window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Berkat Benda ini Honda Beat lebih Unggul dari Honda PCX 160

Ary · 23 Agu, 2021 14:30

Dari sisi mesin, Honda Beat 2021 tentu saja tak bisa mengalahkan Honda PCX 160 2021. Dengan mesin 110 cc, performa skutik termurah Honda terpaut jauh dengan si pesaing Yamaha NMax. Tapi, ada satu hal yang membuat Honda Beat 2021 justru lebih unggul dari Honda PCX 160.  

Berkat benda bernama kick stater inilah keunggulan Honda Beat 2021 tersebut terlihat. Kendati sudah memasuki generasi kelima, perangkat yang umum disebut engkol nyatanya tetap disediakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Kick Starter Honda Beat

Ketika aki lemah, mesin Honda Beat tetap bisa dinyalaka dengan menggunakan kick starter.

Baca juga: Pentingnya Aki untuk Honda Beat, Begini Cara Merawatnya

Fungsi Kick Starter

Fungsi kick starter sendiri sama seperti starter electric yaitu untuk menyalakan mesin. Hanya saja, proses pada kick starter dilakukan dengan cara mengengkol tuas yang terletak di sebelah cover CVT. Penggunaan kick starter juga cukup berperan dalam mengefisiensi daya aki di awal. Dengan kata lain, cara ini bisa menghemat usia pakai aki Honda Beat 2021 Anda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Memang tak dapat dipungkiri, proses menghidupkan mesin dengan kick starter ini agak merepotkan. Pasalnya, aktivitas mengengkol tadi hanya bisa dilakukan dengan cara memposisikan Honda Beat dengan standar tengah. Jadi, alangkah baiknya kalau kick starter ini Anda pakai saat pertama kali menyalakan motor di pagi hari - kondisi aki dalam kondisi bagus. 

Indikator aki Honda PCX 160

Pemilik Honda PCX 160 harus rajin mengecek kondisi aki lewat indikator yang tersedia di panel meter.

Baca juga: Honda Beat dkk Mogok di Jalan? Main Dealer Honda ini Punya Layanan Spesial Loh!

Lalu bagaimana jika keadaan aki justru sebaliknya? Selama tak ada kendala teknis dalam artian hanya aki saja yang lemah, mesin Honda Beat 2021 tetap bisa menyala lewat cara mengengkol tadi.      

Hal inilah yang tidak dapat ditemui para pembeli Honda PCX 160 2021. Kendati sudah terdapat indikator aki di panel meter, saat tegangan aki berada di bawah 10 volt, starter electric sudah tidak dapat dipakai. Satu-satunya cara agar mesin Honda PCX 160 kembali hidup adalah mengisi ulang daya atau menggantinya dengan aki baru. 

Agar Awet, Kick Starter Honda Beat harus Tetap Digunakan

Walau unggul karena punya kick starter, bukan berarti pemilik Honda Beat jadi lupa menggunakannya. Tak jarang pemilik Honda Beat kesulitan karena engkol tersebut keras. Dan, Bukan tidak mungkin Komponen seperti per stopper, gir penghubung maupun gir primernya berkarat. 

Kick Starter Honda

Kick starter Honda Beat harus tetap digunakan agar komponen di dalamnya tidak rusak.

Baca juga: Heboh Honda Vario Tabrak Motor Polisi saat Sunmori, Ini Penyebabnya

Agar kembali normal, bongkar blok CVT lalu bersihkan bagian penghubung gir dengan kuas dan angin bertekanan tinggi. Setelah itu, oleskan grease pada per stopper dan alur gir supanya tetap licin. Perawatan ini dapat Anda lakukan setidaknya 6 bulan sekali atau setiap 8.000 km. Jangan lupa pula sembari diikuti dengan menggerakkan kick start ke bawah. 

Kesimpulan

Walau sudah memiliki electric starter, komponen pendukung semacam kick starter tak pernah hilang dari Honda Beat 2021. Pasalnya, keberadaan kick starter sangat membantu ketika aki motor dalam kondisi tidak ideal. Proses menyalakan mesin bisa tetap dilakukan, meski aki sudah lemah. Sementara pada Honda PCX 160 2021, hal tersebut tidak dapat dilakoni karena rival Yamaha NMax tersebut tidak memiliki kick starter. 

Namun, tetap saja kick starter Honda Beat 2021 ini juga harus dirawat secara berkala. Untuk menjaga keawetan dari setiap komponen yang terkait, kick starter mesti sering digunakan. Lantas, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan kick starter setidaknya 6 bulan sekali. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });