window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat?

Yongki Sanjaya · 6 Nov, 2020 09:45

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat? 01

Honda CR-V telah meluncur di beberapa negara Asia Tenggara. Sosok SUV medium andalan Honda ini diprediksi akan masuk Indonesia tahun depan. Berbekal desain dan fitur baru, seberapa hebat Honda CR-V 2021 membalas kedigdayaan SUV China seperti Wuling Almaz?

Sebenarnya, Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd telah  meluncurkan Honda CR-V di perhelatan Bangkok International Motor Show ke-41 di Bangkok, Thailand, 14 Juli 2020. Thailand menjadi negara pertama di Asia dan Oseania yang memasarkan Honda CR-V terbaru.

New Honda CR-V 2021 mengadopsi dari konsep besar Heroic Beauty CUV. Mobil ini telah diperbarui dengan fitur yang canggih dan modern, termasuk dengan fitur Honda SENSING. Hadirnya New Honda CR-V menegaskan kembali komitmen Honda dalam menyediakan produk inovatif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat? 01

Penampilan CR-V secara keseluruhan juga semakin sporty dengan grill Gloss Black serta desain baru

Honda CR-V memiliki eksterior yang didesain ulang yang memberikan tampilan modern dan premium. Honda CR-V 2021 mendapat minor update pada beberapa aksen baru di eksteriornya, antara lain bumper depan yang didesain ulang, grille hitam baru dengan aksen chrome, velg 18 inci baru dan penambahan roof rail. 

Penampilan CR-V secara keseluruhan juga semakin sporty dengan grill Gloss Black serta desain baru pada bumper depan dan belakang. Pada bagian depan, bagian bumper didesain ulang berikut dengan aksen grille wing chrome baru. 

Aksen chrome juga terdapat di bumper, sementara LED Headlights semakin ramping yang memberikan tampilan mewah namun tetap canggih.

Fitur Baru di Honda CR-V 2021, Seberapa Keren Dibandingkan Wuling Almaz? 

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat? 02

Honda SENSING adalah teknologi keselamatan Honda yang memiliki empat sistem yang bekerja secara sinkron.

Untuk fitur kenyamanan, Honda CR-V menawarkan update infotainment system 7 inci yang kompatibel dengan Apple Car Play serta Android Auto, AC digital otomatis, wireless mobile charger, sistem navigasi, kemudian kursi elektrik delapan arah untuk pengemudi dan empat arah buat penumpang. 

Sekarang CR-V memiliki fitur Hands-Free Access Power Tailgate, melalui penggunaan sensor di bawah bumper belakang. Fitur ini memungkinkan pintu belakang belakang terbuka melalui gerakan menendang saat kedua tangan tidak bisa membuka pintu bagasi. 

Fitur Honda Sensing di CR-V 2021, Tidak Dimiliki Wuling Almaz

Honda SENSING adalah teknologi keselamatan Honda yang memiliki empat sistem yang bekerja secara sinkron untuk mengurangi resiko kecelakaan. Empat fitur tersebut terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Wuling Almaz Andalkan Fitur Wind

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat? 03

Apabila pada Honda CR-V sudah memakai Wireless Charging untuk mengisi daya ponsel, maka Wuling Almaz cuma mengandalkan Power Outlet untuk mengisi daya baterai pada Handphone. Dari fitur ini bisa terlihat segmentasi penggunaan CR-V adalah kalangan kelas atas karena memakai ponsel dengan fitur wireless charging. 

Almaz juga tidak memiliki fitur keselamatan terintegrasi seperti pada Honda Sensing. SUV andalan Wuling ini hanya mengandalkan fitur WIND, yaitu voice command yang mengerti bahasa Indonesia. 

Fitur ini memungkinkan pengguna tak hanya berinteraksi dengan perangkat multimedia, tapi fungsi mobil lain pun bisa anda atur hanya dengan menggunakan suara. Sebut saja menyalakan AC, membuka jendela pengemudi atau sunroof, hingga menanyakan jam dan hari sampai membesarkan atau mengecilkan volume pada mobil ini.

Fitur unik lain pada Almaz yang tidak ada pada Honda CR-V 2021 yaitu mobil ini dilengkapi dengan kamera 360 derajat. Kita bisa melihat secara menyeluruh apa saja yang ada di sekeliling mobil saat berkendara. Fitur ini cukup membantu saat berada di tengah kemacetan ibu kota di mana jarak antar kendaraan sangat dekat.

Spesifikasi Mesin Honda CR-V 2021 Tidak Berubah

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat? 04

Honda CR-V punya mesin yang jauh lebih bertenaga dari Wuling Almaz

Untuk spesifikasi dari Honda CR-V 2021 yang telah meluncur di beberapa negara Asia Tenggara sedikit berbeda dari versi Indonesia. Versi luar tersedia mesin 1,6 liter i-DTEC DIESEL TURBO, mesin bensin 2,4 liter DOHC i-VTEC dan 2.0 liter SOHC i-VTEC. 

Versi 2.0 liter yang hadir di Filipina juga tersedia untuk Indonesia. Mesin untuk varian CR-V 5 penumpang ini menghasilkan output maksimum 154 PS pada 6.500rpm dan torsi puncak 189 NM pada 4.300rpm. 

Khusus untuk Indonesia, hadir juga mesin mesin turbo L15B7 1.5L 4-silinder dengan output 190 ps. Bagaimana spesifikasi tersebut bila dibandingkan Wuling Almaz? 

Almaz bahkan cuma menyediakan opsi mesin 1.5 liter turbo. Patut disayangkan karena mesin ini cuma mampu menghasilkan tenaga maksimal 140 hp per 5200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm per 1700 hingga 3600 rpm. Artinya, masih kalah dibandingkan tipe CR-V manapun. 

Kesimpulan 

Perbandingan Honda CR-V Versi 2021 dengan Wuling Almaz, Pembalasan dari SUV Jepang Seberapa Hebat? 05

Kedatangan SUV dari merek China dalam beberapa tahun terakhir bisa mengusik pasar dari Honda CR-V. Sebab harga yang ditawarkan oleh SUV China seperti Wuling Almaz cukup terjangkau dengan desain dan fitur yang cukup lengkap. 

Namun bila ditelisik lebih jauh, tetap saja harga tidak bisa bohong. Honda CR-V yang harganya sudah tembus Rp 500 jutaan punya banyak hal yang tidak dimiliki Wuling Almaz. 

Honda CR-V 2021 punya fitur keselamatan canggih, Honda Sensing dan pastinya mempertahankan mesin yang lebih bertenaga. Hadirnya Honda CR-V tahun depan diharapkan memberi pilihan menarik untuk SUV medium kelas atas. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil