window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Layakkah Beli Mobil Hybrid Bekas Tapi Harus Ganti Baterai Seharga Puluhan Juta?

Prasetyo · 20 Sep, 2023 19:00

mobil hybrid bekas

Beli mobil hybrid bekas saat ini mungkin jadi pilihan yang menarik mengingat harganya yang lebih terjangkau daripada barunya.

Sebagai contoh, untuk Toyota Corolla Cross hybrid baru, PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan dengan harga Rp540,9 juta.

Sedangkan unit Corolla Cross hybrid bekas tahun 2020 melihat dari listing Mobil123, ada yang menjual di harga Rp387 juta, itu pun masih bisa nego.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Corolla Cross hybrid bekas

Toyota Corolla Cross hybrid bekas harganya semakin menarik

Namun bagaimana kalau mobil hybrid bekas itu sudah waktunya untuk dilakukan penggantian baterai?

Pasalnya harga baterai mobil hybrid (HEV) kelewat mahal, bahkan bisa mirip harga mobilnya.

Baca juga: Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas

Harga Baterai Mobil Hybrid Bisa Setara Mobil Bekas

Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid 2008

Contoh kasus pembelian mobil hybrid bekas yang harus dilakukan penggantian baterai ini diunggah melalui akun Youtube Thecarcarenut, ketika ada pembeli Toyota Camry Hybrid tahun 2008.

Setelah dilakukan pengecekan oleh teknisi Toyota, baterai di mobil hybrid itu sudah harus diganti dengan yang baru.

Masalahnya harga baterai ini tidak murah, yaitu USD4.600 atau kira-kira Rp70 juta, padahal harga Camry hybrid bekas itu hanya USD6.000 (Rp92 jutaan).

Baca juga: Mobil Baru Semakin Mahal? Beli Mobil Bekas Jadi Solusi Paling Tepat

Kalau Rusak, Baterai Tidak Disarankan Diservis

Baterai Toyota Camry Hybrid

Baterai Toyota Camry Hybrid

Dalam video itu dijelaskan oleh teknisi Toyota mengenai kompleksitas baterai hybrid serta kondisi sel baterai yang bisa memburuk seiring berjalannya waktu, sama sperti sel baterai lain pada umumnya.

Meksipun bisa diperbaiki dan biaya servis lebih murah, namun teknisi itu menyarankan untuk membeli baterai baru.

Sebab jika diservis, maka yang akan diganti adalah sel baterai yang rusak saja, sementara sel yang masih baik dipertahankan.

Servis baterai mobil hybrid

Baterai mobil hybrid tidak disarankan diservis

Namun sewaktu-waktu sel yang tidak diganti ini akan rusak juga, sehingga kembali harus diservis.

Daripada melakukan perbaikan berkali-kali dan pada akhirnya memakan biaya serta waktu lebih besar, maka lebih baik menggantinya secara utuh dengan yang baru.

Baca juga : 5 Mobil Bekas Termurah di Bawah Rp100 Juta

Total Biaya Ganti Baterai Mobil Hybrid

Servis mobil bekas

Servis mobil hybrid bisa setara harga mobilnya

Pada kasus ini, si teknisi pun merinci jika biaya penggantian baterai memang tidak murah, sebab harga Rp70 jutaan itu belum termasuk ongkos pasang.

Kemudian saat penggantian baterai, seluruh komponen kelistrikan juga perlu disetting ulang, dan ini ada biaya tamabahan lagi.

Belum juga termasuk beberapa perbaikan mobil bekas pada umumnya, seperti ganti oli atau melakukan subtitusi komponen yang sudah memasuki akhir usia pakainya.

Alhasil total biaya servis Toyota Camry hybrid tersebut mencapai USD6.260 atau kira-kira Rp96 juta, lebih mahal dibanding harga saat pemiliknya membeli mobil tersebut.

Mobil Hybrid Bekas Jarang Dilirik

mesin Toyota Camry hybrid

Kalau terawat, bekasnya juga masih menarik

Mahalnya harga baterai ini membuat unit bekas mobil hybrid jarang dilirik pembeli.

Data dari Kelly Blue Book, rata-rata pemilik Toyota Camry hybrid 2008 akan menjual kendaraannya setelah masa pakai lebih dari 5 tahun dengan harga di bawah Rp100 juta daripada terus memeliharanya.

Saat pasar kebanjiran mobil hybrid, ternyata pembeli mobil ini perlu banyak pertimbangan.

Walau demikian, jika kondisi mobil tersebut masih sangat terawat, dengan catatan servis berkala di bengkel resmi yang teratur, sebenarnya ada keuntungan membeli mobil hybrid bekas.

Sebab dengan harga lebih murah, Anda tinggal meneruskan pemakaiannya saja, kalau pun harus ganti baterai itu pun hanya terjadi satu kali, sampai usia pakai baterai itu lebih kurang 10 tahun.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia