window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander Cross 2022 Punya Fitur Penghemat BBM, Bisa Makin Jarang Mampir ke SPBU

Prasetyo · 26 Sep, 2022 18:07

Mitsubishi Xpander Cross 2022 Punya Fitur Penghemat BBM, Bisa Makin Jarang Mampir ke SPBU 01

  • Mitsubishi Xpander Cross 2022 punya fitur penghemat BBM.
  • Ada ECO Indicator dan Cruise Control.
  • Teknik eco driving bisa menghemat konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross.

Mitsubishi Xpander Cross 2022 merupakan mobil baru dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Tercatat kendaraan yang masuk dalam kategori LSUV 7 penumpang itu resmi diluncurkan saat pameran GIIAS 2022 di ICE BSD City, Agustus lalu.

Tentunya MMKSI sudah melakukan beberapa improvement dari Xpander Cross facelift ini. Baik dari sisi eksterior, interior, mekanikal, hingga teknologi fitur. Yang patut diketahui, Mitsubishi Xpander termasuk Xpander Cross disarankan untuk memakai BBM (bahan Bakar Minyak) minimal RON 92. Jenisnya boleh Pertamax dari Pertamina, Shell Super, Vivo 92, atau BP AKR 92.

Mitsubishi Xpander Cross 2022 Punya Fitur Penghemat BBM, Bisa Makin Jarang Mampir ke SPBU 02

Mitsubishi Xpander Cross facelift di GIIAS 2022

Tapi mengingat harga BBM naik dan tak bisa diprediksi, tentunya amat bijak jika Anda mulai menerapkan teknik berkendara eco driving. Berkendara yang hemat bahan bakar ini pastinya bisa membuat mobil lebih irit dalam konsumsi BBM.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dan kalau Anda pemilik New Xpander Cross, tahukah kalau di mobil itu ternyata ada dua fitur yang bisa membantu gaya mengemudi eco driving tersebut. Kalau diterapkan secara rutin, pastinya bisa menekan konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross 2022 makin irit.

Baca juga: Ini Daftar Mobil yang Tidak Boleh Isi Pertalite, Ada Avanza, Stargazer, Sampai Xpander Cross

1. Eco Drive Meter

Mitsubishi Xpander Cross 2022 Punya Fitur Penghemat BBM, Bisa Makin Jarang Mampir ke SPBU 01

Eco Indicator yang dibawahnya terdapat logo lima daun hijau

Pada Mitsubishi Xpander Cross 2022, ada fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Keduanya sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar. 

Eco Drive Meter dam Eco Drive Assist terdapat di panel meter New Xpander Cross. Tampilannya berupa tulisan ECO dan lima daun berderet ke samping. Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak maka informasi ECO akan hilang.

Mitsubishi Xpander Cross 2022 Punya Fitur Penghemat BBM, Bisa Makin Jarang Mampir ke SPBU 02

Jika posisi parkir atau berkendara tidak eco driving, logo ECO dan daun hilang

Semakin efisien berkendara maka bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara Anda dipastikan benar-benar efisien. ECO Meter dan Eco Drive Assist ini akan sangat berguna saat ini di tengah kondisi harga BBM yang semakin mahal. 

Baca juga: Selisih Rp25,8 Juta, Bedanya Mitsubishi Xpander Cross 2022 MT dan Premium CVT Bukan Cuma di Transmisi!

2. Cruise Control

New Mitsubishi Xpander Cross yang tipe transmisi otomatis CVT telah dilengkapi dengan fitur Cruise Control. Fitur ini juga bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan efisiensi BBM yang sangat baik. Mengingat dengan cruise control, kecepatan mobil bisa lebih konstan dibanding tanpa cruise control.

Mitsubishi Xpander Cross 2022 Punya Fitur Penghemat BBM, Bisa Makin Jarang Mampir ke SPBU 03

Tombol cruise control ada di sebelah kanan

"Jadi untuk cruise control memang sangat membantu terutama sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa. Itu membantu banget dan menyenangkan," jelas Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia saat peluncuran New Xpander Cross di GIIAS 2022.

Yang perlu dicatat adalah ada dua tipe cruise control, cruise control konvensional dan Adaptive Cruise Control. Untuk Xpander dan Xpander Cross yang digunakan adalah cruise control konvensional sehingga pengemudi tetap harus mengontrol laju kendaraan apabila ada mobil atau kendaraan lain di depannya yang tiba-tiba melambat.

Sementara fitur Adaptive Cruise Control terdapat di model Pajero Sport. Dengan fitur ini mobil akan mengikuti kecepatan mobil yang di depannya walaupun kendaraan itu memperlambat kecepatan.

Baca juga: 7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil