window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Malas Isi Bensin Honda Beat, Masalah ini bakal Menanti Anda!

Ary · 3 Agu, 2021 17:30

Perpanjangan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 4 hingga 9 Agustus 2021, masih membatasi mobilitas Anda bersama sepeda motor kesayangan. Dengan begitu, semakin lama lagi motor tersebut terparkir di rumah. Namun, bukan berarti Anda lantas membiarkan tangki bensinnya dalam keadaan kosong. 

Terlebih lagi jika tunggangan Anda ini, sudah menggunakan sistem injeksi. Pada Honda Beat 2021 misalnya. Selain injektor, motor dengan pengabutan bahan bakar injeksi ini dilengkapi komponen lain semisal fuel pump, throttle body, ECU (Electronic Cntrol Unit) serta sensor-sensor. 

Masalah Akibat Malas Isi Bensin Motor

Masalah pada Honda Beat juga muncul apabila Anda malas mengisi bensin. Foto: Istimewa.

Baca juga: Bukan cuma Harga, Ini Beda Honda Super Cub C125 2022 dan Versi lama

Dari kesemua perangkat itulah, asupan bensin dari tampungan (tangki bensin) ke ruang bakar dapat berlangsung secara elektronik. Sementara untuk bensin yang notabene disemprotkan oleh injektor, bakal mengalami proses pengabutan terlebih dulu sebelum masuk ke ruang bakar. Akan tetapi, debit bahan bakar yang dipasoknya tetap dikontrol oleh ECU atau Engine Control Modul (ECM) pada motor-motor Honda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Namun, perangkat-perangkat tersebut bisa saja rusak jika Anda malas mengisi atau bahkan membiarkan tangki bensin kosong dalam waktu lama. Pasalnya, tindakan tersebut bisa menjadi problem pada motor injeksi seperti Honda Beat 2021. Menukil dari Honda Bintang Motor, masalah biasanya akan terjadi pada bagian fuel pump.   

Disebutnya, tangki bensin yang sudah mencapai indikator minim, apalagi sampai kering bisa merusak fuel pump. Sebagaimana diketahui, Pompa bensin inilah yang bertugas menyedot bensin untuk dialirkan ke sistem injeksi motor lainnya. 

Masalah Ketika Malas Isi Bensin

Jangan pernah biarkan tangki bensin Honda Beat dalam keadaan kosong.

Baca juga: Panas Mesin nggak Wajar, Cek Kondisi 4 Bagian Motor ini

Sementara di sisi lain, adanya bensin di dalam tangki juga bertugas untuk memberikan pendinginan terhadap pompa bensin itu sendiri. Lantaran bensinnya kosong, maka kinerja pompa bensin pun menjadi berat (tidak ada pendinginan).  

Ciri-Ciri Fuel Pump Honda Beat Melemah

1. Mesin sulit menyala

Saat membiarkan tangki bensin kosong dan menjadi kebiasaan, indikasi masalah pada fuel pump terlihat saat Anda menyalakan mesin dengan starter electric. Saat fuel pump Honda Beat melemah atau rusak, aktivitas ini tidak dapat atau mesti dilakukan berkali-kali.

Sebaliknya. Jika pompa bensin dalam kondisi normal, mesin idealnya langsung menyala saat starter ditekan. Pasalnya, fuel pump akan memompa bensin ketika kontak Honda Beat dalam posisi ON.

2. Suara dengungan menjadi pelan

Saat kontak dalam posisi ON, umumnya muncul suara dengungan yang menandakan kinerja pompa bensin ketika memompa bensin. Namun, suara mendengung tadi bakal terdengar pelan apabila fuel pump Honda Beat Anda bermasalah. 

Pertanda Fuel Pump Honda Beat Rusak

Salah satu masalah pada sistem injeksi Honda Beat diketahui saat muncul MIL dengan kode kedipan 12.

Baca juga: Kenali 10 Kode Kerusakan Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

3. Indikator engine check menyala

Pertanda bahwa fuel pump rusak, juga dapat diketahui apabila indikator engine check di panel meter Honda Beat menyala dan berkedip dengan durasi tertentu. PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut hal ini merupakan MIL alias Malfunction Indicator Light). 

Lampu MIL ini sendiri terdiri dari dua model kedipan yaitu panjang dan pendek. Salah satu kerusakan pada sistem injeksi Honda Beat 2021 dapat diketahui apabila terdapat kedipan 12. Artinya, terdapat satu kali kedipan panjang dan diikuti dua kali kedipan pendek setelahnya.

Kedipan 12 tersebut menandakan adanya kerusakan pada sensor injektor Honda Beat Anda. Saat ini terjadi, mesin Honda Beat bahkan tidak dapat menyala. Dan, otomatis pula injektor, pompa bensin bahkan coil pengapiannya ikut mati.

Masalah Akibat Malas Isi Bensin

Injektor juga bisa rusak jika anda malas mengisi bensin. 

Baca juga: Pelihara Motor Usia 5 Tahun ke Atas, Masalah Intai Komponen Kelistrikan ini

Tangki Bensin Karat 

Selain menyebabkan kerusakan pada komponen motor, tangki bensin yang kosong juga dapat menimbulkan karat. Jika sudah demikian, tangki bensin menjadi rawan bocor. Apabila hal itu (malas isi bensin) sering dilakukan, karat tersebut bakal menumpuk dan mengotori bahan bakar serta berpotensi menyumbat fuel pump.Jika sudah begini, tangki bensin Honda Beat Anda harus dikuras.     

Untuk diketahui, fuel pump Honda Beat ini dibanderol lumayan mahal yaitu Rp500 ribuan (diluar jasa pasang). Uang yang Anda keluarkan bisa lebih apabila kerusakan juga terjadi pada bagian lain semisal injektor atau bahkan mengganti tangki bensin berkarat tadi.

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });