FAQ: Model Gak Berubah, Semenarik Apa Suzuki APV?

Enda · 25 Jan, 2022 15:00

FAQ Suzuki APV

Suzuki APV kini dibandrol mulai dari Rp168,8 juta

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) berpenampilan boxy, Suzuki APV pertama kali diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) di Tanah Air pada tahun 2004. Hingga kini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih menjual APV (All Purpose Vehicle) tanpa adanya ubahan secara menyeluruh.

Pada tahun 2009 tercatat APV sempat mendapatkan penyegaran untuk sisi eksterior, interior serta suspensinya guna dapat lebih menarik minat konsumen. Selang dua tahun kemudian, Suzuki kembali memberikan update dengan menghadirkan sosok APV Arena Luxury yang merupakan varian termewahnya dengan tambahan aksen krom, body kit, serta jok jenis captain seat.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 Suzuki APV kembali mendapat pembaruan disektor keselamatannya supaya setiap penggunannya merasa lebih aman sekaligus nyaman disaat berkendara.

Selama 18 tahun meramaikan kancah otomotif nasional tanpa adanya ubahan secara menyeluruh, menurut situs resminya Suzuki APV kini dibandrol mulai dari Rp168,8 juta hingga Rp260,2 juta. Jika kalian berniat membeli mobil ini untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, sebaiknya simak dulu beberapa poin sebelum memutuskan untuk meminangnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: 4 Mobil Baru Rasa Motuba di Indonesia, Masih Tetap Laris Padahal Usianya Ada yang Sudah 40 Tahun!

1. Suzuki APV Buatan Mana?

FAQ Suzuki APV

Suzuki APV diproduksi di PT Suzuki Indomobil Motor (SIM)

Suzuki APV sendiri diproduksi oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang dilakukan di Cikarang dan Tambun, Jawa Barat. Tak hanya dipasarkan di Indonesia, beberapa produknya juga didistribusikan secara utuh (CBU) ke 89 negara yang tersebar di kawasan Afrika, Asia, Timur Tengah, Oseania, Amerika Latin dan Carribean.

2. Ada Berapa Model Suzuki APV yang Dijajakan?

FAQ Suzuki APV

APV Arena merupakan kendaraan jenis minibus

Suzuki APV yang ditawarkan untuk pasar lokal terdapat tiga model, yaitu komersial (blind van), APV Arena dan APV Arena Luxury. Untuk blind van nya sendiri banyak digunakan sebagai mobil operasional perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Tak hanya itu, banyak rumah sakit juga yang memanfaatkannya sebagai mobil ambulance.

Untuk model APV Arena biasanya dipakai sebagai kendaraan travel, rental atau mobil operasional perusahaan yang multifungsi. Sedangkan APV Arena Luxury karena memiliki tampilan yang mewah, ornament wood panel, jok kulit serta fitur lebih lengkap, banyak digunakan untuk mobil keluarga.

Sebagai informasi, Suzuki APV hadir dalam beberapa varian, diantaranya; Blind Van, GA, GL, GX dan SGX. Untuk New Luxury nya SGX LUX2 R15 dan SGX LUX2 R17.

3. Apa yang Membuat Suzuki APV Sampai dengan Saat Ini Masih Dilirik Konsumen Tanah Air?

FAQ Suzuki APV

Suzuki APV sanggup membawa penumpang cukup banyak

Pada umumnya Suzuki APV hingga kini masih terus diminati konsumen Tanah Air karena daya tampungnya yang mampu diisi hingga 8 orang sekaligus. Bukan cuma itu saja, memiliki ruang kabin yang luas tentunya mobil ini sangat multifungsi terlebih jika sedang ingin membawa barang dengan jumlah banyak.

Perlu diketahui juga, Suzuki APV tipe GX dan SGX peroleh jok jenis captain seat di baris keduanya dengan busa cukup tebal dan lebar, yang tentunya mampu memberikan kenyamanan lebih kepada penumpangnya disaat berkendara.

Baca juga: Belasan Tahun Modelnya Gitu-gitu Aja, Suzuki APV Ternyata Masih Bisa Diandalkan

4. Fitur Apa Saja yang Ada di Suzuki APV?

FAQ Suzuki APV

Jok captain seat Suzuki APV

Mengenai fitur unggulan, Suzuki APV untuk varian GL, GX, SGX dan Luxury berhasil disematkan dengan power window, central lock, power steering dan coil spring di roda belakangnya.

Untuk tipe GX, SGX dan Luxury memperoleh tambahan AC double blower, electric mirror, serta 2 din audio. Khusus SGX dan Luxury baris keduanya menggunakan model captain seat yang dibungkus bahan kulit untuk varian Luxury.

Bicara fitur keselamatan dan keamanan dari tipe GL hingga Luxury sudah mendapatkan side impact beam, fire extinguisher, TECT BODY yang dapat meredam energy jika terjadinya benturan, dual airbag di depan serta keyless entry.

5. Suzuki APV Ditawarkan Berapa Pilihan Mesin?

FAQ Suzuki APV

Mesin G15A Suzuki APV

Suzuki APV yang dijual di Indonesia hanya ditawarkan satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1.5L berkodekan G15A SOHC 4-silinder segaris 1.493 cc multi point injection yang mana menurut data di atas kertas mampu melecutkan tenaga sebesar 92,4 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 126 Nm @3.000 rpm.

6. Apakah Transmisi Matic Hadir di Suzuki APV?

FAQ Suzuki APV

Suzuki APV hanya menawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan

Sebelumnya Suzuki APV hadir dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan. Karena penjualannya untuk varian dengan transmisi matic tidak begitu gemilang, kini SIS hanya menawarkan APV dengan opsi transmisi manual 5-percepatan yang selanjutkan diarahkan ke penggerak roda belakang (RWD).

Kesimpulan

Meski dari awal kali meluncur hingga kini tidak mengalami ubahan secara menyeluruh, Suzuki APV telah mendapatkan update di beberapa sektor tampilannya agar terlihat semakin mewah, serta tambahan fitur untuk memberikan kenyamanan, keamanan serta keselamatan berkendara.

Dibekali mesin 1.5L dengan kombusi injeksi yang menghasilkan tenaga serta torsi cukup besar, Suzuki APV kini hanya disediakan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Mitsubishi Maven dengan Suzuki APV

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki APV Arena Blind Van

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru