window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Drive Toyota Prius PHEV, Mobil Futuristik dengan 2 Tempat Bensin

Prasetyo · 11 Jun, 2023 15:00

First Drive Toyota Prius PHEV, Mobil Futuristik dengan 2 Tempat Bensin 01

Toyota Prius PHEV sempat diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2020 yang merupakan pengembangan dari Prius HEV generasi sebelumnya.

Di keluarga Prius, mobil hybrid ini adalah generasi keempat dari Prius.

Selain teknologi hybridnya yang berubah jadi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dari segi tampilan juga Prius ini alami revisi yang signifikan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Sosialisasikan Hybrid ke Masyarakat, Toyota Pamerkan Prius PHEV Sebagai Taksi Blue Bird di GIIAS 2021

Toyota Prius PHEV 2012 belakang

Desainnya sangat futuristik

Sayangnya, kalau generasi ketiga dan kedua Prius sempat dipasarkan di Indonesia, maka untuk Toyota Prius PHEV ini malah digunakan buat kebutuhan fleet.

Mobil tersebut ada yang dipakai untuk armada taksi berlogo burung biru, ada juga sebagian yang digunakan pada instansi pemerintah.

Beruntung ada satu unit Prius PHEV yang dimiliki oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terparkir di area XEV Center yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Autofun pun diberi kesempatan untuk menjajal sepuasnya mobil ini saat melakukan kunjungan ke pusat pembelajaran dan pengembangan elektrifikasi Toyota Indonesia itu.

Baca juga: Toyota Prius Bekas Kini Harganya Sudah Setara Avanza, Alternatif Mobil Irit BBM Tapi Gak Pasaran

Toyota Prius PHEV 2012 Tawarkan Desain Futuristik

Toyota Prius PHEV 2012 front facia

Fascia depan serba runcing

Kalau melihat fisik mobil hibrida ini, tidak bisa diragukan lagi kalau penampilannya bakal menonjol di jalan lantaran punya desain sangat futuristik.

Lihat saja bagaimana paras depannya dibuat serba lancip, lampu utamanya tersusun empat kotak, sementara foglamp dibuat vertikal mengikuti lekuk bemper.

Tarikan garis bodi mobil ini juga tak bisa dibilang seutuhnya sedan, itu karena atapnya cukup tinggi di pilar B, namun terus merendah sampai ke belakang.

Toyota Prius PHEV 2020 samping

Desain bodinya mempertimbangkan aerodinamika untuk efisiensi BBM

Sementara dari belakang, ia malah mirip sebuah liftback dengan pintu bagasi yang sebagain ebsar terbuat dari kaca.

Desain serba runcing juga bakal terlihat dibagian buritan mobil ini.

Namun ada satu yang cukup unik, karena pada sisi kiri maupun kanan terdapat kotak lubang bensin.

Toyota Prius PHE 2020 Charger

Sebelah kiri lubang BBM, sebelah kanan soket charger baterai

Padahal tidak dua-duanya saluran untuk memasukkan BBM, karena pada kotak sebelah kanan merupakan soket untuk charging baterai mobil ini.

Baca juga: Toyota Prius 2023 Resmi Meluncur di Jepang, Berubah Total!

Sistem Kerja PHEV

Secara sistem kerja, sebenarnya tidak ada beda antara Prius HEV dan Prius PHEV.

Toyota Prius PHEV 2020 Mesin

Mesin hybridnya

Hanya saja pada Prius PHEV dilengkapi dengan koneksi listrik yang membuatnya dapat melakukan pengisian listrik langsung ala mobil listrik murni alias BEV (Battery Electric Vehicle).

Prius PHEV menggunakan mesin 1.797 cc 2ZR-FXE Hybrid Synergy Drive (HSD) II yang menghasilkan tenaga 98 PS di 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Sedangkan untuk motor listriknya menghasilkan tenaga 72 PS dengan torsi 163 Nm yang dilengkapi juga baterai 1NM/ISM berkapasitas 8,8 kWh.

Toyota Prius PHEV 2020 baterai

Baterainya ada di bawah lantai bagasi belakang

Dengan baterai itu, Prius PHEV bisa melaju hingga 68,2 km pada mode Full EV, sementara ketika terjadi sinergi antara motor listrik dan mesin bensin, maka konsumsi BBM mobil ini mencapai 37,2 km/liter.

Menariknya, kalau baterai ini kehabisan daya, Anda juga bisa cas di SPKLU atau charging station lainnya yang memiliki fasilitas fast charging hanya dalam 20 menit dari kondisi kosong hingga 80%.

Baca juga: Toyota Prius 2023 Langsung Ludes Terjual, yang Belum Kebagian Tunggu Tahun Depan

Impresi Berkendara

Toyota Prius PHEV 2020 interior

Layout dasbornya

Oke saatnya menjajal mobil hybrid yang bisa ngecas ini.

Saat masuk ke area kabin, kesan pertama yang didapat adalah mobil ini sangat lapang.

Meter cluster juga ada di tengah seperti Toyota C+Pod, tetapi dengan informasi yang lebih lengkap dan tersaji full digital.

Toyota Prius PHEV 2020 transmisi

Tuas transmisinya kecil

Lingkar kemudi terdapat beberapa tombol pengaturan fitur dan akses ke headunit.

Yang uniknya lagi, tuas transmisi mobil ini sangat kecil dengan baluran tema biru, mirip tuas konsol game.

Pengendaliannya nyaman, bantingan suspensinya juga sangat lembut.

Dan untuk memudahkan memantau kecepatan, disisi pengemudi tersaji juga fitur Head-up Display (HUD) yang tertampil sangat jelas.

Toyota Prius PHEV headunit

Ada informasi konsumsi daya baterai di headunit

Saat duduk di jok belakang juga legroom serta headroom sangat lebar.

Ditambah kapasitas bagasi yang juga lebar, mobil ini memang akan cocok untuk dipakai berbagai aktifitas baik sehari-hari maupun untuk berlibur di akhir pekan.

Apakah Toyota Prius nantinya akan kembali dijual massal di Indonesia mengingat era elektrifikasi makin kuat? Kami harap demikian!

@autofun.indonesia Berapa tahun lagi ya city car listrik begini bakal menjamur di Indonesia? #honda #mobillistrik #ev #hondae #reviewmobil #mobilbaru ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Prius Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia