window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Transmover, Avanza Ex Taksi yang Lagi Banyak Dicari

Enda · 26 Jul, 2023 10:30

Toyota Transmover

Toyota Transmover (foto: William Surjana)

Transmover pada dasarnya merupakan Avanza yang dilucuti tampilan serta fiturnya sehingga tampak sederhana guna memenuhi kebutuhan fleet sebagai kendaraan operasional perusahaan serta armada taksi. Bagi kalian yang berminat, wajib tahu kelebihan dan kekurangan Toyota Transmover sebelum kalian membelinya.

Di Tanah Air, mobil ini diperkenalkan pada 2016. Sering dikira Toyota Avanza (Spesifikasi | Berita), saat ini kalian bisa menemukan kondisi bekas Transmover ditawarkan di beberapa markeplace jual-beli mobil bekas.

Apabila kalian tertarik membelinya, ketahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Pakai Mesin Anyar, Ini Alasan Tenaga Toyota Avanza Terbaru Malah Terasa Lemot dari Generasi Sebelumnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Toyota Transmover

1. Dilengkapi AC Double Blower dan Pengaturan Digital

Toyota Transmover

Pengaturan AC digital (foto: William Surjana)

Meski terlihat polosan, untuk fitur yang ada didalamnya Toyota Transmover terbilang modern sekaligus memberikan kenyamanan berkendara terhadap penggunanya. Seperti yang bisa dilihat pada baris pertama mobil ini menggunakan pengaturan AC digital.

Pada baris kedua, mobil ini dilengkapi AC double blower yang dapat memberikan udara sejuk secara merata hingga penumpang paling belakang. Tak hanya itu, mobil ini juga lengkap dengan cup holder serta laci penyimpanan barang di setiap pintu serta console tengah.

Sekedar informasi, di belakang mobil ini sudah dibekali rear wiper sehingga memudahkan kalian untuk membersihkan kaca ketika ingin melihat kendaraan lain di belakang melalui spion tengah.

2. Muat 7 Orang dengan Seatbelt di Setiap Bangku

Toyota Transmover

Seperti Avanza, Transmover sanggup memuat 7 orang sekaligus dalam sekali jalan. Tak hanya itu, pada setiap bangkunya dilengkapi seatbelt sebagai fitur keselamatannya.

Guna menunjang kenyamanan selama berkendara, joknya mendapatkan head rest yang bisa diatur tinggi maupun rendah menyeseuaikan kebutuhan pengguna.

Oh iya, mobil ini mendapatkan Electronic Power Steering (EPS) pada sistem kemudi, central lock, power window, serta dual SRS airbags di depan yang dapat meminimalisir cedera baik pengemudi dan penumpang depan ketika mengalami benturan.

3. Mesin 1.300 Cc yang Tangguh dan Irit Bahan Bakar

Toyota Transmover

Mesin 1NR

Toyota Transmover menggunakan mesin yang sama dengan Avanza. Seperti yang diketahui mobil ini dibekali jantung pacu berkode 1NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 1.329 cc yang sanggup menggelontorkan tenaga 96,5 PS di 6.000 rpm serta torsi 120 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin yang digunakan diketahui memiliki tingkat durabilitas serta angka konsumsi bahan bakar yang terbilang baik. Untuk pemakaian dalam kota mobil ini diklaim sanggup menempuh jarak 13 km/liter.

Oh iya, untuk mesinnya ini selain tangguh serta irit bahan bakar juga mudah dan murah dari segi perawatan.

Baca juga: Kepincut Toyota Avanza Gen-2? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Toyota Transmover

1. Peredam Kabin Tipis

Toyota Transmover

Kekurangan pertama pada Toyota Transmover yakni peredam kabin yang tipis. Ketika membelinya, kalian wajib menambahkan peredam kabin.

Selain itu juga mobil ini belum mendapatkan cover body di bagian dalam jok baris ketiga seperti Avanza. Dengan menambahkan cover selain memberikan kenyamanan penumpang baris ketiga tentunya juga mampu meredam suara dari luar.

2. Pengaturan Spion dan Transmisi Manual

Berbeda dengan Avanza, untuk pengaturan spion samping Transmover masih dilakukan secara manual dari luar untuk mendapatkan posisi yang pas. Selain itu juga untuk transmisi yang disediakan hanya manual 5-percepatan.

3. Suspensi Keras dan Timbul Gejala Body Roll

Toyota Transmover

Toyota Transmover untuk bantingan yang dihasilkan terasa keras ketika melewati jalan yang keriting. Bukan cuma itu, gejala body roll juga masih kerap terasa ketika mobil melakukan manuver dalam kecepatan yang cukup tinggi.

4. Tarikan Awal Cenderung Berat

Tarikan awalnya Toyota Transmover cenderung berat. Hal ini mungkin dikarenakan penggunaan teknologi Dual VVT-i serta sistem Drive By Wire pada mesin yang fokus akan penghematan bahan bakar.

Kesimpulan

Mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Transmover berhasil kami bahas melalui beberapa parameter di atas.

Meski secara penampilan terlihat sederhana, untuk fitur mobil ini dilengkapi Electronic Power Steering (EPS), AC double blower, power window, central lock, dual SRS airbags, seatbelt dan head rest di setiap baris, serta rear wiper.

Bicara kekuranganya, mobil ini untuk peredam kabinnya terasa tipis sehingga mengurangi kenyaman berkendara. Selain itu juga bantingan yang dihasilkan keras dan timbul gejala body roll, tarikan awal cenderung berat serta pengaturan spion samping manual.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza yang Jarang Diketahui

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil