window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer?

Yongki Sanjaya · 19 Jul, 2022 10:00

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 01

Sosok Hyundai Stargazer menjadi buah bibir di jagat otomotif selama beberapa waktu terakhir. Wajar saja, MPV terbaru pabrikan berlogo H miring ini hadir dengan harga kompetitif dengan fitur yang cukup komplit. Bahkan untuk Stargazer Prime dengan fitur captain seat harganya cuma beda Rp3,5 juta lebih bahal dari Wuling Cortez EX.

Sebagai informasi, Hyundai Stargazer Prime tipe standar dijual di harga Rp307.100.000,- on the road Jakarta dan tambah Rp1,5 juta untuk opsi fitur captain seat. Sementara itu untuk New Cortez EX sebagai tipe tertinggi dilabeli harga Rp311.650.000. Selisihnya cuma Rp3 jutaan dari kedua model tadi, yang sama-sama memakai fitur captain seat.

Dengan selisih harga segitu tipis, apakah Hyundai Stargazer Prime punya fitur dan kelengkapan yang lebih baik daripada Cortez EX atau sebaliknya? Mari kita bandingkan kedua model tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

New Wuling Cortez EX, MPV Keluarga yang Fiturnya Komplit Minus ADAS

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 01

Sebagai sebuah MPV medium, Cortez EX sukses menarik perhatian karena harganya yang relatif murah dengan fitur melimpah. Bahkan di range Rp300 jutaan, Cortez EX sudah memiliki fitur captain seat dan sunroof yang membuatnya lebih prestisius. Lebih lanjut, fitur led headlamp, LED rearlamp sampai dengan roof rail tetap hadir di Cortez ini.

Hal menarik dari MPV besutan Wuling Motors ialah sisi interiornya yang kaya fitur kenyamanan. Wuling Cortez terbaru ini tetap dilengkapi comfortable tilt steering, exquisite atmosphere lamp, digital AC control, one push button, convenient electric front seat adjuster, auto up/down windows dengan anti pinch pada keempat jendelanya, auto door lock by speed, audio & Bluetooth steering switch.

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 02

Kali ini, New Cortez mengaplikasikan Sophisticated 10.25” Display yang mendukung  Wireless Mirrolink, USB dengan Fast Charging, Internet Connectivity dan built-in apps, Bluetooth, Navigation sampai dengan Vehicle setting. 

Vehicle setting dapat mengatur 5 fungsi, mulai dari pengaturan jendela, pengaturan lampu kendaraan seperti follow me home sampai indoor light delay time, kemudian penguncian pintu, lalu fungsi wiper sampai dengan pelipatan kaca spion.

Fitur Keselamatan Wuling Cortez EX, Belum Mendukung ADAS

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 03

Sebagai sebuah MPV medium, New Cortez tipe EX punya fitur keselamatan yang relatif banyak. Hanya saja, Wuling Motors belum menyertakan fitur ADAS atau fitur keselamatan aktif apapun. 

MPV Wuling ini didukung fitur keselamatan modern yang dapat diandalkan. Sebut saja kamera parkir, sensor parkir depan belakang, seat belt reminder, Auto Vehicle Holding, Electric Parking Brake, Electric Stability Control, rem cakram depan belakang, Hill Hold Control, 4 buah airbag di depan dan samping, fatigue driving warning, ABS, EBD, BA, Emergency Stop Signal, Tire Pressure Monitoring System dan banyak lagi.

Performa Wuling Cortez EX, Jumawa dengan Turbo

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 04

New Cortez berasal dari powerful 1.5 liter turbocharged engine yang berkompetensi mengeluarkan tenaga hingga 140 HP dan torsi 250 NM. Tenaga dihantarkan oleh CVT yang smooth serta responsif dengan 4 mode pilihan berkendara yaitu normal, eco, sport dengan 8-speed manual simulation.

Hyundai Stargazer Prime IVT, Low MPV Paket Komplit dengan ADAS

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 05

Stargazer dirancang dengan konsep desain kendaraan keluarga sesuai karakter orang Indonesia. Hal ini tentunya menuntut kepraktisan dan kenyamanan maksimal bagi seluruh anggota keluarga. Untuk memenuhi aspek tersebut, Stargazer dipadukan dengan berbagai fitur teknologi dan keselamatan terkini.

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan di Hyundai Stargazer, Jadi Nilai Jual Utama

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 06

Stargazer juga memiliki teknologi Hyundai Bluelink, yang memberikan akses penuh kepada pemilik untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi terkini kendaraan dari ponsel pemilik mobil. Fitur yang bisa dioperasikan melalui ponsel diantaranya menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, juga untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 07

Untuk fitur kenyamanannya didukung 8 inch touch display with Bluetooth and smartphone connectivity, remote control, steering wheel audio and Bluetooth tilt and telescopic steering, ambient mood lightning, 6 speaker, 4,2 inch LCD cluster, TPMS, rear view monitor, smart keyless entry, 6 airbags, ABS.

Untuk fitur keselamatan aktif, Hyundai Stargazer Prime tersedia fitur sebagai berikut:

  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)

Performa Mesin Hyundai Stargazer, Terbesar di Low MPV

Sama-sama Pakai Captain Seat, Kenapa Wuling Cortez EX Bisa Lebih Mahal Rp3 Jutaan Daripada Hyundai Stargazer? 08

Hal lain yang membuat Stargazer bakal menyita perhatian masyarakat ialah soal performa yang dimiliki. Ini karena mesin 1.5L MPI berkubikasi 1,497 cc 16-valve HLA mampu menghasilkan tenaga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi 144 Nm/4.500 Nm. Tipe teratas Stargazer ini hanya tersedia dalam opsi transmisi otomatis IVT. 

Kesimpulan

Dengan selisih harga begitu tipis, masyarakat dihadapkan pada dua model yang menarik. Masing-masing model punya kelebihan dan keunikan tersendiri yang bisa jadi pertimbangan sebelum membelinya.

Bagi kamu yang begitu peduli soal isu keselamatan, maka Hyundai Stargazer jadi pilihan ideal. Interiornya juga tak kalah premium karena mendapat opsi captain seat. Kelemahannya sebatas tak memiliki sunroof seperti Cortez sehingga kemewahannya terasa kurang lengkap.

Namun bila kamu agak cuek soal aspek keselamatan aktif, tapi mencari MPV yang komplit dari sisi kenyamanan maka Cortez memberi jawaban yang tepat. Layanan purna jual pun keduanya kini cukup mudah dijangkau dan tersebar luas.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil