window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga BBM Makin Mahal Saatnya Beli Mobil Hybrid, Ini Pilihannya dari Toyota

Herdi · 28 Okt, 2022 18:03

Harga BBM Makin Mahal Saatnya Beli Mobil Hybrid, Ini Pilihannya dari Toyota 01

  • Toyota Kijang Innova Hybrid menjadi model elektrifikasi terbaru dari Toyota.
  • Varian hybrid menggantikan versi mesin diesel di Toyota Kijang Innova Zenix.
  • Toyota memiliki lini produk hybrid nyaris disemua varian tipe mobil.

Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia akan menambah lini produk berteknologi elektrifikasi melalui Toyota Kijang Innova Hybrid.

Ya, mobil yang masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut digadang-gadang akan meluncurkan produk baru pada November 2022. Rencananya, menggunakan nama Toyota Kijang Innova Zenix, varian hybrid ini turut akan hadir pada mobil tersebut.

Baca juga: Waduh, Kijang Innova Zenix Hybrid 2023 Sudah Ngintip di Website Toyota

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga BBM Makin Mahal Saatnya Beli Mobil Hybrid, Ini Pilihannya dari Toyota 01

Rekaan desain Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Sinyal Kijang Innova hybrid ini belakangan semakin terkuak. Bahkan situs resmi Toyota sendiri sudah mengumbar teaser mobil tersebut lengkap dengan tulisan The Crossing Edge is Coming.

Tentu saja dengan keberadaan Toyota Kijang Innova Hybrid, tentu saja jadi menarik. Karena Kijang Innova terlihat mengalami evolusi, khususnya dalam hal teknologi. 

Tapi bicara soal teknologi hybrid, bagi Toyota ini bukanlah hal baru. Sebab, saat ini PT TAM telah menjual beberapa mobil hybrid di pasar otomotif nasional.

Harga BBM Makin Mahal Saatnya Beli Mobil Hybrid, Ini Pilihannya dari Toyota 02

Teaser pertama Toyota Kijang Innova Zenix

Nah, mau tahu koleksi mobil Hybrid Toyota, sebelum muncul Kijang Innova terbaru, berikut ulasannya.

1. Toyota C-HR Hybrid

Toyota C-HR Hybrid

Toyota C-HR Hybrid

Toyota C-HR Hybrid merupakan mobil yang sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) dan meluncur di Indonesia pada tahun 2019. 

Dari segi tampang, mobil ini memiliki body SUV dengan desain yang cukup keren. Toyota C-HR juga sudah dilengkapi  sistem keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Untuk jantung pacu, mobil yang memiliki dua tipe varian Single Tone dan Dual Tone, dibenamkan mesin DOHC, 4 silinder, segaris, Dual VVT-i berkapasitas 1.798 cc, yang menghasilkan daya maksimum hingga 100 ps dan tambahan motor listrik 36 Ps pada 6.000 Rpm dan torsi 14,5 kgm pada 4.000 Nm.

Mobil ini juga dilengkapi penggunaan transmisi 7-Speed CVT, sehingga mesin akan terasa halus ketika melakukan pergantian transmisi. Alhasil ini dapat memberikan rasa nyaman saat dikendarai.

Dengan menggunakan mesin hybrid, mobil ini diklaim 62 persen lebih efisien dibandingkan versi mesin bensin. Untuk emisi gas buang C-HR Hybrid hanya 99 gr CO2 per kilometer, sedangkan C-HR bensin mencapai 166 gr CO2 per kilometer.

Menyoal harga, Toyota C-HR hybrid dibanderol Rp586,2 juta dan Rp587,7 juta on the road Jakarta.

Baca juga: Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid?

2. Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid hadir di Indonesia pada tahun 2019, yang kala itu merupakan jenis Corolla generasi ke-12 dan teknologi hybrid generasi keempat yang dikembangkan Toyota.

Toyota Corolla Altis Hybrid ini telah dibenamkan mesin tipe 2ZR-FXE, DOHC, Atkinson Cycle, Hybrid, VVT-i, yang sanggup menyemburkan daya 98 Ps pada 5.200 rpm dan torsi 14,47 kgm pada 4.000 rpm. Sedangkan motor listrik mampu memproduksi daya 53 Ps dan 163 Nm.

Dengan motor listrik yang dimiliki Corolla Altis Hybrid, mobil ini diklaim mampu lebih irit konsumsi BBM hingga 70 persen dibandingkan mesin bensin.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan transmisi CVT 7 Percepatan. Menyoal harga, Toyota Corolla Altis Hybrid dibanderol Rp565,6 juta on the road Jakarta. 

Baca juga: Bocoran Harga Wuling Almaz Hybrid Terkuak, Bisa Bikin Toyota Corolla Cross Gemetar

3. Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla tak hanya memiliki jenis sedan, tapi juga ada Cross juga. Nah, dari segi dimensi Toyota Cross hybrid ini lebih jangkung namun lebih pendek dari Corolla Altis hybrid.

Corolla Altis hybrid juga sudah menerapkan fitur TSS yang menawarkan berbagai perlindungan mulai dari Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Automatic High Beam, hingga sensor pemantau rintangan sekitar.

Untuk jantung pacu, Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki tipe mesin sama seperti Corolla Altis, yaitu tipe 2ZR-FXE, yang dikombinasikan dengan mesin 4 silinder segaris, 16 Valve, DOHC chain drive with Dual VVT-i yang sanggup memuntahkan daya hingga 98 ps pada 6.400 Rpm. Sedangkan jika menggunakan motor listrik, maka tenaga maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. 

Menurut pengetesan yang dilakukan oleh Autofun Indonesia dengan metode full to full, penggunaan dalam kota Toyota Corolla Cross Hybrid mampu mencatatkan angka penggunaan BBM hingga 23,7 km/liter. Sedangkan perjalanan menggunakan tol, angka yang berhasil diperoleh mencapai 18,1 km/liter.

Menyoal harga, Toyota Corolla Cross Hybrid ini dijual dengan banderol Rp540,9 juta on the road Jakarta.

4. Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid merupakan varian paling tinggi di segmen Toyota. Nah, apalagi jika mobil ini dilengkapi teknologi hybrid. Tentu saja mobil ini jadi lebih mahal.

Teknologi Hybrid yang disematkan pada mobil Camry adalah Hybrid generasi keempat. Dengan teknologi ini, tenaga mesin yang dimiliki oleh Camry meningkat 12,7 persen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Camry Hybrid dibekali dengan mesin Hybrid generasi keempat, menggunakan tipe mesin A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc, yang menghasilkan tenaga 178 PS pada 5.700 rpm dan torsi 22,5 Kgm pada 3.600-5.200 RPM. 

Dengan teknologi Hybrid, dimana perpaduan mesin bensin dan motor listrik ini membuat konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan satu liter bisa mencapai 24 km.

Menyoal harga, Camry HYbrid ini dibanderol cukup mahal yaitu mencapai Rp874,6 juta.

Sebenarnya Toyota juga punya beberapa model Hybrid lainnya, seperti Toyota Prius hingga Alphard. Hanya saja kedua produk ini tak lagi dipasarkan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia