Beda Rp20 Jutaan, Mana yang Fiturnya Paling Komplit Antara Mazda CX-5 GT 2021 Vs Honda CR-V 2021?

Enda · 10 Mar, 2021 16:00

Mazda CX-5 GT 2021 Vs Honda CR-V 2021 

Bicara mengenai kendaraan yang bermain di segmen Medium SUV premium, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) baru saja meluncurkan varian teranyar dari Mazda CX-5 GT 2021. Pada pertengahan Februari lalu, PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda, juga memperkenalkan varian terbaru dari lini SUVnya yaitu Honda CR-V 2021.

Mengusung konsep “Advancing Greatness”, New Honda CR-V tidak hanya menampilkan desain yang semakin premium. Diketahui, HPM juga menyematkan beberapa fitur pendukung guna memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Melihat pesaingnya, CX-5 GT juga bekesempatan mendapat sedikit penyegaran dan tambahan fitur unggulan. CX-5 terlihat lebih atraktif dan menyuguhkan rasa aman dan nyaman kepada setiap penggunannya.

Penasaran ingin mengetahui lebih dekat perbandingan antara Mazda CX-5 GT 2021 dengan Honda CR-V 2021? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Meluncur Januari-Februari 2021

Tampilan Mazda CX-5 GT 2021 Lebih Atraktif?

Mazda CX-5 GT 2021 

New Mazda CX-5 GT hadir dengan bentuk wajah meruncing yang lebih sporty, mewariskan tampilan generasi pra facelift yang diluncurkan terakhir kali pada penghujung 2019. Tetap menganut gaya desain KODO-Soul of Motion yang dianutnya. Tampilan samping serta buritan menampilkan garis-garis tegas yang merupakan Implementasi dari KODO desain, gabungan dari elemen kecepatan, kekuatan dan pesona.

Medium SUV tulang punggung Mazda ini juga mendapat velg roda dengan desain baru premium dan tegas berukuran 19 inci. Tidak hanya itu, SUV medium terbaru Mazda ini juga mendapatkan LED Projector Headlamp dengan lampu adiptif, LED interior lamp, New Key fob design dan font CX-5 terbaru sebagai identitasnya saat ini.

Untuk membuka serta menutup pintu bagasi, Mazda CX-5 juga dilengkapi fitur Power Lift Gate yang mana pintu bagasi dapat terbuka dan tertutup secara elektrik.

Honda CR-V 2021

Pesaing terdekat CX-5 saat ini, Honda CR-V facelift bisa dibilang mendapat ubahan yang tidak terlalu banyak. Diantaranya, New Front Bumper Design dengan tambahan list krom memanjang serta New Black Front Grille. Tampilan depan New Honda CR-V juga ditandai dengan New Sequential LED Turning Signal.

Dibelakangnya, SUV kebanggaan Honda ini juga mendapat New Rear Bumper lebih berotot, New Rear Smoked Tail Light, Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design serta velg berukuran 18 inci dengan desain baru yang terlihat kekar.

Tidak ingin ketinggalan seperti CX-5 terbaru, Honda CR-V 2021 juga berhasil dibenamkan fitur Hand-Free Access Power Tailgate, yang mana pengguna bisa dengan mudah membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang dan menutupnya hanya dengan menekan tombol di bagian bawah pintu.

Hand-Free Access Power Tailgate di New Honda CR-V 2021

Selain itu, Honda CR-V facelift juga berhasil disematkan Rain Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan. SUV terbaru buatan Honda ini juga dilengkapi dengan New Remote Engine Start yang dapat memudahkan pengguna untuk menyalakan mesin dan AC, hanya dengan menekan tombol pintar pada remote kunci sebelum masuk ke dalam mobil.

Honda CR-V 2021 Lebih Proper Soal Dimensi?

Melihat spesifikasi ukuran, CR-V terbaru terlihat lebih proper dibandingkan dengan varian anyar CX-5 GT. Berikut perbandingan dimensinya:

Perbandingan Dimensi
Keterangan Mazda CX-5 GT 2021 Honda CR-V 2021
Panjang 4.550 mm 4.584 mm
Lebar 1.840 mm 1.855 mm
Tinggi 1.680 mm 1.679 mm

New Mazda CX-5 GT Dibenamkan Fitur Unggulan Lebih Komplit

Interior Mazda CX-5 GT 2021 

Seperti diinformasikan, New Mazda CX-5 GT mendapatkan paddle shift di balik lingkar kemudi, smartphone integration seperti Wireless Apple Carplay dan Andoid Auto, Head Unit 8-inch Mazda Connect, serta terdapat Active Driving Display (head-up display) yang dapat menyampaikan informasi kecepatan dan lainnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V 2021

Sebagai SUV premium, Mazda CX-5 GT kini memiliki fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), layar information meter cluster (speedometer) lebih besar dari sebelumnya yang kini menjadi 7 inci dan BOSE dengan 10 speaker premium sound system yang dapat memberikan kualitas suara unggul. SUV ini juga mendapatkan model kunci terbaru dari Mazda yang disebut “7-G Models Key-fob”.

New 7” Touchscreen Display Audio Honda CR-V 2021 facelift

Membahas fitur unggulan yang dimiliki pesaingnya, CR-V facelift berhasil disematkan dengan New 7” Touchscreen Display Audio yang telah dilengkapi berbagai fungsi seperti AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Selain itu, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

SUV kebanggan Honda ini juga mendapatkan layar TFT Meter baru berkuruan 5 inci yang dapat memberikan informasi mengenai tingkat kecepatan, jarak, waktu tempuh dan lainnya.

CR-V Terbaru Mendapat Fitur Keselamatan Honda SENSING

G-Vectoring Control Plus

Sebagai SUV premium, tak heran bila Mazda CX-5 GT dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap. Diantaranya: Anti Lock Breaking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) guna memberikan daya pengereman terbaik untuk menghindari tabrakan dengan objek yang ada di depan.

Tidak ketinggalan juga Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Driver Attention Alert (DAA), Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS), sensor parkir depan dan belakang, kamera belakang, kamera 360 derajat yang tersambung dengan layar, dan terakhir Auto-hold menahan tekanan rem saat pengemudi berhenti dan bersiap kembali melakukan perjalanan.

Fitur keselamatan pintar berupa G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) berhasil disematkan pada SUV ini guna memberi kestabilan selama kendaraan melakukan handling. GVC Plus ini diketahui merupakan bagian dari teknologi SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS milik Mazda yang juga dapat menjaga kendali mobil saat melakukan perpindahan lajur di kecepatan tinggi dan menjaga posisi kendaraan agar tetap stabil saat melintas di jalan yang licin.

Demi memberikan perlindungan lebih terhadap pengemudi dan penumpang di dalam kabin, mobil Mazda CX-5 turut dibekali fitur keselamatan pasif berupa Isofix, High-mount Stop Lamp, Side-impact Door Beams, serta struktur body yang sudah menggunakan SkyActiv-Body.

Honda SENSING

Honda CR-V mendapatkan penyegaran pada 2017, pada facelift 2021, CR-V varian teratas yaitu CR-V 1.5L Prestige Turbo sudah menganut teknologi Honda SENSING.

Fitur yang tergabung di Honda SENSING ini antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Selain Honda SENSING, Honda CR-V 2021 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tertinggi, seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Soal informasi keselamatan, Honda juga menanamkan Driver Attention Monitor yang bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun. Apabila roda kemudi cenderung miring ke kiri atau ke kanan secara terus menerus, yang menandakan faktor kelelahan mengemudi maka peringatan di monitor akan muncul untuk meminta pengemudi segera menepikan kendaraannya.

Baca juga: Pilih Mitsubishi Pajero Sport 2021 Atau Honda CR-V 2021

Teknologi Terbaru di Mesin Mazda CX-5 GT 2021 Bagaimana Tenaganya?

Cylinder deactivation Mazda CX-5 GT 2021

Mazda CX-5 GT 2021 yang baru saja diluncurkan mendapatkan teknologi terbaru serta tenaga lebih besar. Sedangkan Honda CR-V 2021 tetap mengandalkan mesin lamanya.

Secara kubikasi, CX-5 GT mempunyai kapasitas mesin lebih besar, yakni 2.488 cc. Sedangkan CR-V mendapat jantung pacu lebih kecil, yaitu silinder 1.498 cc yang didorong dengan turbo.

Berikut perbandingan jantung mekanis keduanya:

Perbandingan Spesifikasi Mesin
Keterangan Mazda CX-5 GT 2021 Honda CR-V 2021
Mesin 2.5L In-line, 4-cylinder DOHC 16 valve Turbocharged 1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection
Kapasitas 2.488 cc 1.498 cc
Tenaga 194 PS @6.000 Rpm 190PS @5.600 Rpm
Torsi 258 Nm @4.000 Rpm 240Nm @2.000 - 5.000 Rpm
Transmisi Otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-Percepatan CVT

Diketahui bahwa generasi anyar CX-5 GT kini mendapatkan mode cylinder deactivation. Teknologi canggih ini memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Mode ini bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin, sehingga mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar yang dihasilkan ketika fitur ini aktif mencapai angka 5-15 persen. Tidak ketinggalan fitur i-Stop yang bertugas untuk menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti.

Harga Honda CR-V 2021 Ditawarkan Lebih Mahal dari mazda CX-5 GT 2021

Membandingkan harga terbaru dari keduanya, diketahui New CR-V dibandrol lebih mahal dari CX-5 GT. Berikut harga dari masing-masing model:

Perbandingan Harga Baru
Keterangan Mazda CX-5 GT 2021 Honda CR-V 2021
Harga OTR Jakarta Rp555.800.000 Rp577.000.000

Kesimpulan

Sebagai Medium SUV berpenampilan premium, Mazda CX-5 GT 2021 dan Honda CR-V 2021 sama-sama mendapatkan fitur unggulan dan keselamatan yang terbilang mumpuni. Mengenai bentuk, CX-5 dianggap lebih agresif serta futuristik.

Bicara soal jantung pacu, CX-5 GT mempunyai tenaga lebih besar serta teknologi baru yang dinamai cylinder deactivation sehingga mampu menghemat penggunaan BBM. Namun perlu kalian ketahui, SUV premium Mazda ini hanya menawarkan konfigurasi 5-seater, tidak seperti CR-V yang dapat menampung hingga 7 penumpang didalamnya.

Menyoal harga barunya saat ini, diketahui bahwa Honda CR-V 2021 ditawarkan lebih mahal dari Mazda CX-5 GT 2021 berdasarkan dari situs resmi keduanya. Jika kalian membutuhkan medium SUV dengan kapasitas muat penumpang lebih banyak, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada trim teratas SUV Honda ini, yaitu CR-V 1.5L Prestige Turbo sebagai mobil keluarga. 

 

Komentar