window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential?

Yongki Sanjaya · 3 Agu, 2023 14:30

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 01

Semenjak hadir generasi ketiga, Toyota Avanza kembali menjadi low MPV terlaris di Indonesia. Melihat harganya, Toyota Avanza G jadi low MPV 'termurah' bila dibandingkan model lainnya. Bila dibandingkan dengan model lain sesama Low MPV, maka Avanza ini kelasnya setara tipe menengah. 

Untuk varian CVT, harga yang ditawarkan oleh Toyota Avanza G sama seperti Hyundai Stargazer Essential AT, yaitu Rp272.500.000. Tentu dengan harga yang sama, masyarakat bisa leluasa memilih mana model yang lebih royal soal fitur maupun unggul secara spesifikasi.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap

Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda

Selisih Rp20 Jutaan, Bedanya Hyundai Stargazer Active 2023 dengan Trend Cuma Sedikit

Lantas mana yang paling proporsional di range harga tersebut mengacu kelengkapan fitur yang ditawarkan? Berikut ini ulasannya.

Toyota Avanza G CVT, Fitur Berkendara Lebih Variatif

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 01

Untuk saat ini, PT Toyota Astra Motor hanya menawarkan Avanza tipe G sebagai model reguler mereka. Pada varian matic, Avanza G memakai generasi ketiga kini memakai CVT.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar: 1.730 mm, tinggi: 1.700 mm, wheelbase 2.750 mm, dan ground clearance: 205 mm.

Pada sisi eksterior, Avanza G CVT didukung lampu depan dan belakang LED dilengkapi foglamp halogen. Kelengkapan lainnya terdapat High Mount Stop Lamp dan electric mirror dengan auto retract.

Fitur di Interior Toyota Avanza G CVT, Jadi 'Basic' di Low MPV

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 02

Masuk ke dalam kabin, kita disuguhi interior dengan desain dashboard baru berwarna hitam yang dipadukan dengan aksen karbon dan silver. Sementara untuk joknya menggunakan bahan fabric dengan kelir warna hitam atau abu-abu gelap.

Toyota Avanza 1.5 G dilengkapi tombol Start/Stop engine dengan tambahan lampu yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap. Bicara fitur keselamatan, Avanza generasi ketiga sudah ada Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assits (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assits (HSA), serta Dual SRS Airbags.

Toyota Avanza 1.5 G, pengaturan AC di mobil tersebut sudah digital memakai tombol. Mobil ini juga telah memiliki fitur Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang memudahkan penggunanya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir. Pada ruang kemudi telah didukung layar instrumen 4,2 inci dengan TFT MID.

Dukungan multimedia memakai head unit layar sentuh floating berukuran 9-inci tanpa konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Alunan suara dari head unit dilantunkan melalui speaker 6-titik.

Performa Tidak Istimewa

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 03

Toyota Avanza 1.5 G CVT mengadopsi mesin bensin berkode 2NR-VE dengan spesifikasi 4-silinder segaris 16-katup DOHC dual VVT-i berkubikasi 1.496cc. Mesin itu menyajikan tenaga 105 dk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.200 rpm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Hyundai Stargazer Essential, Dijejali Banyak Fitur Baru

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 04

Dengan harga yang sama persis, Hyundai coba memikat konsumen dengan fitur yang tak kalah menarik pada Stargazer Essential. Tipe Essential penampilannya ini sama seperti tipe Style dan Prime yang menggunakan lampu model LED Multi Focus Reflector (MFR) dengan DRL. 

Masuk ke dalam kabin,  Stargazer Essential mendapat dashboard baru dan pada sisi pengemudi telah dilengkapi Supervision Color TFT LCD Cluster 4,2 inci. Ruang kemudi telah memiliki fitur Telescopic Steering yang memungkinkan pengguna mengatur posisi setir.

Multimedia dalam kabin didukung head unit Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta dukungan Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay.

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 05

Stargazer juga  memiliki lebih dari 20 tempat penyimpanan dan volume interior besar dengan kapasitas bagasi 200L di belakang baris ketiga dan 585L di belakang baris kedua (dalam kondisi baris ketiga dilipat).

Fitur Keselamatan Makin Oke

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 06

Stargazer Essential mendapat upgrade kelengkapan fitur keselamatan, mulai dari  Hill-Start Assist Control (HAC) di varian transmisi IVT, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Terdapat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk membantu memantau kondisi angin pada ban mobil yang bisa dipantau melalui menu MID. 

Stargazer Essential tipe IVT sudah dilengkapi fitur Remote Start untuk menyalakan mobil dari jauh. Bahkan, kuncinya bisa digunakan untuk membuka kaca jendela.

Spesifikasi Mesin Lebih Bertenaga

Harga Sama, Fitur Toyota Avanza G CVT Mampu Ungguli Hyundai Stargazer Essential? 07

Hyundai Stargazer Essential dibekali mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 115 Ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sampai 143,8Nm pada 4.500rpm. Pada tipe ini tersedia opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Lebih lanjut, Hyundai Stargazer Essential IVT memiliki 4 pilihan Drive Mode seperti pada tipe Style dan Prime yang memberikan pengemudi keleluasaan dalam memilih respon mesin sesuai karakter berkendara.

Kesimpulan

Dengan harga yang sama, Toyota Avanza G sedikit lebih unggul soal fitur kenyamanan berkendara bila dibandingkan Stargazer Essential. Namun bila bicara soal performa, maka jagoan baru dari negeri ginseng tersebut boleh jumawa.

Tenaga Stargazer Essential ini paling besar sehingga memberi sensasi berkendara yang lebih powerful. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil