Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport

Enda · 31 Agu, 2021 20:00

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 01

Perbedaan Mitsubishi Xpander Ultimate dengan Sport

Pesaing terdekat Avanza dan Ertiga, Mitsubishi Xpander hadir di Tanah Air pada 2017 sebagai mobil keluarga dengan harga terjangkau yang bermain di segmen Low MPV. Sebagai tipe teratasnya, Mitsubishi Xpander Ultimate saat ini ditawarkan Rp278,9 juta. Sedangkan varian lain yang tepat berada dibawahnya, Xpander Sport dipatok Rp275 juta.

Melihat harga baru yang ditawarkan, antara Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport memiliki selisih harga mencapai Rp3,9 jutaan. Dengan selisih harga yang dimiliki, apa saja sih perbedaan antara Xpander Ultimate dengan Sport? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 7 Faktor Kenyamanan Terbaik di Mitsubishi Xpander 2021, MPV Impian Keluarga Indonesia

1. Tampilan Luar Mitsubishi Xpander Ultimate Terkesan Lebih Mewah

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 02

Tampilan luar Mitsubishi Xpander Ultimate

Jika dilihat secara sekilas, baik Xpander Ultimate maupun Xpander Sport terlihat sama. Mobil ini memiliki grill depan dengan bentuk dynamic shield yang dilapisi krom sebagai ciri khasnya. Lampu utama berteknologi LED daripada mobil ini diletakan pada kedua ujung bumpernya yang dibuat berotot. Varian Ultimate dan Sporty juga sama-sama mendapatkan fog lamp yang ditempelkan di ujung bumper depannya tersebut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bergeser ke bagian samping, kalian baru bisa menemukan perbedaan di antara keduanya. Dimana Xpander Ultimate dilengkapi dengan cover spion serta handle pintu berbahan dasar krom. Berbeda dengan Xpander Sport, tipe ini baik cover spion dan handle pintunya senada dengan warna body.

Menengok bagian buritan, baik Xpander Ultimate maupun Xpander Sport memang terkesan sama. Sebagai identitasnya untuk menunjukan varian tertentu hanya dengan melihat emblem di bagian kanannya.

2. Interior Mitsubishi Xpander Ultimate dengan Xpander Sport Berbeda

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 01

Perbedaan tampilan interior Mitsubishi Xpander Ultimate dengan Sport

Nuansa interior pada varian Ultimate dominan dengan warna yang cerah, yakni beige dikombinasikan warna hitam pada beberapa sisi di dashboard dan doortrimnya. Selain itu dibeberapa bagiannya juga terdapat aksen kayu atau wood panel yang menyuguhkan kesan mewan dan elegan.

Begitupun pada joknya, tipe teratas Mitsubishi Xpander ini juga diabur dengan warna beige yang cerah.  

Berbeda dengan Xpander Ultimate, bagian interior Xpander Sport didominasi dengan warna hitam yang terkesan begitu sporty. Seperti yang bisa dilihat, warna hitam mendominasi bagian dashboard, jok serta door trimnya. Meski demikian, pada beberapa bagiannya tersebut diberi sentuhan wara silver guna menampilkan kesan yang dinamis.

3. Kualitas Suara Keduanya Berbeda

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 02

Fitur hiburan Mitsubishi Xpander Ultimate

Selanjutnya adalah fitur hiburan. Baik Xpander Ultimate maupun Sport kini sama-sama dibenamkan Head unit touchscreen yang dapat diatur menggunakan fitur Hands free function pada lingkar kemudinya. Bedanya, tipe Ultimate mendapatkan 6-speaker yang dapat menghasilkan kualitas suara dengan lebih baik.

4. Xpander Ultimate Sudah Mendapatkan Cruise Control

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 03

Mitsubishi Xpander Ultimate mendapatkan Cruise Control

Bicara fitur keselamatan, baik Xpander Ultimate ataupun varian sport mendapatkan fitur keselamatan berupa ABS + EBD, Brake Assist (BA), Dual SRS Airbags, 3P ELR seatbelt pretensioner x2 with force limiter and seatbelt reminder buzzer, ISO-FIX Child Seat Anchor x 2 for 2nd Row Seat, Active Stability & Traction Control (ASC + TCL), Hill Start Assist (HSA) dan Parking Sensor + Rear View Camera.

Bedanya, varian Ultimate memperoleh tambahan fitur Cruise Control dengan tombol pengaturan yang diletakan di sebelah kanan setir.

Jika Cruise Control diaktifkan maka kendaraan akan melaju dengan kecepatan stabil minimal 40 km per jam tanpa harus menginjak pedal gas sehingga pengemudi bisa mengistirahatkan kaki sejenak. Untuk menonaktifkan fitur ini, pengemudi cukup menginjak pedal rem.

5. Keduanya Memiliki 16 Kompartemen Penyimpanan

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 04

Mitsubishi Xpander punya 16 kompartemen penyimpanan

Mitsubishi Xpander terbukti sangat ingin memanjakan konsumennya. Hal ini terlihat dari adanya 16 buah kompartemen sebagai tempat untuk menyimpan atau menaruh barang.

Konsol tersebut diantaranya glove box di bagian depan, instrument panel side pocket, coin box pada sisi pengemudi, instrument panel tray di atas glove box, instrument lower tray, cup holder depan, front door pocket, front console box, rear door pocket, seat back pocket yang multifungsi, smartpohone holder, serta bottle holder di jok paling belakang.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Vs Daihatsu Xenia, Mana yang Paling Bagus Harga Bekasnya di Kelas LMPV?

6. Xpander Ultimate dan Sport Mendapatkan Fitur Tilt dan Telescopic

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 05

Fitur Tilt dan Telescopic Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport

Bagi setiap pengemudi yang mengemudikan mobil ini bisa dipastikan tidak mudah merasa lelah ketika berkendara di waktu yang lama.

Mengingat, LMPV andalan Mistubishi ini sudah dilengkapi fitur tilt dan telescopic yang bisa diatur tingkat ketinggiannya dan jarak lingkar kemudinya.

7. Memiliki Banyak Port USB untuk Pingisian Daya Smartphone

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 06

Mitsubishi Xpander punya banyak port USB untuk mengisi daya pada smartphone 

Mitsubishi tak ketinggalan ide dalam memberikan kenyamanan ekstra terhadap setiap pengguna Mitsubishi Xpander. Seiring meningkatnya penggunaan gawai di Tanah Air, Mitsubishi kemudian menyematkan power outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga.

Setiap penumpang dan pengemudi sangat dipersilahkan untuk mengisi daya pada gawai. Dengan begitu, penggunaan alat komunikasi ini dapat terus berlanjut.

8. Xpander Ultimate dan Xpander Sport Dibenamkan Mesin dan Transmisi Otomatis

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport 07

Mitsubishi Xpander dibenamkan mesin 1.500 cc

Dibandrol lebih mahal Rp3,9 juta dari varian Sport, keduanya sama-sama dibenamkan mesin 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve berkapasitas 1.499 cc yang dapat memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm serta torsi 141 Nm @4.000 rpm.

Ditanamkan dengan struktur transverse (melintang) sebagai ciri khas mobil penggerak roda depan, keduanya dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan yang mana dianggap memiliki tarikan cukup spontan dan irit bahan bakar.

Kesimpulan

Dengan selisih harga mencapai Rp3,9 juta, antara Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport memiliki perbedaan pada aksen krom di cover pintu dan handle pintunya untuk bagian eksteriornya. Melihat sisi interiornya, keduanya juga terlihat berbeda.

Dimana Ultimate mendapat sentuhan dua warna, yaitu beige dan hitam serta adanya aksen wood panel. Sedangkan tipe Sport didominasi dengan warna yang hitam yang memiliki kelebihan yaitu mudah dibersihkan ketika terkena noda.

Melihat fitur yang dimiliki, varian Ultimate juga berhasil memperoleh Cruise Control dimana memberikan kemudahan pada pengemudi tanpa harus menekan pedal gas untuk membuatnya dapat berjalan.

Apabila kalian berencana meminang Mitsubishi Xpander dalam waktu dekat dengan mengincar fitur lengkap, tampilan mewah dan berkelas, kami sarankan untuk memilih Ultimate yang merupakan varian teratasnya. Berbeda jika kalian ingin sedikit berhemat serta memperoleh Xpander dengan nuansa sporty, Xpander Sport bisa menjadi pilihan yang bijak.

Baca juga: Berkendara di Perkotaan, Apakah Mitsubishi Xpander Cross 2021 Lebih Stabil dibanding Toyota Rush 2021?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru