Sebelum Era 2JZ, Kembaran Corolla DX Seharga Rp400 Jutaan Ini Pakai Mesin Terbuas Toyota

Yongki Sanjaya · 25 Mei, 2021 18:00

Sebelum Era 2JZ, Kembaran Corolla DX Seharga Rp400 Jutaan Ini Pakai Mesin Terbuas Toyota 01

Siapa bilang Toyota Corolla DX cuma bisa tampil ganteng ala retro atau didandani ala Japanese Domestic Market? Toyota Motor Corporation saat itu pun mempersiapkan generasi keempat keluarga Corolla ini juga sebagai mobil sport. Jadi sebelum era mesin 2JZ yang fenomenal, Toyota Corolla dengan kode TE71 hadir sebagai mobil sport yang melegenda.

Corolla E7 diproduksi dari tahun 1979 sampai 1987 muncul dalam berbagai tipe mesin berdasarkan region pasar. Ada JDM, EDM, USDM, AUSDM dan lain-lain. Nah untuk Indonesia ini kebagian yang versi sederhana, dengan mesin 4K 1.290cc. Mesin ini berukuran relatif kecil, cukup ekonomis baik perawatan dan konsumsi BBM-nya serta lumayan bertenaga saat itu. 

Padahal di luar sana, Corolla adalah sosok sedan serba bisa karena banyak sekali varian yang tersedia. Corolla hadir dalam wujud sedan biasa, sedan sport, varian 2 pintu, atau station wagon juga ada. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bila melirik pasar negara maju seperti Amerika Serikat, Toyota menyiapkan beberapa mesin gahar seperti 2T-GEU & 3T-GEU yang telah memakai sistem injeksi. Nah untuk Corolla versi sport ini dinamai sebagai Corolla GT. 

Toyota Corolla TE71 aka Corolla GT, Versi 'Balap' Corolla DX

Sebelum Era 2JZ, Kembaran Corolla DX Seharga Rp400 Jutaan Ini Pakai Mesin Terbuas Toyota 01

Bila Corolla DX memakai kode body KE70 maka versi GT ini mengusung kode TE71. Nah, apa bedanya? Jawabannya sederhana, awalan kode sasis menunjukkan mesin dan gaya bodi yang dimilikinya.

Untuk varian GT termasuk langka, karena ditenagai oleh mesin 1,6 liter, 2T-GEU yang menghasilkan tenaga 115 PS dan 142 Nm, mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.

Sebelum Era 2JZ, Kembaran Corolla DX Seharga Rp400 Jutaan Ini Pakai Mesin Terbuas Toyota 02

KE70 yang lebih kami kenal hadir dengan mesin 4K dengan kapasitas 1.290 cc (pembulatan 1,3 liter). Tenaga yang dihasilkan 72 PS dan torsi 105 Nm. Lumayan jauh selisih tenaganya dengan 2T-GEU yang mencapai sekitar 1,5 kali lipat mesin 4K versi Indonesia. 

Kondisi Mulus, Harga Corolla GT Semakin Maknyus

Sebelum Era 2JZ, Kembaran Corolla DX Seharga Rp400 Jutaan Ini Pakai Mesin Terbuas Toyota 03

Selain teknis, keindahan mobil ini berasal dari style kotak-kotak layaknya mutiara terpendam. Mobil ini ditemukan oleh JDM Auction Watch yang berbasis di Irlandia.  Membicarakan kondisinya maka Corolla GT ini menurut JDM Auction dalam kondisi mint alias mulus dalam banyak hal. 

Body luar tetap mulus tanpa ada bekas luka atau goresan. Interiornya juga cukup bersih dan original, terlihat seperti ketika baru membelinya 40 tahun yang lalu

Sebelum Era 2JZ, Kembaran Corolla DX Seharga Rp400 Jutaan Ini Pakai Mesin Terbuas Toyota 04

Ruang mesin juga bersih dan dapat sedikit pemolesan supaya mengkilap. Dengan begini, mesinnya menjanjikan banyak part yang masih layak pakai. Menurut taksiran juru lelang, Corolla GT ini hanya mencatat kira-kira 51.000 km sejak baru.

Dengan kondisi yang cukup baik, mobil ini akan terjual dengan harga yang diminta sebesar EUR 23.500 atau sekira Rp412 jutaan. Kalau dibandingkan dengan Corolla Altis cuma selisih sedikit, karena Corolla Altis dijual Rp482 juta. Beda Rp60 juta untuk sebuah Corolla GT ikonik dengan versi terbaru.

Dengan kondisi mulus minim masalah, Corolla GT ini lebih menarik dipelihara daripada Altis baru menurut kami. Kapan lagi punya mobil klasik dengan performa mantap seperti Toyota Corolla GT ini?! 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Corolla Altis G AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru