Tak Sabar Untuk Meminang Toyota Rush 2021? Intip Dulu Deretan Fitur-fiturnya Ini!

Anissa · 1 Feb 2021 13:00

Toyota Rush 2021 facelift diluncurkan di Filipina belum lama ini. Toyota Motor Philippines memperkenalkan penyegaran Toyota Rush ini secara resmi untuk pasar lokalnya. Dilihat dari tampilan luarnya, memang Toyota Rush ini tidak memiliki banyak ubahan yang berarti. Tetapi kabarnya, ubahan yang cukup signifikan bisa dilihat dari bagian kabinnya.

Toyota Rush 2021, khususnya untuk varian E di Filipina, kini mendapat jok tambahan di baris ketiga. Dengan adanya jok tambahan ini, semua varian Toyota Rush memiliki tiga baris jok dan bisa menampung hingga tujuh orang penumpang di dalamnya. Selain itu, kabarnya ada juga beberapa fitur tambahan yang disematkan pada Toyota Rush 2021 ini. Penasaran fitur apa saja yang baru dari mobil ini? Langsung saja disimak informasinya berikut ini!

Fitur Toyota Rush 2021

Kabarnya, pihak Toyota akan menambahkan beberapa fitur pada Toyota Rush 2021, sebut saja seperti fitur rearview camera untuk varian E. Selain itu, ada juga fitur keselamatan standar untuk semua varian, seperti 6 buah airbags, sistem pengereman ABS, dan Vehicle Stability Control.

Sebagai perbandingan, mari kita lihat fitur-fitur yang dimiliki oleh Toyota Rush saat ini. Untuk fitur hiburan dan komunikasinya, Toyota Rush mengandalkan head unit touch screen berukuran 7 inci yang bisa digunakan untuk memutar DVD dan AVX yang lengkap dengan internet dan multitasking support.

Sementara itu, untuk menjamin kenyamanan para pengemudi dan penumpang, beberapa fitur penunjang juga disematkan, dan salah satunya adalah AC. AC pada Toyota Rush ini sudah menggunakan format Digital Display sehingga lebih modern. Selain itu, mobil ini juga memiliki power outlet sehingga penumpang tidak perlu khawatir ketika ponselnya kehabisan daya.

Setirnya pun sudah menggunakan pengaturan posisi Tilt sehingga lebih fleksibel. Tidak hanya itu, setir Toyota Rush ini juga memiliki tombol multifungsi untuk melakukan pengaturan yang terdapat pada head unitnya, serta lengkap dengan fitur power steering sehingga handling menjadi lebih mudah. Untuk memudahkan pengemudi, Toyota Rush ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Engine Start/Stop Button dan Smart Keyless Entry.

Beralih ke fitur keselamatannya, Toyota Rush ini bisa dibilang memiliki fitur keselamatan yang cukup mumpuni. Sebagai fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System, Brake Assist, serta Electronic Brake Distribution.

Kemudian, untuk mempermudah proses parkir, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sensor parkir belakang dan rearview camera. Bukan itu saja, untuk menjaga kestabilan mobil saat berkendara, maupun menjaga posisi mobil ketika berada di tanjakan dan turunan, Toyota Rush ini juga dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Control System serta Uphill and Downhill Assist Control.

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya sendiri, Toyota Rush ini dibekali dengan sabuk pengaman dan 6 buah SRS Airbags. Demi menjamin keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini pun dibekali dengan fitur Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX. Sebagai pengaman tambahan, mobil ini juga memiliki Engine Immobilizer.

Sejarah Singkat Toyota Rush

Toyota Rush merupakan produk mobil SUV yang tercipta sebagai hasil kerjasama Toyota dengan Daihatsu, kembar dengan Daihatsu Terios.

Setelah diluncurkan, mobil ini sukses menjadi salah satu model mobil SUV kompak yang cukup diminati di Tanah Air. Toyota Rush sendiri pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2006 silam, tidak lama setelah perilisan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Pada awal kehadirannya, Toyota Rush mungkin terlihat sama dengan Daihatsu Terios, tetapi ternyata kedua mobil ini memiliki beberapa perbedaan. Daihatsu Terios dibuat dalam konfigurasi 7-seater sementara Toyota Rush dibuat dalam konfigurasi 5-seater. Kehadiran Toyota Rush di Indonesia ternyata berhasil mendongkrak angka penjualan mobil SUV Toyota dari 3.000 unit per tahun menjadi 30.000 unit per tahun.

Tiga tahun setelah debutnya di Indonesia, tepatnya pada tahun 2009, Toyota Rush dan Daihatsu Terios kembali mendapatkan facelift dari Toyota dan Daihatsu. Ketika itu, ubahan yang dilakukan pada mobil ini hanya meliputi bagian eksterior, seperti ubahan pada bagian grille dengan garis melintang di tengah logo, lampu kabut atau fog lamp, serta adanya penambahan bumper guard di bagian depan dan belakang.

Kemudian pada tahun 2010, tepatnya pada bulan Oktober, Toyota Rush kembali mendapatkan facelift minor. Pada saat itu, Toyota Rush menghadirkan varian baru, yakni Toyota Rush G dengan pilihan transmisi otomatis. Selain itu, beberapa ubahan pada bagian bodi pun dilakukan, misalnya saja kisi-kisi grille yang menjadi lebih padat, penggantian lampu belakang, dan bumper dengan motif yang baru. Pada model barunya ini, Toyota Rush juga mendapatkan tambahan roof rail dan ban yang lebih lebar untuk menambah kesan agresif.

Toyota Rush kemudian baru menawarkan varian barunya pada tahun 2013. Pada saat itu, varian baru yang ditawarkan adalah Toyota Rush TRD Sportivo. Jika dilihat dari segi desain, sebenarnya Toyota Rush TRD Sportivo ini masih sama, tetapi varian yang satu ini mendapatkan berbagai peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Salah satunya adalah pada bagian eksterior, dimana varian ini mengalami ubahan spoiler serta desain bumper depan dan belakang.

Kemudian pada tahun 2015, Toyota Rush kembali mendapatkan ubahan yang dinilai lebih modern. Ubahan yang dilakukan terletak pada bagian grille, bumper, serta penggunaan lampu LED untuk bagian depan dan belakang. Selain itu, desain velg-nya pun mengalami perubahan menjadi Alloy Wheel Polisher berukuran 16 inci sehingga tampak lebih sporty.

Pada tahun 2016, Toyota Rush kembali mendapatkan ubahan. Ubahan yang dilakukan terletak pada bagian konfigurasi mobil yang kini menerapkan konfigurasi 7 seater atau bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Selain itu, varian Toyota Rush TRD Sportivo juga ditingkatkan menjadi Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo. Varian terbaru ini sudah menggunakan suspensi depan dan belakang yang baru berupa New Shock Absorber dan Coil Spring Dual Rate khas TRD sehingga bisa memberikan kenyamanan lebih dan stabilitas lebih ketika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Generasi terbaru Toyota Rush pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017. Toyota Rush yang dirilis pada tahun 2017 ini berubah total dari segi desain, fitur, maupun mesinnya.

Mobil yang satu ini dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang baru, sebut saja Engine Start/Stop Button yang memungkinkan pengendara menyalakan mobil tanpa harus menggunakan anak kunci. Tidak hanya itu, mesin yang digunakan pada Toyota Rush yang satu ini juga baru, karena menggunakan mesin 2NR-VE, Dual VVT-i, berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 PS dan torsi sebesar 136 Nm.

Komentar

Mobil Terbaru