Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1

BMW X1 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp850 jutaan ini memiliki berbagai kecanggihan dan teknologi terbaru BMW meskipun berada di jajaran terendah Seri-X. Mendapatkan facelift pada 2019 silam, berikut beberapa fitur keselamatan BMW X1 sDrive18i xLine 2020 terbaru.

Fitur keselamatan aktif BMW X1

BMW X1 menawarkan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan SUV lain di pasarnya. Tentu tak heran berbagai sistem penunjang keselamatan akan menemani pengemudi dan penumpang sepanjang perjalanan. Berikut fitur keselamatan aktif BMW X1 di Indonesia.

1. Anti-lock Braking System

Bisa dibilang sistem pengereman Anti-lock Braking System menjadi bagian dari sistem keselamatan standar bagi kendaraan baru di era modern ini. Sebagai pelengkap pengalaman berkendara, BMW turut membawa fitur ini pada SUV terkecilnya.

Fitur ini akan membantu pengemudi ketika berkendara di jalanan licin dan basah. ABS bekerja dengan melepaskan dan memompa rem pada roda mobil. Sensor pada setiap roda akan mendeteksi ketika roda berhenti bergerak dan menghindari terjadinya slip pada ban pada saat kehilangan traksi.

2. Automatic Stability Control (ASC)

Dikenal juga dengan nama Electronic Stability Control, sistem ini akan meningkatkan kestabilan ketika berkendara dengan mendeteksi ketika mobil mulai kehilangan traksi atau terjadi slip. Baik ketika mengerem atau berkendara di jalanan menanjak dan menurun.

3. Dynamic Stability Control (DSC)

Mobil produksi BMW sudah lama mendapatkan fitur ini. DBS merupakan inti dari sistem kontrol sasis pada kendaraan BMW. Kegunaannya untuk memastikan tingkat stabilitas tinggi ketika mengemudi dan memaksimalkan traksi semua roda ketika melaju atau berakselerasi.

4. Dynamic Brake Control (DBC)

Fitur ini merupakan sistem keselamatan aktif yang dikembangkan sendiri oleh BMW guna meningkatkan efektivitas rem selama pengereman darurat. Kendaraan dengan sistem DBC menggunakan sensor pendeteksi kecepatan dan menggunakan kekuatan rem yang sesuai untuk menghentikan kendaraan.

5. Dynamic Traction Control (DTC)

Fitur DTC memiliki dua peran utama: mengatur traksi dan memungkinkan pengemudian bergaya sporty sambil tetap mempertahankan kontrol stabilitas aktif. Ketika mobil mulai kehilangan traksi, sistem akan secara otomatis mengurangi output mesin sehingga membuat berkendara di jalanan bersalju atau licin lebih dinamis.

6. Pedestrian Warning

Untuk mengurangi potensi kecelakaan dengan pejalan kaki, Pedestrian Warning yang dimiliki oleh BMW X1 akan memperingatkan pengemudi ketika mobil berpotensi menabrak pejalan kaki dari semua arah. Jika perlu, sistem akan mengerem secara otomatis untuk menghindari terjadinya tabrakan.

7. Lane Departure Warning (LDW)

Salah satu fitur canggih yang akan membuat pengendara jarak jauh tak begitu melelahkan. Ketika diaktifkan, fitur ini akan mendeteksi ketika mobil keluar jalur, contohnya ketika pengemudi berkendara sambil mengantuk. Sistem akan peringatan berupa alarm atau getaran pada setir hingga melakukan pengereman.

8. Multi Collision Brake (MCB)

Sebenarnya fitur ini tak terlalu baru dan sudah digunakan sejak 2013. Fitur ini akan mengandalkan sensor pada kendaraan. Ketika sensor mendeteksi adanya potensi tabrakan dengan kendaraan di depan, maka fitur MCB akan mengerem secara otomatis untuk mengurangi tabrakan atau dampak benturan.

Fitur keselamatan pasif BMW X1

Tak hanya fitur keselamatan aktif, pengguna X1 turut dibantu oleh jajaran fitur keselamatan pasif yang akan mengurangi cedera ketika terjadi benturan.

1. Airbag

Kantong udara atau airbag merupakan fitur keselamatan paling standar yang diberikan pada kendaraan. Tak terkecuali pada BMW X1. Bahkan X1 memiliki airbag depan, side impact airbag, overhead airbag, dan knee airbag bagi pengemudi dan penumpang di depan.

2. Seatbelt with pretensioner

Sabuk pengaman berguna untuk melindungi ketika terjadi benturan. Namun dengan pretensioner, sabuk pengaman akan mengendur dan mengencang kembali untuk mengurangi gaya dorong yang dihasilkan ketika tabrakan terjadi.

3. Belt Force Limiter

Selain pretensioner, Belt Force Limiter akan mengurangi daya cengkram sabuk pengaman di batas tertentu. Dan bersamaan dengan pretensioner dan kantong udara, sistem ini berguna dalam mengurangi cedera pada tubuh bagian atas ketika terjadi benturan atau kecelakaan.

Kesimpulan

Dengan lengkapnya sistem keselamatan BMW X1, tak heran jika SUV entry level dari pabrikan Jerman ini meraih bintang lima pada uji tabrakan yang dilakukan oleh NCAP. Berbagai sistem canggih yang ditawarkan akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Anda selama berkendara.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik