window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Rombak Toyota Transmover Agar Mobilnya Terlihat Seperti Avanza Sungguhan

Enda · 1 Agu, 2023 13:00

Toyota Transmover

Toyota Transmover upgrade Great New Avanza (foto: Dirgantara Bastian)

Tak sedikit pemilik Toyota Transmover melakukan upgrade tampilan supaya terlihat seperti Avanza sungguhan. Karena dihadirkan secara khusus untuk menyasar segmen fleet, secara tampilan Transmover dibuat lebih sederhana dengan penggunaan velg kaleng tanpa dop, serta spion yang pengaturannya dilakukan secara manual.

Tak hanya itu, nuansa interiornya juga dibuat polosan yang mayoritas menggunakan warna serba gelap. Jika dilihat, Transmover mirip seperti Daihatsu Xenia (Spesifikasi | Berita) tipe X standar yang ditempelkan logo tiga oval.  

Kalian pemilik Toyota Transmover ingin melakukan upgrade tampilan dan fitur supaya mirip dengan Avanza sungguhan, ini cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Transmover, Avanza Ex Taksi yang Lagi Banyak Dicari

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pemilik Toyota Transmover Bisa Pasang Foglamp Hingga Spoiler Belakang

Toyota Transmover

Pada bagian luar khususnya fascia, pemilik Toyota Transmover bisa melakukan upgrade berupa penambahan foglamp di bumper. Tak hanya itu, grill dengan aksen krom juga bisa ditambahkan untuk membuatnya terlihat layaknya Avanza G.

Ke bagian samping, guna menghilangkan DNA Transmover cara yang bisa dilakukan yakni mengganti velg. Untuk velg, kalian bisa menggunakan kepunyaan Avanza tipe G atau aftermarket dengan bentuk yang proper. Sekedar saran, untuk penggunaan velg aftermarket secara ukuran maksimal ada baiknya memakai 16 inci guna menjaga kenyamanan berkendara.

Oh iya, masih di bagian samping, kalian bisa menambahkan side moulding serta mud guard. Bukan cuma itu, penggantian spion elektrik serta side visor juga bisa dilakukan untuk membuat tampilan mobil terlihat seperti Avanza sungguhan.

Toyota Transmover

Tampilan belakang Toyota Transmover upgrade menjadi Great New Avanza (foto: Dirgantara Bastian)

Ke sisi buritan, jika kalian ingin membuat mobil ini terlihat layaknya Avanza G, cara yang bisa dilakukan yaitu menambahkan reflektor lampu tepat di samping stoplamp. Berikutnya kalian juga bisa mengganti garnish dengan aksen krom, serta memasang spoiler di bagian atap.  

Sebagai informasi, jika ingin merubah tampilan Transmover menjadi Grand New Avanza, kalian bisa melakukan penggantian lampu utama, grill dan bumper depan. Untuk bagian belakang bagian yang dibah yakni stoplamp, dan bumper. 

Upgrade Head Unit Serta Penambahan Cover Cover Body Interior Toyota Transmover

Toyota Transmover

Penggunaan head unit layar sentuh

Beranjak ke bagian dalam, cara yang bisa dilakukan untuk merubah tampilan Transmover menjadi Avanza yaitu mengganti sistem hiburan menjadi head unit layar sentuh. Untuk sistem hiburannya tersebut kalian bisa menggunakan produk aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

Berikutnya di area console tengah antara pengemudi dan penumpang depan kalian bisa menambahkan arm rest. Fitur ini berfungsi selain memberikan kenyamanan juga sekaligus sebagai laci penyimpanan barang.

Toyota Transmover

Baris ketiga Transmover tidak dilengkapi cover body dalam 

Karena belum mendapatkan cover body di bagian dalam jok baris ketiga seperti Avanza, pemilik Transmover juga dapat menambahkan cover body. Fungsi cover body sendiri selain memberikan kenyamanan penumpang baris ketiga, tentunya juga mampu meredam suara dari luar.

Baca juga: Toyota Transmover 2023 Ternyata Sudah Dipersiapkan, Fiturnya Bikin Penumpang Taksi Makin Nyaman

Penambahan Sarung Jok dan Peredam Kabin Wajib Dilakukan

Toyota Transmover

Untuk memberikan kenyamanan berkendara, pemilik Toyota Transmover bisa menambahkan sarung jok guna menjaga bahan fabric agar tetap awet. Selain itu juga penggunaan cover memudahkan pengguna ketika membersihkan jok akibat noda.

Oh iya, Transmover juga memiliki peredam kabin yang sangat tipis. Untuk itu disarankan melapisinya dengan tambahan peredam bukan cuma pada lantai kabin namun juga pintu, dinding body dalam serta atap.

Peredam Panas Kap Mesin Tak Luput dari Perhatian

Toyota Transmover

Peredam kap mesin

Terakhir untuk membuat Transmover terlihat seperti Avanza yakni menambahkan peredam kap mesin. Fungsi dari penambahan perdam kap mesin yakni mampu mengurangi panas dari mesin terhadap penutup.

Dengan begitu warna kap mesin menjadi lebih awet dan menjaga material besi agar tidak mudah berkarat akibat suhu panas yang terkena air hujan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza yang Jarang Diketahui

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil