window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga

Yongki Sanjaya · 30 Jul, 2022 12:00

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 01

Peluncuran New Wuling Cortez beberapa waktu lalu  membuktikan kalau MPV besutan merek asal China ini semakin canggih. Penampilan eksterior tak banyak perubahan, namun pada interior dan fiturnya bertambah signifikan. Upgrade ini membuat Cortez lebih prestisius sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2018.  

Bahkan bila melihat range harga yang ditawarkan, New Wuling Cortez ini sepadan dengan low MPV namun dengan dimensi dan kelengkapan MPV medium. Aspek futuristik yang hadir dalam New Cortez Adapun upgrade pada New Cortez yaitu mendapatkan tambahan fitur canggih berupa Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND). 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Wuling New Cortez Dipakai Mamah Muda Buat Antar Jemput Buah Hati Sekolah? Kenapa Enggak?!

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer?

Harga Spesial Wuling New Cortez Terus Berlanjut Sampai Akhir Juni, DP Cuma Rp40 Juta!

Dalam review unit yang kami lakukan beberapa waktu lalu, Cortez ini menjadi paket komplit untuk sebuah mobil keluarga. Kabin luas, fitur lengkap, dan performa cukup, dipadu dengan ayunan suspensi yang empuk. Untuk perjalanan jarak jauh tentunya membuat pengemudi dan penumpang tak lekas lelah dan dimanjakan dengan fitur yang ada. 

Lantas apa saja hal menarik dari Wuling Cortez yang membuat kami merekomendasikan mobil ini sebagai MPV yang disukai oleh seluruh anggota keluarga? Berikut ini ulasannya. 

Wuling Cortez, Desain Bersahaja dengan Dimensi yang Serba Bisa

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 01

Desain New Wuling Cortez secara keseluruhan tak banyak berubah dari versi sebelumnya. Pada bagian eksterior, perubahan paling kentara ada dari penggunaan logo Wuling Silver baru yang merupakan logo global Wuling terbaru. Selanjutnya, desain velg berukuran 16 inci kini berubah dengan desain palang yang lebih tegas dan tetap dengan sentuhan warna dual tone.  

Desain eksterior New Cortez ini tampil kalem dan bersahaja. Namun bicara dimensinya, menunjukkan kalau mobil ini jadi serba bisa. Untuk ukuran PxLxT yaitu 4.780 x 1.816 x 1.755 mm, dengan wheelbase 2.750 mm. Ground clearance setinggi 170 mm cukup aman ketika melintasi kondisi jalanan Indonesia yang kadang bertemu lubang atau gundukan aspal. 

Punya Teknologi Voice Command dan IOV, New Wuling Cortez Lebih Futuristik 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 02

New Cortez juga diaplikasikan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan IoV Technology yang lebih dulu hadir di Almaz. Teknologi WIND memberi kemudahan menjalankan beberapa fitur yang ada hanya dengan menggunakan perintah suara. 

Selanjutnya ada IoV Technology, yaitu teknologi yang dapat menghubungkan mobil dengan pemiliknya melalui internet. Kita bisa menjalankan berbagai fitur canggih  dengan konektivitas dari smartphone untuk menjalankan IoV (Internet of Vehicle). 

Untuk pengoperasian sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone pengguna atau melalui head unit. Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses beberapa fitur IoV seperti melihat kapasitas bahan bakar dan perkiraan jarak tempuh berdasarkan volume bahan bakar yang tersisa. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 03

Lebih lanjut, fitur ini secara fungsional menjadikan telepon pintar pengguna sebagai vehicle remote control yang dapat digunakan untuk mengendalikan beberapa fitur kendaraan dari jauh. Pengguna dapat mengunci dan membuka kunci pintu mobil, memanaskan mesin, membuka dan menutup jendela, hingga menyalakan pendingin udara. 

Selain itu, pengguna juga bisa melacak posisi kendaraan melalui fitur vehicle positioning yang sangat berguna jika pengguna lupa posisi kendaraan saat diparkir di lokasi umum. Sebagai salah satu fitur keamanan, fitur geo fencing akan memberikan peringatan apabila kendaraan bergerak keluar dari batas tersebut.

Kabin Luas dengan Captain Seat dan Meja Lipat, Wuling Cortez Manjakan Keluarga Saat Perjalanan Jauh

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 04

Bicara soal kenyamanan, New Wuling Cortez telah memakai konfigurasi kursi Captain Seat dengan tambahan meja lipat di sandaran kursi depan. Fitur ini menurut kami sangat memanjakan penumpang di baris kedua. misalnya untuk ibu yang membawa balita, bisa digunakan untuk meja makan saat dalam perjalanan. 

Salah satu keuntungan memiliki mobil dengan konfigurasi jok captain seat yang pertama adalah membuat suasana ruangan kabin terasa lega. Mobil dengan konfigurasi jok captain seat di baris kedua terdapat jarak di bagian tengah kursi. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 05

Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para penumpang terutama anak-anak yang mudah mengakses ke kursi belakang di baris ketiga. Ruang kaki dan ruang kepala bagi penumpang di baris kedua tetap lapang. Setiap baris sudah dilengkapi headrest yang menyangga kepala sepanjang perjalanan. 

Lebih lanjut, Cortez juga mengusung berbagai fitur kekinian yang memanjakan pengguna. Untuk akses informasi pengemudi dapat memantau layar Multi Information Display (MID) berukuran 7 inci. Sementara itu untuk akses multimedia, terdapat Head Unit 10.25 inci layar sentuh yang mendukung format Wireless Mirrorlink, USB with Fast Charging, Bluetooth, Navigation, Internet Connectivity, dan Vehicle Settings. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan di Wuling Cortez Cukup Lengkap 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 06

Dari segi keselamatan berkendara, mobil ini telah dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake- force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA), Electric Parking Brake (EPB), Automatic Vehicle Holding (AVH), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), front & Rear Parking sensor, ISOFIX & Child Safety Lock.

Tidak sampai disitu, mobil ini juga dilengkapi Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Dual SRS Airbag (Front & Side), Emergency Stop Signal (ESS), TCS (Traction Control System), Anti-theft alarm, seat belt reminder, faitgure driving warning dan rem cakram di seluruh rodanya. 

Mesin dengan Sokongan Turbo, Tenaganya Jadi Perkasa

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 07

Mengenai performanya, New Wuling Cortez menggunakan jantung pacu 1.5L turbo 4 silinder segaris DOHC, turbocharged DVVT Euro4 berkapasitas 1.451 cc dengan teknologi Turbocharger by Honeywell. Untuk tenaga yang dihasilkan sendiri mencapai 142 PS @5.200 rpm dan torsi 250 Nm 1.600-3.600 rpm.

Tarikannya juga halus, karena memakai transmisi CVT sehingga minim hentakan. Namun demikian, tenaga dan larinya juga cukup oke karena mesin yang sudah dibekali turbo. 

Layanan Aftersales Wuling Semakin Luas dan Mudah Dijangkau

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 08

Saat ini, jumlah dealer Wuling yang tersebar di seluruh Indonesia telah mencapai hingga 100 dealer yang mencakup  area Indonesia. Konsep pelayanan 3S (sales, service, spare part) juga diaplikasikan di setiap dealer Wuling. Melalui banyaknya jaringan dealer, Wuling berharap dapat menjangkau pelanggan lebih luas, sehingga konsumen dapat lebih mudah dalam membeli ataupun melakukan perawatan mobil Wuling. 

Brand Image dan Resale Value Wuling Cortez, Harga Jualnya Cukup Tinggi

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: New Wuling Cortez, MPV Lega Kesukaan Semua Anggota Keluarga 09

Sebagai merek China, brand Wuling tak bisa dianggap enteng karena menciptakan model-model yang punya value for money. Sepanjang 2021, penjualan dealer ke konsumen atau retail Wuling naik 151,2 persen secara tahunan menjadi 23.920 unit. Dengan capaian itu, Wuling menduduki posisi ke-8 sebagai merek terlaris di Indonesia.

Bicara soal resale value mobil Wuling, kini semakin baik seiring meluasnya jaringan dealer resmi Wuling di berbagai kota. Sebagai gambaran, Wuling Cortez keluaran 2021 harga bekasnya berkisar antara Rp179-245 juta di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Bila dibandingkan dengan harga barunya saat itu, Wuling Cortez tipe 1.5T Lux+ dijual seharga Rp290 juta. Untuk tipe tersebut harga bekas termurahnya mulai dari Rp225 juta. Artinya depresiasi tertingginya berkisar Rp65 juta atau 22,4% dalam setahun pemakaian. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Cortez CE 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil