window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian?

Yongki Sanjaya · 4 Mar, 2023 11:30

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 01

Honda Mobilio akhirnya menyerah karena gempuran para pendatang baru, salah satunya yaitu Nissan Livina. Kini Honda Mobilio hanya tersedia tipe terendah, sehingga bila ingin mencari tipe menengah yaitu E hingga RS sebagai tipe tertinggi hanya bisa memilih unit bekas.

Berdasarkan penelusuran kami di marketplace Carsome, harga Honda Mobilio E 2019 dijual mulai Rp182 juta. Sementara itu, Nissan Livina VE keluaran tahun yang sama dijual mulai Rp197 juta. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rp15 Juta Lebih Murah dari Mitsubishi Xpander Bekas, Nissan Livina Seken Juga Menarik

Mitsubishi Xpander Sudah Lama Facelift, Nasib Nissan Livina Makin Terlupakan?

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu

Keduanya saling sikut di segmen low MPV, dengan kelebihannya masing-masing. Dengan harga bekas yang lebih murah, apakah Honda Mobilio bisa memberi value lebih baik ketimbang Nissan Livina? Nah supaya tidak penasaran, mari kita bandingkan keduanya. 

  • 2019 Nissan LIVINA VE 1.5

    Rp 206,10 Juta
    Rp 3,73 Juta
    /bulan

    36.013 km

    4,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2019 Nissan LIVINA VL 1.5

    Rp 215,30 Juta
    Rp 3,89 Juta
    /bulan

    61.675 km

    4,5 tahun

    Jakarta

  • 2019 Nissan LIVINA VE 1.5

    Rp 201,20 Juta
    Rp 3,64 Juta
    /bulan

    55.431 km

    4,5 tahun

    Jakarta

Nissan Livina VE, Kombinasi Kenyamanan Ala Nissan dengan Kemudahan Perawatan Khas Mitsubishi

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 01

Nissan Livina merupakan kembaran dari Mitsubishi Xpander. Low MPV ini membawa karakter khas brand Nissan yang premium dengan kenyamanan terbaik. Meskipun desain body mirip seperti Mitsubishi Xpander, namun Livina menghadirkan aksen premium khas Nissan pada detil eksterior seperti bagian grill depan maupun aksen lampu belakang sebagai pembeda. 

Sisi eksterior tersemat identitas wajib dari produk Nissan yaitu grill V-Motion dan lampu depan LED berbentuk bumerang. Dua identitas ini merupakan desain khas Nissan yang bisa ditemukan di berbagai model lain. 

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 02

Eksterior di Nissan Livina VE telah didukung beragam fitur canggih. Sebagai contoh pada headlamp karena bisa menyala secara otomatis. Cukup geser tuas lampu di posisi Auto, dan lampu akan otomatis menyala ketika mengalami kondisi sekitar yang minim cahaya. 

Beranjak ke bagian belakang, disuguhkan sebuah fitur kamera dan sensor parkir. Fitur ini jelas akan membantu proses parkir mundur. 

Interior dengan Kualitas Peredaman yang Jempolan

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 03

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Nissan Livina yaitu pada built quality interior yang cukup baik. Sebagai informasi, ukuran kabin di Livina VE lebih ke arah proporsional, karena tidak selega kabin di Mobilio E. 

Namun demikian material plastiknya tidak terkesan murah. Kemudian untuk kembaran Xpander ini dikenal punya kualitas peredaman kabin yang oke. 

Kabinnya cukup kedap karena menggunakan lapisan peredam yang tebal di balik panel-panelnya, termasuk panel pintu. Ini bisa kita rasakan waktu menutup pintu All New Nissan Livina lebih terasa berat. 

Tebalnya peredam ini lantas membuat kabin minim road noise selama perjalanan. Lebih lanjut, Livina VE menampilkan kursi berbalut kulit premium yang membuatnya berbeda dengan mobil lain di segmennya. 

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 04

Panel instrumen di balik kemudi Livina telah memiliki MID dengan indikator Eco. Pada kemudinya juga sudah dilengkapi fitur setir tilt dan teleskopik sehingga memudahkan pengaturan posisi setir. 

Selain itu, Livina VE juga dilengkapi dengan head unit monitor ukuran 7 inci yang bisa disinkronisasi dengan Apple Car Play dan Android Auto. Tipe VE juga sudah dilengkapi dengan power outlet 12 V di setiap barisnya.

Fitur lain All New Nissan Livina juga tak kalah menarik. Sebut saja fitur seperti Intelligent key System (I-Key) dan tombol Start/Stop untuk menghidupkan atau mematikan mesin.

Bicara fitur keamanan dan keselamatannya, All New Nissan Livina dibekali degan rear view camera dengan sensor parkir, ABS+EBD+BA, Dual SRS airbag, seatbelt reminder, auto hazard light on emergency braking. 

  • 2017 Honda MOBILIO RS 1.5

    Rp 185,00 Juta
    Rp 4,09 Juta
    /bulan

    82.900 km

    6,5 tahun

    Jakarta

  • 2017 Honda MOBILIO RS 1.5

    Rp 184,30 Juta
    Rp 3,33 Juta
    /bulan

    22.432 km

    6 tahun

    Jawa Barat

  • 2018 Honda MOBILIO E 1.5

    Rp 173,63 Juta
    Rp 3,14 Juta
    /bulan

    61.917 km

    5,5 tahun

    Jawa Barat

Honda Mobilio E, Kualitasnya Tak Semewah Namanya

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 01

Honda Mobilio hadir sebagai alternatif menarik ketimbang si kembar Avanza-Xenia dan Suzuki Ertiga. Nama besar Honda dikenal sebagai merek yang merepresentasikan suatu kemewahan mobil Jepang. 

Dulu saat produknya masih impor memang benar adanya, namun kondisinya berubah saat Honda telah memproduksi lokal mobil mereka di Indonesia. Banyak yang mengeluhkan soal material interior yang kalah bagus dibanding merek sebelah. 

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 02

Padahal, Honda Mobilio ini telah mengusung beragam kelebihan utama brand Honda, termasuk soal utilitas kabin yang cukup lega dan layout kursinya cukup fleksibel ketika kita butuh bawa banyak barang. 

Kelemahan soal built quality berlanjut pada kualitas peredaman kabin. Suara kebisingan dari luar masih terdengar hingga ke interior mobil karena kualitas peredam yang ala kadarnya. Namun soal fitur, Honda Mobilio E 2019 masih bisa bicara banyak untuk bertarung di segmen low MPV. 

Honda Mobilio E 2019 Fiturnya Nggak Kalah Keren

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 03

Mobilio tipe menengah ini pada eksterior didukung projector headlamp baru yang sudah dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Terdapat front under spoiler pada bumper depan, under spoiler pada bagian samping, rear under spoiler di bumper belakang untuk mempercantik penampilan. Tak lupa velg model two tone berukuran 15 inci.

Bagian jok terdapat peningkatan tebal busa agar lebih nyaman dengan pattern baru dan warna trim menjadi hitam. Perubahan ini membuat kabin terasa lebih bersahaja. Selanjutnya di setir, cluster MID dan panel AC masih sama dengan Mobilio sebelumnya. 

Komparasi Fitur Honda Mobilio E vs Nissan Livina VE 2019, Mana Paling Memanjakan Buat Harian? 04

Bicara fitur entertaintment, New Honda Mobilio E 2019 dilengkapi dengan New 6,2” Resistive Touchscreen Display Audio dengan merek JVC dikombinasikan dengan 6 speaker. Head unit tersebut mendukung berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera serta pemutar CD & DVD. Selain itu, tombol pada palang setir juga akan mempermudah Anda mengontrol audio. 

Fitur keselamatan dilengkapi dengan Dual Front SRS Airbags, serta ABS + EBD, sayangnya fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) hanya tersedia di tipe RS.

Kesimpulan

Nama Nissan bagi banyak kalangan dianggap cukup menakutkan karena harga sparepart yang cukup mahal. Padahal soal teknologi dan fitur berani diadu dengan merek lain. 

Meskipun demikian, kerja sama aliansi Nissan dan Mitsubishi bisa kalian manfaatkan untuk kemudahan perawatan Nissan Livina. Terkecuali panel body, kalian bisa memakai nyaris seluruh sparepart Mitsubishi Xpander di Nissan Livina.

Sebaiknya, Honda Mobilio tipe E malah terlihat begitu inferior soal kelengkapan fitur. Benefit dari memiliki Honda ialah soal ketersediaan jaringan bengkel resmi yang semakin mudah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil