window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dipimpin Akio Toyoda, Toyota Prius Berbahan Bakar Kotoran Ayam Bakal Balapan di Thailand

Prasetyo · 20 Des, 2023 09:01

toyota prius 2024

Toyota Prius bukanlah mobil yang erat kaitannya dengan ajang balap, namun mobil ini merupakan pionir kendaraan elektrifikasi dari Toyota.

Meskipun lebih menonjolkan tentang efisiensi bahan bakar dan gas buang yang ramah lingkungan, faktanya sejak tahun 2012 Prius sudah dijadikan mobil balap Super GT di Jepang melalui tim Apr Racing.

Dan kini Toyota Motor Corporation (TMC) sudah mengumumkan keikutsertaannya dalam ajang Idemitsu Super Endurance Southeast Asia Trophy 2023 yang berlangsung 22-23 Desember 2023 di Chang International Circuit, di Buriram, Thailand.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

toyota prius apr racing

Prius balap dari APR Racing

Pada balapan kali ini, Toyota akan menggunakan setidaknya tiga mobil, yaitu GR86 CNF Concept, GR Corolla H2 Concept, serta yang terbaru Prius CNF-HEV GR Concept.

"Prius yang akan berkompetisi pada balapan tahun ini telah dikembangkan berdasarkan kendaraan produksi sekaligus menandai pertama kalinya Toyota berkompetisi dengan Prius HEV versi produksi," tulis keterangan resmi Toyota, Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Toyota Prius 2023 Resmi Meluncur di Jepang, Berubah Total!

Balapan yang Dikomandoi Akio Toyoda

rookie concept team

Rookie Racing team dipimpin oleh Akio Toyoda

Pada balapan yang juga disebut Thailand 10-hour Endurance Race 2023 ini Toyota akan hadir dengan dua squad berbeda, yakni Toyota Gazoo Racing (TGR) Team, dan Rookie Racing team.

Rookie Racing merupakan tim swasta yang dimiliki oleh Akio Toyoda dan berada diluar manajemen TGR sebagai tim resmi pabrikan Toyota, meskipun keduanya bisa berbagi dalam beberapa hal.

Walau begitu kedua tim ini memiliki visi berbeda, jika TGR bertekad mendulang poin tertinggi untuk jadi juara, sementara Rookie Racing akan mati-matian menguji mesin eksperimental untuk membangun sebuah mobil baru yang lebih menarik dan lebih bagus lagi dimasa mendatang.

toyota gazoo racing team

Toyota Gazoo Racing Team Thailand juga ikut serta di balapan ini

Sesuai target inilah makanya tim Rookie Racing menggunakan mobil-mobil yang diproduksi massal namun telah melakukan modifikasi pada sektor internal mesinnya demi bisa menggunakan bahan bakar terbarukan.

Balapan ini akan diikuti oleh Morizo ​​(nama samaran balap Akio Toyoda), putranya Daisuke Toyoda, Yasuhiro Ogura, Kachorn Chiaravanont, Masahiro Sasaki, Tatsuya Kataoka, Hiroaki Ishiura, Kazuya Oshima, Naoya Gamo, Kenta Yamashita, Hibiki Taira, dan Keizo Kato.

Baca juga: Toyota Prius 2023 Langsung Ludes Terjual, yang Belum Kebagian Tunggu Tahun Depan

Toyota Prius Gunakan Bahan Bakar Campuran Kotoran Ayam

toyota gr corolla rookie racing

GR Corolla H2 Concept akan disopiri Akio Toyoda

Alasan Toyoda ikut serta dalam balapan kali ini diantaranya menjadi bagian dari rencana multi-pathway dengan mengembangkan bahan bakar sintetis netral karbon (carbon-neutral fuel).

Bahan bakar sintetis adalah bahan bakar buatan manusia, yang dihasilkan dengan mencampurkan bensin dengan hidrogen dan karbon yang ditangkap dari limbah gas industri.

Beberapa pabrikan otomotif seperti Porsche dan Toyota percaya, jika teknik ini berhasil dijalankan, maka merupakan solusi paling efektif untuk mengurangi polusi, sehingga dekarbonisasi transportasi bisa berlangsung lebih cepat.

Disisi lain, teknik tersebut tetap dapat menggunakan jaringan SPBU yang sudah ada hanya perlu sedikit melakukan modifikasi, serat masyarakat tetap tidak khawatir akan jangkauan berkendara mereka.

sintetik neuitral carbon fuel

Proses pembuatan bahan bakar sintetik netral karbon

Namun demikian bahan bakar sintetik ini mendapat kritikan dari pihak lain karena dianggap terlalu mahal dibanding biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mengisi daya listrik baterai mobil EV.

Sejumlah organisasi lingkungan juga menilai kalau bahan bakar netral karbon ini adalah bentuk dari manipulasi perusahaan minyak dan gas supaya tidak bergeser ke elektrifikasi.

Meski begitu Toyota yakin kalau bahan bakar sintetik tersebut memiliki masa depan yang cerah.

Ini melihat fakta bahwa hidrogen adalah bahan dasar mentah yang digunakan oleh berbagai industri kimia sehingag permintaannya bakal terus ada.

Baca juga: Akio Toyoda Nyetir Sendiri dan Puji Honda HR-V Hybrid, Wah Ada Apa?

toyoga gr86 cnf concept

Toyota GR86 CNF Concept ini juga akan pakai bahan bakar sintetik

Kemudian Toyota juga sudah bekerja sama dengan CP Group untuk melanjutkan eksperimen ini secara lebih luas.

CP Group adalah satu dari beberapa produsen daging ayam terbesar di dunia, dan mereka akan menggunakan limbah hayati dari peternakan ayam untuk diubah menjadi bahan bakar, yaitu dengan mencampurkan limbah kotoran ayam dan hidrogen.

Demi melihat sudi ini berjalan, Kachorn Chiaravanont dari CP Group yang akan mengemudikan sendiri Toyota Prius HEV berbahan bakar sintetik tersebut selama balapan.

Kemudian bahan bakar hidrogen hasil kreasi lokal juga nantinya akan disimulasikan ke Toyota GR Corolla H2 Concept yang bakal dibesut langsung oleh Morizo a.k.a Akio Toyoda.

Detail mekanis dari Prius balap belum dibagikan tetapi Toyota mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka membalap Prius versi produksi tanpa modifikasi yang berlebihan.

@autofun.indonesia Tiga SUV jagoan Toyota di Japan Mobility Show 2023! Menurut kalian, mana yang mesti banget masuk Indonesia? #reviewmobil #Toyota #landcruiser200 #landcruiser250 #toyotacentury #ToyotaLandCruiser #ToyotaHardtop #Mobilretro ♬ 80's style background music(1405364) - Green Woodpecker

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Prius Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia