Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung

Eko Kamil · 26 Mar, 2020 13:00

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 01

Mobil listrik berkembang di Indonesia dikarenakan kepraktisannya. Disamping itu, ada juga pembebasan pajak. Karena itu, mobil listrik mulai berkembang di Indonesia. Banyak jenis mobil listrik yang hadir di Indonesia, seperti Tesla dan BMW i3S

Peluang mobil listrik untuk masuk ke Indonesia semakin besar. Hal ini tentu ada alasannya. Salah satu alasannya mungkin dikarenakan adanya Peraturan Gubernur (Pergub) No 3 tahun 2000 tentang insentif pajak BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai diharapkan memacu populasi kendaraan setrum di Ibu Kota. 

Dengan adanya peraturan seperti itu, maka kendaraan beroda dua maupun empat listrik murni di wilayah DKI Jakarta tidak akan dikenakan pajak BBN 12,5 %. Pada Bab II Pasal ayat 2, seluruh kendaraan listrik berbasis baterai tidak akan dikenakan pajak BBN. 

Dengan pembebasan pajak BBN, harga jual menjadi sedikit berkurang. Masyarakat yang memiliki kocek tebal akan lebih melirik kendaraan listrik dibandingkan mobil mahal lain.

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 01

Mobil Listrik lainnya

Sebenarnya tema hari ini adalah Mobil Listrik Tesla, tetapi sebelumnya mari kita lihat beberapa mobil listrik yang lumayan eksis di Indonesia.

1. Glory E3

Pabrikan China Sokonindo Automobile (DFSK) meluncurkan mobil listrik 2020, yaitu Glory E3 dengan model SUV (Sport Utility Vehicle), namun bertenaga listrik murni.

2. Nissan Leaf

Pabrikan Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah memutuskan untuk tidak memproduksi mobil Datsun. Namun kini meluncurkan mobil listriknya, Nissan Leaf di Indonesia. 

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 02

3. SUV Listrk Wuling

Seilan DFSK, merek China Wuling juga akan meluncurkan mobil listriknya di tahun 2020 ini. Kepastian ini terungkap melalui Airlangga Hartarto ketika masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Sebelumnya, Wuling telah memiliki dua mobil mungil yang berbasis listrik di Indonesia, yakni E100 dan E200.

4. BMW i3S

BMW i3S merupakan mobil listrik yang lincah dan praktis. Dengan posturnya yang munil, membuatnya menjadi ideal untuk dipakai di jalan yang macet seperti Jakarta. Harga mobil listrik mungil ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1.3 Miliar.

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 03

5. Hyundai Ionic

Hyundai Ionic bisa dikatakan sebagai satu-satunya mobil listrik yang memiliki harga yang cukup terjangkau di Indonesia. Harga mobil listrik ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 570 jutaan.

Selain beberapa mobil diatas, sebenarnya masih banyak mobil listrik Indonesia lainnya. Berbicara tentang mobil listrik, maka akan terpikir dengan Mobil Listrik Tesla. Selanjutnya kita akan melihat topik utama artikel ini, mobil listrik Tesla.

Mobil Listrik Tesla Indonesia

Ada beberapa mobil listrik Tesla yang telah hadir di Indonesia. Harga mobil Tesla Indonesia terbilang cukup fantastis. Kali ini akan membahas beberapa mobil Tesla yang ada di Indonesia.

1. Tesla Model 3

Tesla Model 3 merupakan salah satu mobil listrik mewah yang diproduksi oleh Importir Umum (IU) Prestige Motor di Indonesia. 

Mobil ini merupakan mobil yang paling mudah dijangkau dan juga praktis. Dengan desain kabin seperti benZ dan BMW, mobil Tesla ini tampil layaknya mobil premium.

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 04

Mobil ini memiliki 3 varian, yakni Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Perbedaan ketiga varian ini terletak pada ketahanan daya baterai. Jarak tempuh pada varian Standard Range Plus adalah 386 km, Long Range memiliki jarak tempuh hingga 416 km, dan Performance yang memiliki jarak tempuh hingga 496 km. 

Untuk pengisian daya, bila menggunakan pengisian daya fast charging hanya membutuhkan waktu 15 menit.  Di Indonesia, Tesla Model 3 dibanderol dengan harga Rp1,5 Milliar.

2. Tesla Model S

Tesla Model S merupakan pilihan lain dari mobil listrik tesla yang tak kalah mewah. Mobil Tesla Model S P100D dilengkapi dengan baterai lithium ion yang memiliki daya 100 kWh yang menopang kinerja 2 motor listrik. 

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 05

Mesin ini menghasilkan tenaga gabungan sebesar 680 dk dan torsi maksimal 1.073 Nm, yang disalurkan ke sistem penggerak empat roda yang bertransmisi otomatis. Mobil ini mampu mencapai jarak tempuh hingga 506 km dalam keadaan baterai terisi penuh. 

Pengisian daya akan membutuhkan waktu 9,5 jam apabila menggunakan pengisian daya standar. Harga mobil listrik Tesla Model S P100D ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 4.4 Miliar.

3. Tesla Model X

Selain Tesla Model 3 dan Model S,  Importir Umum (IU) Prestige Motor di Indonesia juga meluncurkan Tesla Model X varian 75 D. Mobil ini merupakan salah satu mobil listrik SUV yang dijual oleh Prestige. Mobil ini dilengkapi dengan dua motor listrik dan satu  baterai berdaya 72.4 kWh. 

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 329 dk dan torsi maksimal 525 Nm.Dalam keadaan baterai terisi penuh, mobil listrik ini mampu melaju hingga 355 km. 

Untuk waktu pengisian baterai membutuhkan waktu 40 menit jika menggunakan pengisian daya fast charging dan 5 jam 15 menit jika menggunakan pengisian daya standar. Harga Tesla Model X ini dibanderol dengan biaya sekitar Rp 2,9 Miliar.

Mobil Listrik Indonesia Semakin Populer! Tesla Ikut Nimbrung 06

4. Tesla Model Y

Dan yang terakhir adalah Tesla Model Y yang peluncurannya di waktu yang terkini. Tesla Model Y merupakan SUV listrik yang berada satu level diatas Tesla Model 3. 

Dikatakan bahwa Model Y ini menggunakan basis model 3 yang berfungsi untuk menekan biaya produksi. Tapi, diperkirakan bahwa harga Tesla Model Y akan dibanderol dengan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan Tesla Model 3.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

BMW I3s Electric

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru