window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing!

Yongki Sanjaya · 13 Jan, 2023 10:30

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing! 01

Sejak kemunculan Honda WR-V di penghujung 2022 lalu, masyarakat semakin punya banyak pilihan mobil di segmen small SUV. Tak harus beli Honda WR-V 2023, kalian yang budgetnya terbatas dapat memilih Rocky 1.0 R ASA bila membutuhkan fitur ADAS. Bila dibandingkan, Daihatsu jauh lebih ekonomis dari sisi harga untuk varian yang memiliki fitur keselamatan aktif.

Baca juga: 

Test Drive Honda WR-V 2023: Lebih Menarik daripada Raize?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pakai Mesin BR-V, Harga Honda WR-V 2023 Lebih Menarik dari Rivalnya?

Honda WR-V 2023 Akhirnya Resmi Dirilis, Ini Daftar Tipe dan Harganya

Sebagai perbandingan, Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone SC dijual seharga Rp 273.600.000. Sementara itu, Honda WR-V Tipe RS CVT with Honda SENSING dijual dengan harga Rp. 309.900.000. Artinya, Daihatsu Rocky harganya bisa lebih murah hingga Rp36,3 juta.

Dengan selisih harga segitu, apakah Rocky bisa mengimbangi WR-V dari segi kelengkapan fitur? Nah buat kalian yang butuh mobil palugada, mari kita bandingkan dua model tersebut.

Daihatsu Rocky 1.0 R ASA, Fitur Jempolan dengan Harga Ekonomis

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing! 01

Bicara tampilannya Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA tampil kalem tanpa aksen krom yang berlebihan. Tipe ini bisa kita kenali dengan kombinasi dua warna, dengan grill heksagonal berkelir hitam glossy. Pada eksteriornya, mobil ini telah menggunakan lampu utama LED dengan Illuminating headlamp, daytime running light (DRL). Selain itu pada bumpernya juga telah tersematkan foglamp yang dapat meningkatkan visibilitas dalam berkendara.  

Penampilan  Rocky 1.0 R TC CVT ASA terlihat sporty berkat penggunaan velg alloy 17 inci berkelir two-tone yang diselimuti ban berprofil 205/60R17. Tipe ini juga terasa lebih aerodinamis berkat adanya spoiler serta shark fin antenna. Bagaimana dengan kelengkapan di interior?

Dari segi fitur, Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA telah dilengkapi layar MID 7 inch TFT dengan display yang dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Untuk sistem hiburannya, Rocky tipe ini dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung konektivitas Apple Carplay & Android Auto.

mobil ini telah dilengkapi tombol start/stop engine yang disematkan tepat di samping tombol pengaturan AC digital dengan climate control.

Fitur Keselamatan di Daihatsu Rocky, Seberapa Lengkap?

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing! 02

Bicara fitur keselamatan, varian teratas Rocky memiliki rem cakram model ventilated disc brake pada bagian depan, serta trailing drum brake pada bagian belakangnya yang dilengkapi dengan ABS + EBD. Selain itu juga terdapat 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Lebih lanjut,  fitur keamanan di mobil ini telah mendapatkan Immobilizer, Alarm, Keyless dan Start Stop Button.

Tak cukup sampai di situ, Rocky juga didukung  A.S.A (Advanced Safety Assist) pada Rocky 1.0 R TC CVT ASA meliputi; Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Harga Jauh Lebih Mahal, Fitur di Honda WR-V 2023 Apakah Lebih Canggih?

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing! 03

Sebagai pendatang baru, Honda WR-V 2023 jadi salah satu opsi yang value for money di segmen small SUV. Sebab, mobil ini sudah memiliki fitur yang canggih berikut ADAS berupa Honda Sensing. Sama seperti Daihatsu Rocky, WR-V juga memakai atap dengan kelir hitam supaya memiliki kesan dual tone.

TPada sisi eksterior, Honda WR-V didukung lampu utama LED dengan tambahan DRL. Adapaun mobil ini juga dilengkapi lampu sein Sequential yang terlihat modern dan membuat tampilan depannya terlihat menarik. Sementara itu dibelakangnya menggunakan LED bars pada stoplampnya bergaya L shape.

Varian termahal ini mendapat fitur Auto Headlight berupa lampu utama yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah. Auto headlight juga bekerja saat kondisi kunci mobil terbuka dan dan mati beberapa saat setelah mobil terkunci. Canggihya, mobil ini WR-V RS juga memiliki fitur auto wiper.

Interior Honda WR-V, Salam Satu Dashboard

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing! 04

Interior Honda WR-V juga tak kalah menarik, karena desain jok bagian depannya dibuat cekung semi bucket yang terasa pas di pinggul dan punggung. Pada sisi pengemudi, dilengkapi layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. 

Dari segi hiburan, pabrikan melengkapinya dengan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone. Mobil ini juga dilengkapi dengan digital auto AC yang membuat kabin lekas dingin saat kita hidupkan pertama kali. Namun bila kalian perhatikan, dashboard di WR-V ini sama persis dengan yang digunakan pada BR-V.

Honda Sensing Melengkapi Fitur Keselamatan di Honda WR-V 2023

Rp30 Juta Lebih Murah, Fitur Daihatsu Rocky 1.0 R ASA Bisa Imbangi Honda WR-V 2023 with Honda Sensing! 05

Honda WR-V punya fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini sudah mendapatkan ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt dan Parking Sensor di bagian belakang mobil.

Dari segi keamanan, mobil ini turut dibekali Smart Key, Remote Engine Start, Keyless Entry, Auto Lock System by Speed, Immobilizer, dan Alarm System. WR-V memiliki kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal 130 derajat, atau tampilan belakang lebar 180 derajat saat tuas transmisi dalam posisi mundur.

Lebih detil, Honda WR-V RS with Honda Sensing mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING. Fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).

Kesimpulan

Melihat fitur yang ditawarkan, Honda WR-V masih lebih oke ketimbang Rocky untuk fitur ADAS yang dimiliki. Rocky tak memiliki Adaptive Cruise Control (ACC). Tak cuma itu, Daihatsu Rocky juga kalah jumlah airbag sehingga perlindungannya tak seoptimal WR-V.

Meskipun demikian, kekurangan tadi mungkin sepadan dengan harganya yang jauh lebih murah. Bila kalian mencari mobil dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap tapi tak melimpah, maka Rocky jadi opsi ideal. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda WR-V 1.5L E 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil