window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1

Bent Aulia · 25 Jun, 2020 12:00

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 01

BMW X1 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp850 jutaan ini memiliki berbagai kecanggihan dan teknologi terbaru BMW meskipun berada di jajaran terendah Seri-X. Mendapatkan facelift pada 2019 silam, berikut beberapa fitur keselamatan BMW X1 sDrive18i xLine 2020 terbaru.

Mobil Sport BMW X1 hanya tersedia dalam 1 varian saja, yakni mobil BMW X1 sDrive18i xLine. Harga BMW X1 berkisar sebesar Rp 850 jutaan. Ini merupakan mobil BMW terbaru dan terkini di tahun 2020.

BMW X1 telah beberapa kali mengalami perubahan atau Facelist sejak pertama perilisan di tahun 2010. Pada tahun 2016, BMW X1 resmi merilis generasi kedua dengan dua varian yaitu sDrive18i dan sDrive18 xLine. Selanjutnya di tahun 2019, BMW X1 memberikan perubahan segar dengan merilis BMW X1 Facelift dengan satu varian saja yaitu BMW X1 sDrive18i xLine 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fitur keselamatan aktif BMW X1

BMW X1 menawarkan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan SUV lain di pasarnya. Tentu tak heran berbagai sistem penunjang keselamatan akan menemani pengemudi dan penumpang sepanjang perjalanan. Berikut fitur keselamatan aktif BMW X1 di Indonesia.

1. Anti-lock Braking System

Bisa dibilang sistem pengereman Anti-lock Braking System menjadi bagian dari sistem keselamatan standar bagi kendaraan baru di era modern ini. Sebagai pelengkap pengalaman berkendara, BMW turut membawa fitur ini pada SUV terkecilnya.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 01

Fitur ini akan membantu pengemudi ketika berkendara di jalanan licin dan basah. ABS bekerja dengan melepaskan dan memompa rem pada roda mobil. Sensor pada setiap roda akan mendeteksi ketika roda berhenti bergerak dan menghindari terjadinya slip pada ban pada saat kehilangan traksi.

2. Automatic Stability Control (ASC)

Dikenal juga dengan nama Electronic Stability Control, sistem ini akan meningkatkan kestabilan ketika berkendara dengan mendeteksi ketika mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 mulai kehilangan traksi atau terjadi slip. Baik ketika mengerem atau berkendara di jalanan menanjak dan menurun.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 02

3. Dynamic Stability Control (DSC)

Mobil produksi BMW sudah lama mendapatkan fitur ini. DBS merupakan inti dari sistem kontrol sasis pada kendaraan BMW. Kegunaannya untuk memastikan tingkat stabilitas tinggi ketika mengemudi dan memaksimalkan traksi semua roda ketika melaju atau berakselerasi.

4. Dynamic Brake Control (DBC)

Fitur ini merupakan sistem keselamatan aktif yang dikembangkan sendiri oleh BMW untuk mobil sport BMW X1 sDrive18i xLine 2020 guna meningkatkan efektivitas rem selama pengereman darurat. Kendaraan dengan sistem DBC menggunakan sensor pendeteksi kecepatan dan menggunakan kekuatan rem yang sesuai untuk menghentikan kendaraan.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 03

5. Dynamic Traction Control (DTC)

Fitur DTC memiliki dua peran utama: mengatur traksi dan memungkinkan pengemudian bergaya sporty sambil tetap mempertahankan kontrol stabilitas aktif. Ketika mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 mulai kehilangan traksi, sistem akan secara otomatis mengurangi output mesin sehingga membuat berkendara di jalanan bersalju atau licin lebih dinamis.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 04

6. Pedestrian Warning

Untuk mengurangi potensi kecelakaan dengan pejalan kaki, Pedestrian Warning yang dimiliki oleh BMW X1 sDrive18i xLine 2020 akan memperingatkan pengemudi ketika mobil berpotensi menabrak pejalan kaki dari semua arah. Jika perlu, sistem akan mengerem secara otomatis untuk menghindari terjadinya tabrakan.

7. Lane Departure Warning (LDW)

Salah satu fitur canggih yang akan membuat pengendara jarak jauh tak begitu melelahkan. Ketika diaktifkan, fitur ini akan mendeteksi ketika mobil keluar jalur, contohnya ketika pengemudi berkendara sambil mengantuk. Sistem akan peringatan berupa alarm atau getaran pada setir hingga melakukan pengereman.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 05

8. Multi Collision Brake (MCB)

Sebenarnya fitur ini tak terlalu baru dan sudah digunakan sejak 2013. Fitur ini akan mengandalkan sensor pada kendaraan. Ketika sensor mendeteksi adanya potensi tabrakan dengan kendaraan di depan, maka fitur MCB akan mengerem secara otomatis untuk mengurangi tabrakan atau dampak benturan.

Fitur keselamatan pasif BMW X1

Tak hanya fitur keselamatan aktif, pengguna X1 turut dibantu oleh jajaran fitur keselamatan pasif yang akan mengurangi cedera ketika terjadi benturan.

1. Airbag

Kantong udara atau airbag merupakan fitur keselamatan paling standar yang diberikan pada kendaraan. Tak terkecuali pada BMW X1. Bahkan X 1 X 1 memiliki airbag depan, side impact airbag, overhead airbag, dan knee airbag bagi pengemudi dan penumpang di depan.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 06

2. Seatbelt with pretensioner

Sabuk pengaman berguna untuk melindungi ketika terjadi benturan. Namun dengan pretensioner, sabuk pengaman akan mengendur dan mengencang kembali untuk mengurangi gaya dorong yang dihasilkan ketika tabrakan terjadi.

3. Belt Force Limiter

Selain pretensioner, Belt Force Limiter akan mengurangi daya cengkram sabuk pengaman di batas tertentu pada BMW X1 sDrive18i xLine 2020. Dan bersamaan dengan pretensioner dan kantong udara, sistem ini berguna dalam mengurangi cedera pada tubuh bagian atas ketika terjadi benturan atau kecelakaan.

Keamanan Bintang Lima, Ini Ulasan Lengkap Fitur Keselamatan BMW X1 07

Kesimpulan

Dengan lengkapnya sistem keselamatan mobil sport BMW X1 sDrive18i xLine 2020, tak heran jika SUV entry level dari pabrikan Jerman ini meraih bintang lima pada uji tabrakan yang dilakukan oleh NCAP. Berbagai sistem canggih yang ditawarkan akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Anda selama berkendara.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 BMW X1 sDrive18i

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil