Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia?

Yongki Sanjaya · 8 Feb, 2021 15:00

Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia? 01

Perlu kalian ketahui, salah satu lini komersial Toyota yaitu Hilux berhasil masuk ke dalam 10 besar pick up terlaris di dunia pada 2020 lalu. Hilux menduduki posisi ketiga dengan penjualan 323.287 unit, tepat di bawah Ford F-Series dan Chevrolet Silverado. Toyota Hilux 2021 unitnya juga dijual di Indonesia, lantas apa kerennya pick up ini sampai menjadi yang terlaris?

Hilux adalah produk global Toyota yang dipasarkan di berbagai negara. Generasi pertama diluncurkan pada 1968, dan total penjualan sampai generasi ke-8 saat ini sudah mencapai lebih dari 19 juta unit.

PT Toyota Astra Motor atau TAM resmi memasarkan New Toyota Hilux facelift di Indonesia pada Kamis, 27 Agustus 2020. Indonesia resmi menjadi negara kedua yang mendapatkan penyegaran dari New Toyota Hilux, setelah Thailand yang mana merupakan peluncuran world premier mobil dengan bak terbuka tersebut.

Perubahan pada New Toyota Hilux double cabin di Indonesia tak terlalu banyak alias hanya minor facelift saja. New Toyota Hilux facelift hanya dalam tiga trim level untuk model double cabin dan untuk model pick up ditawarkan juga dengan tiga pilihan. Untuk model double cabin ada New Toyota Hilux tipe E, tipe G, dan tipe V.

Hilux dikenal tangguh dan punya daya tahan tinggi di segala medan, baik aspal mulus maupun off-road. Itulah mengapa Hilux menjadi pilihan utama pengusaha di berbagai bidang, baik itu pertambangan atau perkebunan. Di lain sisi, Hilux juga disukai konsumen perorangan karena tampilan yang memikat dan pilihan tipe beragam. 

Fitur Off Road di Toyota Hilux 2021, Siap Melibas Medan Terjal

Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia? 02

Untuk melibas medan terjal pedalaman, Hilux dibekali dengan 4X4 dengan pilihan H2, H4, dan L4 yang bisa meningkatkan kenyamanan secara signifikan di medan off road. Pengaturannya berupa saklar baru yang ditempatkan pada dashboard.

Transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic kini tersedia, tapi hanya pada tipe V. Sayangnya, Hilux belum ada mode berkendara off-road. 

Toyota hanya memberikan Rear Differential Lock System. Sistem ini akan membantu mengamankan traksi saat berkendara di medan berlumpur.

Hilux terasa aman ketika diajak mendaki di jalanan menanjak dan pegunungan dengan santai. Pengendaliannya cukup baik dan tidak limbung untuk sekelas kabin ganda, tetapi belum sebaik rivalnya.

Toyota merancang ulang susunan per daun atau leaf spring sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun. Di sisi lain settingan ulang tersebut juga membuat mobil Toyota Hilux tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Mesin Toyota Hilux, Andalan di Toyota Fortuner 

Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia? 03

New Toyota Hilux dacelift double cabi hanya hadir dengan mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc empat silinder dengan Variable Nozzle Turbo (VNT). Mesin ini juga digunakan pada Fortuner diesel yang memiliki tenaga hingga 150 hp dengan torsi hingga 400 Nm. 

Kalau transmisinya ada dua pilihan, ada transmisi manual enam percepatan di tipe E dan G. Sedangkan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic hanya pada tipe V.

Interior Toyota Hilux 2021, Bukan Lagi Mobil Kuli

Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia? 04

Selama ini mobil pickup identik dengan mobil pekerja, sehingga interiornya pun hanya didesain sederhana dengan fitur yang tidak mewah. Pada Toyota Hilux 2021 kini semakin berbenah dan bisa kita bilang sebagai Fortuner versi pick up. Head unit tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. 

Tipe G memanfaatkan model serupa dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Masih dari area dashboard, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru yang memberi kesan premium dan tangguh. Kedua model memperoleh MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan.

Fitur Keselamatan di Medan Off Road Cukup Proporsional

Jadi Pickup Terlaris di Dunia, Apa Keunggulan Toyota Hilux 2021 yang Dijual di Indonesia? 05

Sebagai mobilnya 'mandor' atau 'juragan', pastinya Hilux punya Fitur keselamatan jempolan setara SUV mewah. Fitur keselamatan terbaik tersedia demi meningkatkan rasa percaya diri pengguna Hilux saat harus melewati jalanan off road perkebunan atau pertambangan. 

Hilux Double Cabin 4x4 sudah dilengkapi dengan differential lock untuk meningkatkan kemampuan melahap medan off-road. Khusus pada varian V, terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mengatur kendaraan agar tidak melorot saat sedang menanjak.

fitur-fitur seperti Traction Control dan Rear Differential Lock juga berperan penting saat mengarungi medan ekstrim. Ini membuat cengkraman roda tetap optimal saat melewati jalanan yang licin atau salah satu roda terangkat. 

Lebih lanjut, RDL ini bekerja dengan mengunci gardan belakang, tujuannya untuk mencegah distribusi tenaga ke roda belakang hanya pada satu bagian tertentu. 

Tujuanya saat roda belakang terangkat maka traksi akan dipindahkan ke roda lain yang masih menapak tanah. Mobil pun masih bisa bergerak merayap keluar dari jebakan kubangan lumpur atau jalan berbatu. 

Kesimpulan

Toyota Hilux 2021 merupakan pick up double cabin terlaris nomor tiga di dunia. Namun sedikit disayangkan kalau unit yang dijual di Indonesia hanya menang tampang tapi fiturnya belum selengkap rivalnya. 

Fitur yang ada dinilai sudah cukup dan proporsional dengan karakter pengguna dan kondisi medan terjal di Indonesia. Pengemudi sangat terbantu dengan fitur transfercase elektrik sehingga tidak kerepotan geser-geser tongkat transfercase seperti mobil 4X4 lawas.

Semestinya, Hilux juga didukung Hill Descent Control (HDC). Tujuannya, membantu kala mobil melintasi jalan menurun yang curam. Pengemudi pun terpaksa cuma mengandalkan rem ABS untuk menahan laju mobil. 

Dengan keunggulan tadi, pantaskah Toyota Hilux jadi pick up terlaris? 
 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Hilux 2.0L Single Cab

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru