window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Ketahui Kelemahan Suzuki XL7, Grand Escudo, Sampai Toyota Innova Gen 1

Prasetyo · 8 Jan, 2024 11:01

top 5 artikel autofun

Memahami kelemahan sebuah mobiladalah hal yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya, terlebih untuk mobil bekas.

Mengingat usia pakai, kendaraan-kendaraan ini tentu mulai muncul berbagai "penyakit", apalagi kita tidak mengetahui bagaimana karakter berkendara dan perawatan yang dilakuakn pemilik sebelumnya.

Mungkin mobil tersebut masih punya sosok yang menarik, seperti Suzuki Grand Escudo yang tetap terlihat gagah hingga kini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Atau mobil bekas ini harganya sudha jauh lebih terjangkau dibanding saat pertama kali di luncurkan belasan tahun lalu, contohnya Toyota Kijang Innova generasi pertama.

Tapi perlu diingat, setiap buatan masnusia pasti akan kelemahannya, begitu pula mobil.

Nah, artikel-artikel yang terkait tentang kelemahan mobil bekas inilah yang tenryata menjadi Top 5 artikel yang banyak dibaca di Autofun selama sepekan terakhir.

Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini:

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Perbandingan Biaya Isi BBM Toyota Kijang Innova Venturer Bensin dan Diesel Sampai Varian Nissan Livina

1. Kelemahan Suzuki XL7 2023 yang Jarang Disadari, Apakah Itu?

kelemahan suuki xl7

XL7 berbasis Suzuki Ertiga

Selain kelebihan tentunya kelemahan Suzuki XL7 2023 juga layak untuk diperhitungkan terutama bagi Anda yang hendak membeli Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tersebut.

Kalau sedikit melihat kilas balik hadirnya XL7, LSUV 7-seater tangguh yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga itu pertama kali dilahirkan di India pada Agustus 2019.

XL7 merupakan versi crossover dari Suzuki Ertiga generasi kedua, namun di Negeri Bollywood tersebut, namanya Suzuki XL6, serta dijual melalui jaringan dealer ekslusif Maruti Suzuki NEXA.

Barulah pada Februari 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan XL7 versi kembaran dari XL6.

Tetapi sama seperti Ertiga, XL7 juga diproduksi di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, mulai Maret 2020.

Dengan harga under Rp300 juta, XL7 menjadi opsi realistis bagi masyarakat yang mencari low SUV nyaman, terjangkau, maskulin, tapi juga tak merepotkan soal perawatan. 

Meski begitu ada beberapa kelemahan Suzuki XL7 2023 yang membuatnya kurang totalitas di segmen Low SUV.

2. Memahami Arti dari Transmisi MT, AT, DCT, AMT dan CVT, Anda Pilih yang Mana?

transmisi mt at cvt

Tiap jenis transmisi punya cara kerja yang berbeda

Kalau Anda pembaca setia Autofun pasti pernah medengar istilah transmisi MT, AT, DCT, AMT dan CVT pada sebuah mobil yang diterapkan para produsen kendaraan tersebut.

Mungkin Anda juga sering membaca keterangan pada brosur mobil baru jika kendaraan itu pakai jenis transmisi MT, AT, DCT, AMT, dan CVT atau lainnya.

Misalnya ada Daihatsu Ayla yang menggunakan transmisi MT, kemudian Honda WR-V menggunakan transmisi CVT, lantas beberapa mobil Suzuki seperti Ignis ada varian yang pakai transmisi AMT.

Namun, kita jangan cuma familiar dengan transmisi tersebut, tapi juga harus memahami arti dari masing-masing transmisi ini, serta paham mengenai perbedaan masing-masing transmisi, misalnya antara MT dan CVT sesuai kebutuhan.

3. Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros dari Versi 2008, Apa Sebabnya?

toyota kijang innova gen 1

Innova gen 1 yang sudah alami facelift

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova bensin 2004 dan 2008 diklaim oleh sebagian besar pemiliknya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Padahal kedua model Kijang Innova ini menggunakan mesin bensin yang serupa yakni 2.000 cc berkode 1TR-FE 4 silinder 16 katup DOHC.

Seperti yang diketahui, Toyota Kijang Innova pertama kali muncul di kancah otomotif Tanah Air pada 1 September 2004.

Memiliki kode AN40, Toyota Kijang Innova generasi pertama ini memiliki life time yang cukup panjang, lantaran diproduksi hingga 2015.

Namun beberapa kali PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan facelift atau minor change, seperti di tahun 2008 ketika Innova diketahui mendapat sedikit upgrade pada tampilan serta teknologinya.

Khusus di bagian mesin juga diaplikasikan teknologi VVT-I alias Variable Valve Timing Intelligent, yang tugasnya mengatur kinerja cahmshaft untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mesin serta menaikkan standar emisi gas buang jadi EuroII.

Dengan adanya upgrade teknologi, membuat konsumsi BBM Toyota Kijang Innova bensin model facelift diyakini lebih efisien dibandingkan model sebelumnya.

4. Daftar 20 Mobil MPV Terlaris Saat Ini, Bukan Lagi Toyota Avanza

toyota avanza gen 3

Penjualan Avanza disalip Innova Zenix

Di tengah serangan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV yang semakin bermunculan, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap banyak dicari, seperti halnya Toyota Kijang Innova yang laku hingga 7.463 unit.

Ya, melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Kijang Innova Zenix terjual 5.354 unit dan Toyota Kijang Innova (Rebond masih dijual) tercatat 2.109 unit.

Tingginya penjualan Toyota Kijang Innova Zenix memang tak lepas dari pamor mobil tersebut yang dipercaya oleh konsumen di Indonesia.

Belum lagi, Toyota Kijang Innova Zenix juga dilengkapi varian dengan teknologi hybrid, sehingga performa mumpuni namun tetap irit dalam urusan bahan bakar. 

Adapun untuk Toyota Kijang Innova Reborn, mobil ini masih dipercaya tangguh dalam berbagai kondisi jalanan di Indonesia. 

Kondisi tersebut membuat posisi Toyota Avanza (Spesifikasi | Berita) sebagai Mobil Sejuta Umat yang selama ini menguasai segmen MPV, tergeser ke urutan kedua.

5. Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

suzuki grand escudo

Masih pakai ban cadangan model konde

Suzuki Grand Escudo merupakan SUV tangguh yang sempat menjadi salah satu pilihan favorit di pasar otomotif Indonesia, lantaran menggabungkan gaya elegan dengan performa yang handal.

Kendaraan ini hadir sebagai pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan keseimbangan antara kenyamanan berkendara dan kemampuan off-road.

Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Escudo, ada baiknya kita sedikit kilas balik terlebih dulu mobil yang tak lagi dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut.

Menurut catatan Wikipedia, Grand Escudo diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2001 yang sejatinya merupakan Suzuki Vitara generasi kedua di global yang hadir dalam bentuk mid-size SUV 4x2.

Nama Vitara berganti jadi Escudo bukan hanya di Indonesia, namun untuk pasar Jepang pun melakukan hal serupa.

Berbeda dengan model sebelumnya, generasi kedua ini hadir dengan tampilan yang lebih segar, bodi lebih lebar, sekaligus modern.

Hal ini terlihat dari tampilan luar dan dalamnya yang dibuat lebih membulat dan nyaman, terlebih adanya tambahan control panel yang semakin modern.

Meski demikian, aura kental SUV ladder framenya tidak hilang berkat adanya ban cadangan yang diletakan menggantung di pintu belakang serta ground clearance yang dibuat tinggi.

Sebagai pesaing utama Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Kia Sportage, sosok Grand Escudo sendiri mampu bertahan hingga 2006 sebelum digantikan oleh Suzuki Grand Vitara.

Perlu kalian ketahui, Suzuki Grand Escudo hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000 cc dan mesin bensin 1.600 cc yang dipasarkan mulai tahun 2003.

Walau harga bekasnya sudah mulai dari Rp50 jutaan, tapi perlu diketahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Escudo.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil