr, 2021 19:00

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 01

Hyundai Santa Fe facelift, Honda CR-V facelift dan Wuling Almaz RS

Dalam hitungan waktu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek kendaraan roda empat berlogokan ‘H’ miring akan memperkenalkan varian terbaru Hyundai Santa Fe facelift ke hadapan publik. Mobil yang bermain di segmen Medium SUV ini bakal berhadapan langsung dengan Wuling Almaz RS dan Honda CR-V facelift sebagai pesaing utamanya.

Sebelumnya, bocoran tampilan SUV asal Negeri Gingseng ini tersebar luas di jagat media sosial Tanah Air. Di sana terlihat bahwa Santa Fe 2021 memiliki tampilan yang terlihat lebih atraktif dan mendapatkan beberapa update pada beberapa bagian sektor lainnya.

Dalam pembahasan kali ini, kami ingin sedikit mengulas terhadap ketiga model Medium SUV ini yang kebetulan sama-sama mendapatkan facelift pada tahun ini.

Baca juga: Agresif dan Bertenaga, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Santa Fe Generasi Pra Facelift

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksterior Hyundai Santa Fe Facelift Paling Menarik di Antara Kedua Pesaingnya?

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 01

Hyundai Santa Fe facelift

Hyundai Santa Fe facelift hadir dengan bentuk grille yang semakin membesar dan terkesan menyatu dengan lampu utamannya. Sama seperti Santa Fe sebelumnya, antara lampu utama berteknologi projector degan DRL diletakan memisah.

Hanya saja generasi terbaru Santa Fe ini apabila dilihat secara lurus dari depan, memiliki aksen garis berlapisan krom di dalam rumah lampunya yang terlihat seperti huruf “T”.

Bergeser ke bagian samping, Santa Fe terbaru ini punya velg berukuran 18 inci dan jika dibandingkan dengan Santa Fe generasi lamanya, tidak terlihat adanya ubahan yang berarti. Melihat bagian buritannya, SUV terbaru Hyundai ini mendapatkan update pada bumper yang membuatnya terlihat lebih membulat, sporty dan luxury.

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 02

Honda CR-V facelift

Menengok rivalnya asal Jepang, yaitu Honda CR-V, mendapat ubahan pada tampilan luar yang lebih memukau dengan sudut lebih kekar dan maskulin. Tampilan wajah kini diimplementasikan melalui New Front Bumper Design dengan tambahan list krom memanjang serta New Black Front Grille. Tampilan depan New Honda CR-V juga ditandai dengan New Sequential LED Turning Signal.

Bergeser ke bagian samping, tidak ada yang spesial bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hanya saja Honda memberikan desain velg terbaru yang terlihat lebih kekar berukuran 18 inci dilabur warna two-tone. Lalu beranjak ke bagian buritan, CR-V facelift disematkan New Rear Bumper lebih berotot, New Rear Smoked Tail Light, dan Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 03

Wuling Almaz RS

Pesaing lainnya datang dari merek China. Wuling Almaz RS kini mendapat desain grille baru, lis berkelir merah di bumper depan, lip spoiler di bawah bumper yang cukup besar, serta atap bewarna hitam yang mengindikasikan pilihan warna dual tone.

Bergeser ke bagian lainnya, velgnya kini mendapat desain baru, serta lampu belakang yang terlihat lebih pipih dengan lampu sign LED sequential juga tampilan bumper baru yang terkesan lebih berotot.

Perang Fitur Ketiganya, Medium SUV Asal China Paling Unggul?

1. Hyundai Santa Fe Facelift

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 04

Interior Hyundai Santa Fe facelift

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Hyundai Santa Fe facelift telah disematkan fitur keselamatan berupa Safety Assist seperti Foward Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Lane Following Assist, tidak ketinggalan Surround View Monitor 360 derajat, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Parking Distance Warning, Safe Exit Assist, dan Rear Occupant Alert.

Sebagai fitur standar, SUV terbaru Hyundai ini juga dilengkapi 6 airbags, ABS, dan Stability Control. Selain itu untuk fitur lainnya sudah menganut Smart keyless entry & engine start stop button, Electric parking brake with auto hold dan Smart power tailgate.

Santa Fe terbaru juga dilengkapi panel instrumen digital dengan ukuran 12,3 inci serta head unit layar sentuh berukuran 8 inci model floating di tengah dashboardnya. Untuk menambah kenyamanan berkendara, mobil ini telah disematkan wireless charging yang bisa digunakan dalam pengisian daya pada smartphone, serta konsol tengahnya kini dibuat mengambang.

Sistem transmisi juga kian canggih karena berjenis Shift by Wire. Kesan premium makin kuat karena Santa Fe facelift juga mendapatkan jok berlapiskan bahan kulit Nappa, jok pemanas dan ventilasi, AC dual zone, power tailgate, panoramic sunroof serta ambient mood lighting.

2. Honda CR-V Facelift

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 05

Honda SENSING

Bicara soal fitur unggulan, CR-V terbaru telah dibenamkan fitur yang tergabung di dalam Honda SENSING ini antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Selain Honda SENSING, New Honda CR-V juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tertinggi, seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Tidak ketinggalan Hand-Free Access Power Tailgate, Rain Sensing Windshield Wiper, New Remote Engine Start, Driver Attention Monitor dan New 7” Touchscreen Display Audio yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Selain itu, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

3. Wuling Almaz RS

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 06

Fitur Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) pada Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS dilengkapi dengan serangkaian teknologi yang terdepan di kelasnya. Mobil ini berhasil dibenamkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Baca juga: Bukan Cuma Honda CR-V, Selisih Rp18 Jutaan di Wuling Almaz RS Bakal Sikat Honda HR-V

Bicara soal IoV, fitur ini dapat menghubungkan pengguna terhadap kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone dengan head unit 10.4 inci yang didukung perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND). Voice command ini dapat menjalankan pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

Di dalam IoV, pengguna bisa merasakan teknologi berupa Vehicle Remote Control, Positioning and Geo-fencing, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, Online Messaging.

Melihat ke teknologi terbarunya, Advanced Driver Assistance System (ADAS), fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Mengenai fitur unggulan serta keselamatan lainnya, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) dan Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) yang dapat memberikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Perlu kalian ketahui, semua varian Wuling Almaz RS Exclusive 5-seater maupun 7-seater mendapat penyunatan fitur ADAS berupa; Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA) dan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Seperti CR-V Facelift, Hyundai Santa Fe Facelift Punya Dua Pilihan Mesin dan Tenaga Paling Besar

Hyundai Santa Fe Facelift Vs Wuling Almaz RS dan Honda CR-V, Mana Paling Pantas Dibeli? 07

Mesin Hyundai Santa Fe

Bicara jantung pacu, Hyundai Santa Fe facelift mendapatkan dua pilihan mesin baru, yakni diesel 2.2 liter dan bensin 2.5 liter yang menghasilkan tenaga paling besar, juga menyesuaikan platform baru generasi ketiga yang dianutnya.

Spesifikasi Mesin Hyundai Santa Fe 2021 Facelift
Keterangan Mesin diesel Hyundai Santa Fe 2021 Mesin bensin Hyundai Santa Fe 2021
Jenis Smartstream D Theta III
Kapasitas 2.200 cc 2.500 cc
Tenaga 202 PS 180 PS
Torsi 440 Nm 232 Nm
Transmisi Otomatis 8-speed DCT  Otomatis 6-speed

 

Spesifikasi Mesin Honda CR-V 2021 Facelift
Keterangan Mesin bensin 1.5L Turbocharged Honda CR-V 2021 Mesin bensin 2.0L Honda CR-V 2021
Jenis 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW PGM-FI
Kapasitas 1.498 cc 1.997 cc
Tenaga 190 PS 155 PS
Torsi 240 Nm  189 Nm
Transmisi CVT CVT

 

Spesifikasi Mesin Wuling Almaz RS
Keterangan Mesin bensin 1.5L Turbocharged
Jenis 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger
Kapasitas 1.451 cc
Tenaga 142 PS
Torsi 250 Nm 
Transmisi CVT

Kesimpulan

Bicara soal spesifikasi yang dimiliki, Hyundai Santa Fe facelift ini tak kalah menarik dengan kedua pesaingnya apabila melihat dari tampilan, performa, serta fitur unggulan yang disuguhkan. Namun begitu, beberapa informasi menyebutkan bahwa SUV asal Korea ini akan dibandrol Rp550 juta sampai dengan Rp730 jutaan. Jika benar, maka Santa Fe facelift akan menjadi Medium SUV paling mahal bila dibandingkan dengan Honda CR-V facelift maupun Wuling Almaz RS.

Baca juga: 5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Hyundai Santa Fe D 2.2 Style

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil