window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Hal Menarik dari Spesifikasi Honda Civic Estilo, Harga Bekasnya Bisa Setara Toyota Veloz Baru!

Prasetyo · 11 Des, 2023 19:04

harga dan spesifikasi honda civic estilo

Membahas mengenai harga dan spesifikasi Honda Civic Estilo memang selalu menarik, pasalnya mobil yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini terus saja diburu penggemarnya.

Ya, ngomongin harga dan spesifikasi Honda Civic Estilo mungkin Anda sudah sering mendengar dari orang lain.

Hatchback era 1990-an ini memang cukup unik dan kerap jadi buah bibir bagi para penggemar mobil lawas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Entah mengapa harga Honda Civic Estilo bekas masih tetap saja tinggi, padahal kalau melihat spesifikasi teknisnya tidak ada perangkat atau fitur yang istimewa dari versi hatchback Honda Civic Genio tersebut.

harga dan spesifikasi honda civic estilo

Honda Civic generasi kelima

Kalau sedikit mundur melihat sejarah Honda Civic Estilo, mobil berkode EG/EH ini masuk ke pasar otomotif Indonesia pada periode 1992-1995.

Cukup singkat untuk sebuah masa lifecycle mobil yang ada di Indonesia mengingat kala itu Estilo tidak banyak yang melirik lantaran konsumen malah memilih versi sedannya yaitu Genio.

Menurut beberapa sumber, Civic Estilo pada masanya ditinggalkan karena saat itu pasar Indonesia lagi menyukai mobil berjenis sedan empat pintu yang memiliki akses penumpang lebih mudah dibanding hatchback dua pintu.

Alhasil Honda hanya memproduksinya dalam jumlah singkat, dan merasa tak lagi menawarkan hatchback dua pintu di generasi berikutnya.

Baca juga: Pesaing Honda Civic dari Malaysia, Spesifikasi Proton S70 Bikin Geleng-geleng Kepala

7 Hal Menarik dari Spesifikasi Honda Civic Estilo, Harga Bekasnya Bisa Setara Toyota Veloz Baru! 02

Bahkan ada yang menyebut, jumlah populasi mobil yang masuk generasi kelima dari Honda Civic ini tidak lebih dari 500 unit di seluruh Indonesia.

Padahal pada Honda Civic generasi ketiga dan keempat, model hatchback-nya cukup diterima oleh masyarakat Indonesia dimana pada generasi ketiga dikenal dengan nama Civic Wonder atau Civic Setrika, dan generasi keempat dikenal dengan sebutan Civic Nouva.

Lantas apa yang menarik dari Honda Civic Estilo ini sehingga membuatnya jauh lebih tinggi harga bekasnya dibanding Civic Wonder atau Civic Nouva? Berikut kami beberkan beberap alasannya.

1. Desain yang Tak Lekang Oleh Zaman

harga dan spesifikasi honda civic estilo

Lekuk tubuhnya lelbulat namun tetap ramping

Salah satu keunggulan utama Honda Civic Estilo adalah desainnya yang memukau. 

Dengan garis-garis yang elegan dan proporsi yang seimbang, mobil ini menarik perhatian di setiap sudut tubuhnya. 

Bentuknya memang ada sedikit membulat namun dibuat tetap proporsional oleh Honda, sementara di bagian depan, ia menggunakan aksesn sudut yang cukup lanmcip di masanya.

Estilo dianggap sebagai hatchback dengan aura racing karena kesan sport pada dua pintu kanan dan kiri serta satu pintu bagasi di belakang. 

Kemudian, terdapat sebuah Spoiler berukuran minimalis yang menunjang aura sporty.

Bila dibandingkan dengan hatchback modern Honda lainnya seperti Jazz atau City hatchback, Estilo tidak kalah menawan dari sisi tampilan.

Baca juga: Rp200 Jutaan Untuk Gaya, Pilih Honda Civic Estilo 1994 Atau Honda Brio RS 2021?

2. Interior Tetap Terlihat Modern

honda civic estilo 1992 interior

Interiornya terlihat modern sejak dulu (Foto X.com)

Kalau melihat tahun kelahirannya, mobil ini sudah berusia lebih dari tiga dekade, namun Honda saat itu sudah mendesain ruang kabin yang nyaman dan tampak modern, bahkan tak luntur sampai kini.

Lekuk dasbor yang melandai tidak berlebihan dengan panel-panel plastik memang tetap mencirikan mobil era 90-an, namun material yang digunakan Honda ini tidak mudah pudar atau pecah-pecah seperti pada mobil-mobil Eropa.

Area kokpit juga masih cukup diterima sampai saat ini, setir palang tiga dengan panel meter analog yang mudah sekali terbaca, membuat siapa saja langsung bisa menguasai kemudi mobil ini.

Kursinya pun berbentuk ergonomis dengan bahan yang cukup empuk berbalut kain berkualitas, lekukan yang dirancang khusus pada kursinya membuat perasaan nyaman muncul dari sisi ini.

Keseluruhan desain interiornya yang modern dan fungsional terbukti menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Area kabin belakang juga masih disediakan dua bangku untuk penumpang dewasa, tetapi akses masuk dan keluar penumpang memang cukup repot karena harus menekuk jok pengemudi atau penumpang depan.

Tetapi Honda membiarkan desain jok penumpang belakang ini masih setara dengan baris depan, sehingga kenyamanan yang didapat juga masih ada.

3. Spesifikasi Mesin Honda Civic Estilo Bisa Jumawa di Arena Balap

mesin honda civic estilo

Mesinnya sudah bertenaga tapi mudah juga di modifikasi

Di Indonesia, Honda Civic Estilo hadir dengan mesin berkodekan D16 berkubikasi 1.590 cc, SOHC 16 Valve, PGM-FI non VTEC. 

Jantung pacu yang dibenamkan ini mampu memuntahkan tenaga hingga 122 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm di 5.500 rpm.

Salah satu kelebihan Honda Civic Estilo yang paling dicari adalah bobotnya yang ringan yaitu hanya di angka 970 kg.

Bayangkan sebuah mobil berukuran ringkas dengan berat tidak sampai satu ton namun punya tenaga 122 PS, maka sudah pasti performanya bisa diadu dengan mobil-mobil modern sekalipun.

Belum lagi keunggulan mesin D16 di Civic Estilo mudah sekali dioprek oleh sebagian pemilik mobil ini sehingga dalam kondisi pakai mesin standar saja, cukup upgrade sistem intake udara dan saluran gas buang, mobil sudah sangat mumpuni saat dimanfaatkan buat turun balapan.

Belum lagi Honda dikenal mudah untuk ganti-ganti mesin dengan mesin mobil Honda seri lainnya, sehingga jangan heran kalu Anda pernah menemukan Civic Estilo kondisi standar dari luar tapi sudah bermesin B20 atau malah Seri K.

Baca juga: 5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor

4. Pengendalian yang Menyenangkan

honda civic estilo bekas

Cocok juga jadi mobil harian

Honda Civic Estilo menggunakan suspensi jenis Double Wishbone di bagian depan dan belakangnya sehingga mampu memberikan pengendalian yang mumpuni meski tidak bisa juga dibilang terbaik.

Posisi duduk yang nyaman, visibilitas yang baik ke arah depan, samping maupun belakang, juga turut menambah kenikmatan berkendara hatchback yang satu ini.

Sistem pengeremannya pun sudah memakai disc brake di keempat rodanya, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan grip ketika melakukan manuver dan pengereman di kecepatan tinggi.

Buat bawa barang cukup banyak juga tak perlu khawatir, mengingat bagasi belakang mobil ini cukup menampung beberapa barang ukuran sedang.

Satu hal lagi yang membuat pemakaian Civic Estilo sehari-hari juga bukan jadi hal tabu, yakni dimensinya yang ringkas membuat dia cocok pula diokategorikan city car.

Karena mobil ini memiliki kemudahan untuk manuver di sela-sela kemacetan atau tidak pusing cari lahan parkir yang terbatas.

5. Fitur Cukup Mewah Dimasanya

honda civic estilo bekas

Bukaan bagasi belakangnya unik

Estilo memang bukan mobil yang high tech seperti halnya kendaraan-kendaraan elektrifikasi saat ini yang semua serba computer.

Tapi di tahun 1990-an, mobil Honda yang satu ini sudah dibekali fitur yang cukup lengkap, bahkan beberapa diantaranya tidak ada di kompetitor Estilo.

Antara lain keberadana power steering sehingga membuat pengemudi jadi lebih ringan saat memutar setir, lalu sudah ada central lock dan electric mirror untuk mengaturan sudut sipon luar dari sisi pengemudi.

Fasilitas hiburan di perjalananan juag sudah ada Radio dilengkapi tape kaset yang terhubung dengan beberapa speaker.

Kemudian untuk membuka bagasi belakang jug mekanisme buka tutupnya terpisah antara pintu dan jendela, sehingga terkesan futuristik di masanya, dan menjaid unik saat ini.

Baca juga: Viral Honda Civic Estilo Bekas Dijual Setara WR-V Baru, Masih Layak Dibeli?

6. Dimodifikasi Cakep, Tampil Original Lebih Istimewa

honda civic estilo modifikasi

Cukup modifikasi simple dengan part tuner ternama

Ini juga jadi salah satu kelebihan Honda Civic Estilo, untuk Anda yang gemar modifikasi, maka mobil ini kerap jadi "bahan" kreatifitas para modifikator andal, bukan cuma dari Indoensia tapi juga di seluruh dunia.

Kalau mau aplikasi komponen aftermarket, maka banyak sekali tuner yang menyediakan paket modifikasi plug and play untuk Civic Estilo, misalnya dari brand Spoon atau Mugen yang merupakan tuner khusus mobil-mboil Honda.

Sedangkan kalau mau modifikasi Honda Civic Estilo yang ekstrim, maka beberapa label aftermarket dunia juga menyediakan part untuk mobil ini, termasuk bodykit dari Rocket Bunny atau Liberty Walk.

Sementara jika Anda kurang menyukai modifikasi, maka membiarkan tampilan Civic Estilo tetap original juga menjadi sesuatu yang saat ini dikagumi.

Cukup lakukan restorasi total terhadap mobil tersebut untuk memberishkan permukaan bodinya dari komponen karat akibat termakan usia, lantas mengembalikan komponen serta bodypart OEM Honda keluaran Stanley sehingga mobil tersebut kembali tampil bak baru keluar dari dealer.

7. Harga Honda Civic Estilo Bisa Setara Toyota Veloz Baru

honda civic estilo

Pilih Civic Estilo atau mobil baru?

Dengan segala keunggulannya tadi, apabila mendapatkan unit yang istimewa, wajar jika harga dan spesifikasi Honda Civic Estilo bekas menjadi setara dengan mobil baru.

Di bursa mobil seken, pasaran harga Ciuvic Estilo bekas dengan kondisi sangat istimewa bisa tembus Rp 300 juta hingga Rp 350 jutaan.

Sementara untuk yang terhitung "bahan", harganya pun masih di atas Rp 150 jutaan, kecuali kondisinya sudha memprihatinkan tinggal bodi yang masih menyisa, maka bisa lebih murah dari itu.

Kalau dibandingkan dengan harga mobil baru, jika satu unit Civic Estilo bekas dihargai Rp 300 jutaan, maka setara dengan Honda WR-V RS atau Toyota Veloz Q.

Gimana, masih tertarik meminang Honda Civic Estilo?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil