Busi Baru NGK Untuk Toyota Avanza Cs, Dongkrak Performa Mesin NR-Series

Dhoni · 24 Mar, 2021 18:00

Pangsa pasar otomotif di indonesia saat ini didominasi oleh mobil-mobil dari brand Toyota. Kondisi ini mendorong NGK Spark Plugs terus berinovasi menghadirkan Laser Iridium - Genuine Performance Upgrade (GPU). Busi NGK yang didesain khusus untuk mobil Toyota.

Busi Baru NGK Untuk Toyota Avanza Cs, Dongkrak Performa Mesin NR-Series 01

NGK Hadirkan Busi Peningkat Performa Toyota Avanza dan mesin jenis NR-Engine

Untuk sekarang ini Toyota cukup banyak menghadirkan mobil-mobil dengan jenis mesin NR-Engine. Mesin ini telah digunakan pada Toyota Avanza, Toyota Sienta, Toyota Rush, Toyota Yaris Toyota Agya, Toyota Vios dan Toyota Etios. Namun busi ini tidak untuk Toyota Kijang Innova karena mesin yang digunakan memiliki berbeda kode.

Busi NGK dengan kode ILKAR6B11,diklaim dapat meningkatkan performa yang lebih baik dengan daya tahan telah teruji. Busi ini telah disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen Toyota dari hasil survei pihak NGK Busi.

Busi Baru NGK Untuk Toyota Avanza Cs, Dongkrak Performa Mesin NR-Series 02

NGK hadirkan busi khusus mobil Toyota bermesin NR

Bicara soal performa, busi yang dikemas secara premium ini hanya dapat digunakan pada kendaran harian saja. Busi ini tidak cocok sebagai peningkat performa pada mobil balap karena pihak NGK Busi telah menyediakan busi khusus bagi mobil balap.

Takashi Shimizu, GM Sales & Marketing NGK Busi menyebut bila busi yang didesain khusus untuk mobil Toyota di Indonesia ini merupakan hasil garapan tim NGK Busi di Jepang.

“Tim riset & pengembangan NGK Spark Plugs di Jepang telah mendesain sebuah busi varian baru yaitu Laser Iridium dengan part number ILKAR6B11. Kemampuan busi ini sangat istimewa karena dibuat secara khusus menyesuaikan  mesin NR-Engine pada mobil Toyota," kata Shimizu.

NGK Busi ILKAR6B11 Laser Iridium - Genuine Performance Upgrade (GPU) mengunakan material Platinum dan Iridium di kedua elektrodanya. Pada elektroda pusat berbahan Iridium dengan bentuk lebih tipis dari busi bawaan mobil (OEM) sehingga proses pembentukan api dalam ruang bakar semakin cepat untuk meningkatkan performa mobil.

Memang pihak NGK Busi belum melakukan pengujian emisi gas buang dengan menggunakan busi terbaru mereka, tetapi kemampuan NGK Busi ILKAR6B11 Laser Iridium - Genuine Performance Upgrade (GPU) dikatakan dapat membuat emisi gas buang dapat lebih rendah dikarenakan hasil pembakaran di ruang mesin telah optimal.

NGK Busi Laser Iridium Bukan Pesanan Khusus Dari Toyota

Walau NGK Busi ILKAR6B11 Laser Iridium - Genuine Performance Upgrade (GPU) dikhususkan pada mobil-mobil Toyota yang bermesin jenis NR-Engine, namun dapat dipastikan diantara NGK Busi dan Toyota tidak ada kerjasama apapun.

"Kami cukup tergiur dengan pangsa pasar Toyota dan busi ini didesain khusus untuk pasar Indonesia. Tetapi kami tidak menjalin kerjasama dengan Toyota maupun Daihatsu yang mengunakan mesin jenis NR-Engine. Ini adalah produk after market sehingga disebut Genuine Performance Upgrade," ungkap Diko Oktaviano, selaku tim teknis NGK Busi yang pernah meraih The Best ASEAN Technical Contest 2017 ini.

Busi Baru NGK Untuk Toyota Avanza Cs, Dongkrak Performa Mesin NR-Series 03

Harga busi khusus mobil Toyota Rp180 ribu sampai Rp200 ribu

Untuk harga 1 set NGK busi Laser Iridium ILKAR6B11 dibanderol mulai dari Rp720 ribu sampai Rp800 ribu. Sedangkan dalam pembelian satuan ditawarkan senilai Rp180 ribu hingga Rp200 ribu.

Lalu kapan waktunya untuk mengganti busi mobil? Berikut panduan singkat dalam mengetahui kondisi busi mobil yang harus diganti.

Tips: Mengetahui Gejala Busi Mobil Harus Diganti

Pada dasarnya semua busi memiliki usia pemakaian. Jika membiarkan salah satu busi yang tidak berfungsi, maka dapat membuat performa mesin menurun. Untuk mengetahui waktu untuk mengganti busi mobil Toyota Avanza, Anda cukup memperhatikan kondisi mesin ketika menyala.

Busi mobil yang kondisinya menurun dapat membuat mesin sulit menyala atau respon stater cenderung lama, mesin sulit idle atau langsam. Saat dikendarai, akselerasi tergolong lambat.

Busi Baru NGK Untuk Toyota Avanza Cs, Dongkrak Performa Mesin NR-Series 04

Kondisi busi mobil yang harus diganti

Jika Anda mengalami gejala tersebut, kemungkinan besar busi mobil menjadi pangkal permasalahannya. Untuk mengatasinya, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tidak ada salahnya mengganti seluruh busi agar performa dalam ruang pembakaran lebih merata.
 

Komentar