window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia

Prasetyo · 6 Des, 2021 10:03

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 01

Honda CR-V Black Edition 2022 sebelumnya pernah kami beritakan muncul perdana di Thailand pada Agustus 2021. Ternyata SUV berpenampilan serba hitam ini melenggang di Malaysia tepatnya 28 Oktober 2021. Itu berarti besar kemungkinan Honda CR-V Black edition juga akan singgah di Tanah Air.

Meski menggunakan basis bodi serupa dan penampilan yang identik, ternyata antara CR-V edisi terbatas ini di Thailand dan Malaysia memiliki sedikit perbedaan spesifikasi. Begitu pula prediksi kami jika mobil ini pun bakal diberi sentuhan berbeda ala PT Honda Prospect Motor (HPM) manakala diperkenalkan di Indonesia.

Eksterior Honda CR-V Black Edition Nyaris Seluruhnya Hitam

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 02

Honda CR-V Black Edition di Malaysia

Sesuai namanya, CR-V edisi ini menawarkan penampilan serba hitam. Bahkan pada sisi eksteriornya, nyaris tak ada warna lain. Hanya beberapa detil kecil yang dibubuhkan aksen silver atau chrome. Yaitu hanya pada aksen di bemper depan, logo "H" dibagian gril, emblem-emblem di bagasi belakang, serta logo H pula pada velg.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 01

Ada emblem Black Edition di bagasi belakang

Sisanya, semua dilebur warna hitam solid. Bahkan yang tadinya pakai nuansa krom, diganti dengan dark chrome atau black gloss. Oh ya, basis mobil ini adalah CR-V facelift tipe tertinggi yang juga kini masih dijual di Indonesia sebagai CR-V Prestige.

Baca juga : Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia?

Interior Honda CR-V Black Edition juga Serba Hitam

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 02

Interior CR-V Black Edition

Sama seperti bagian luar, kabin CR-V Black Edition pun penuh warna gelap. Bahkan corak kayu yang disematkan pada dasbor serta konsol tengah pun diganti Black Wood Grain sehingga nuansanya serba hitam. 

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 03

 Ada logo Black Edition di jok depan

Lantas pelapis jok, trim pintu, sampai plafon, semua kini pakai kulit hitam. Khusus untuk jok baris depan, pada sandaran punggung ditambahkan logo BLACK EDITION sebagai identitasnya.

Fitur lain yang sudah ada di CR-V tipe tertinggi tetap dipertahankan, seperti AC Dual Zone, wireless charger, headunit dengan Apple CarPlay dan Android Auto, serta Panoramic Sunroof.

Tetap Pakai Fitur Honda Sensing

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 04

Honda Sensing di CR-V

Karena menggunakan basic tipe tertinggi dari Honda CR-V 2021, maka edisi hitam ini juga sudah memiliki fitur Honda Sensing. Sehingga beberapa fitur keselamatan seperti Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lane Keep Assist, Road Departure Mitigation dan Lane Departure Alarm tetap ada.

Selain itu fitur lain seperti Honda LaneWatch, Remote Engine Start, dan Power Tailgate untuk membuka pintu bagasi cukup dengan sensor kaki pun sudah ada.

Baca juga : Lebih Keren dari Honda SENSING, Honda Global Kenalkan Fitur Deteksi Motor Ugal-Ugalan

Beda Unit di Thailand dan Malaysia

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 05

CR-V Black Edition di Thailand

Seperti yang kami singgung sebelumnya, meski pakai nama sama ternyata Honda CR-V Black Edition 2022 yang ada di Thailand dan Malaysia ternyata memiliki perbedaan spesifikasi. Utamanya soal mesin yang terpasang.

Pada unit di Thailand, Black Edition terpasang mesin 2.4L 4 silinder bertenaga 173 PS di 6.200 rpm dengan torsi puncak 224 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 9 percepatan shift by wire.

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 06

Di Malaysia pakai velg R18

Sementara itu untuk yang di Malaysia ternyata Black Edition terpasang pada Honda CR-V 1.5L Turbo. Artinya unit tersebut menggunakan mesin 1.5 liter VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 193 PS dengan torsi makismum 243 Nm.

Kemudian kalau diperhatikan secara detil, ternyata secara estetika pun ada perbedaan antara unit di kedua negara tersebut. Sebab di Thailand, CR-V Black Edition ini pakai velg 17 inci dengan motif 5 spoke yang cukup unik. Sedangkan di Malaysia pakai velg ring 18 juga dengan model 5 spoke tapi berbeda dibanding unit di Thailand.

Honda CR-V Black Edition Masuk Indonesia Tahun Depan

Sudah Muncul di Negara Tetangga, Honda CR-V Black Edition 2022 Selanjutnya ke Indonesia 07

Masuk Indonesia tahun depan

Keberadaan di kedua negara tetangga itu mengindikasikan target pasar selanjutnya bagi CR-V Black Edition adalah Indonesia. Dikutip dari laman Instagram @indra_fathan kalau HPM juga sudah menyiapkan model ini tahun depan.

Untuk unit yang dipakai menggunakan basis CR-V Prestige bermesin 1.5L VTEC Turbo. Dan edisi hitam ini kan menjadi edisi flagship dari CR-V yang lebih mahal dibanding tipe Prestige. 

Kalau Harga Honda CR-V Turbo Prestige di Indonesia Rp550 jutaan, maka rasanya dengan perbedaan material serba hitam, edisi Black ini akan dipatok di harga Rp600 jutaan. Apalagi kalau melihat banderol CR-V Black Edition di Thailand yang pakai mesin 2.4L juga di angka Rp630 jutaan. Sementara unit yang ada di Malaysia harganya malah Rp555 jutaan.

Baca juga : Desain Jauh Lebih Atraktif, Honda CR-V 2023 Juga Dapat Mesin Hybrid

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil