Membongkar Rahasia Per Daun New Hilux yang Dirancang Ulang 

Alex · 26 Sep 2020 05:00

Toyota Hilux resmi merupakan salah satu double cabin yang cukup eksis di Indonesia. Usia eksistensinya tergolong cukup lama dan bersaing ketat dengan para kompetitornya dengan cukup sengit. Saat ini New Hilux 2.4 V (4x4) AT, yang merupakan tipe tertinggi dibanderol Rp 492.800.000.

Saat ini sendiri Toyota Hilux D Cab bersaing ketat dengan seterunya sesama merek Jepang, apalagi kalau bukan Mitsubishi Triton dan Isuzu D-Max. Sempat ada nama Chevrolet Colorado dan Mazda BT-50 namun sayangnya kedua double cabin tersebut tak lagi dijual di tanah air.

Mobil pick up sejenis Toyota Hilux sendiri memang termasuk sebuah model yang kurang populer di Indonesia. Bahkan Toyota Hilux tipe tertinggi sekalipun yang sebenarnya mengejar kenyamanan kabin, tetap digolongkan sebagai mobil niaga ringan.

Namun tetap saja ada beberapa kalangan atau konsumen yang menggemarinya sebagai mobil hobi atau penunjang gaya hidup. Mulai dari penghobi off road, adventure sampai pemburu binatang di hutan layak memasukkan nama Hilux dalam daftar pilihan double cabin yang hendak dimilikinya.

Paham akan kompetisi segmen penghobi double cabin yang tetap kompetitif, PT Toyota Astra Motor pun tak mau tinggal diam dengan Hilux andalannya. Maka dari itu pada bulan Agustus lalu, Toyota Indonesia memberikan penyegaran pada Hilux.

Hal yang paling mencolok tentu adalah perubahan eksteriornya yang semakin keren dan modern. Walau mengedepankan unsur modern, namun karakter Hilux dalam facelift ini tetap memancarkan kekuatan.

Mobil pick up Toyota Hilux tersedia dalam 6 varian. Secara keseluruhan, harga Toyota Hilux 2020 berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 492,8 jutaan. Adapun mobil pick up Hilux ini terdiri dari single cabin dan double cabin yang masing-masing berjumlah 3 varian. Harga Hilux double cabin berkisar Rp 427 juta hingga Rp 486 jutaan. Ya, inilah dia harga mobil hilux pick up Indonesia.

Satu hal yang paling menarik dalam Hilux facelift kali ini adalah improvisasi kaki-kakinya. Sebab sebagai mobil yang tangguh dan siap dibawa menerabas berbagai medan jalan, Hilux yang biasanya untuk keperluan hobi ini tetap harus memberikan kenyamanan yang terbaik.

Dalam hal ini bantingan suspensi jadi salah satu fokus Toyota dalam memberikan improvisasi pada Hilux facelift. Lantas apa improvisasi pada kaki-kaki mobil beridentitas lengkap Toyota New Hilux tersebut?

Rahasia Susunan Per Daun

Sekali lagi, kenyamanan yang diperoleh dari bantingan suspensi tampaknya jadi kata kunci dalam improvisasi New Hilux sebagai mobil pick up Indonesia. Double cabin ini memperoleh pengembangan spesifikasi di beberapa bagian untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. 

Dalam keterangan tertulis, PT Toyota Astra Motor menyebut pada seluruh New Hilux dengan body double cabin mendapat setting ulang suspensi. New Hilux S-Cab 4x4 dan seluruh D-Cab mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi untuk menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik. 

Kunciannya adalah susunan per daun (leaf spring) yang dirancang kembali sehingga diklaim terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun. Bahkan PT Toyota Astra Motor berani menyebut improvisasi leaf spring tersebut mampu membuat mobil Toyota Hilux ini tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Bahkan New Hilux juga disebut lebih mudah dan asyik dikendalikan. Hal itu karena variable Flow Control Power Steering pada D-Cab tipe G dan V bertugas mengendalikan kinerja pompa power steering berdasarkan kondisi berkendara untuk mencapai feeling mengemudi yang sesuai dengan kecepatan mobil.

Perubahan ini membuat kemudi New Toyota Hiluxselaku moil pick up Indonesia ini terasa ringan ketika diputar dan mengurangi konsumsi bensin. Dengan kaki-kaki yang sudah makin mantap, New Hilux juga tetap mengusung sejumlah fitur elektronis penunjang berkendara.

Jika Anda memilih New Toyota Hilux D-Cab tipe G dan V maka telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal. Semuanya siap memberikan perlindungan terbaik pada penumpang. Sementara fitur immobilizer untuk mencegah pencurian tersedia di semua model New Hilux.

Kesimpulan

Toyota New Hilux yang merupakan facelift dari generasi ke-8 global dan pertama hadir di Indonesia tahun 2015 memang tampil sangat gagah dan modern dari sektor eksterior. Kebutuhan masyarakat akan keperluan hobi pada New Hilux ini memang dibaca baik oleh Toyota Indonesia.

Hal itu tentu diketahui dari improvisasi kaki-kaki, khususnya bagian per daun yang dirancang ulang. Interior mobil ini yang semakin menarik juga pastinya membuat pengalaman berkendara dengan double cabin satu semakin mengasyikkan.

Namun sayangnya mesin diesel mobil ini masih belum ada peningkatan dari model pre-facelift. Berita bagusnya, belum ada ditemukannya kelemahan berarti pada mesin diesel ramah lingkungan berkode 2GD-FTV milik New Hilux ini.

Dapur pacu Toyota Hilux berkapasitas 2.400 cc tersebut sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi mencapai 400 Nm. Bukan tenaga yang bisa dipandang sebelah mata untuk sebuah mobil pick up double cabin.

Komentar

Mobil Terbaru