window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Hilux Facelift 2024 Versi Thailand, Bukan Cuma Berubah Tampang Tapi Tenaganya Makin Besar

Prasetyo · 25 Mar, 2024 13:13

toyota hilux revo 2024

Toyota Hilux Facelift 2024 diperkenalkan di Thailand dalam sebuah acara bertajuk "Hilux Generation" yang menampilkan Hilux dari generasi ke generasi.

Perayaan ini merupakan bentuk apresiasi yang tinggi dari Toyota Motor Thailand Company Limited atas penjualan Toyota Hilux di Thailand yang selalu tinggi.

"Sejak diperkenalkannya generasi IMV pertama pada tahun 2004, kami telah berhasil mengirimkan 2,7 juta unit Hilux kepada pelanggan berharga kami di Thailand. Selain penjualan domestik, jangkauan kami juga meluas secara global, dengan lebih dari 4 juta unit diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia," kata Noriaki Yamashita, Presiden Toyota Motor Thailand Company Limited, dalam keterangan resminya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menurut dia, selain angka-angka penjualan, kehadiran Hilux juga terbukti sanggup mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Thailand.

Perlu diketahui, Hilux saat ini di produksi di Negeri Gajah Putih itu dan sudah memiliki kandungan lokal yang sangat tinggi, termasuk Hilux Champ yang merupakan wujud lain dari Toyota Hilux Rangga.

toyota hilux 2024

Toyota Hilux Champ di Thailand

"Tahun lalu, industri otomotif Thailand mengalami berbagai perubahan dan tantangan, yang mengakibatkan penurunan pasar otomotif secara keseluruhan sebesar 9%, dengan penjualan truk pikap turun sebesar 32%. Namun, Hilux meraih pangsa pasar melebihi 40%, yang merupakan angka tertinggi sejak tahun 2011," tambah Yamashita.

Adapun sejak kehadiran Hilux Champ, kata dia, Toyota yakin tahun ini bisa mengamankan pangsa pasar pikap di Thailand lebih dari 47 persen.

"Pencapaian ini tidak diragukan lagi menegaskan kepercayaan konsumen Thailand yang tak tergoyahkan terhadap Hilux. truk pickup dan merek Toyota, kami juga bangga menyandang predikat 'Mobil Nasional Thailand'," tukasnya.

Baca juga: New Toyota Hilux Double Cabin 4x4 2024 Meluncur Perdana di Indonesia, Penampilannya Makin Maskulin

Toyota Hilux 2024

Sambil merayakan kesuksesan seluruh lini model Hilux, Toyota Motor Thailand Company Limited juga sekaligus memperkenalkan Toyota Hilux 2024.

Ini merupakan versi facelift dari pick up yang pakai nama Hilux Revo di sana.

Sebagai versi minor change, tentu tak banyak yang berubah dari Hilux 2024, hanya saja opsi facelift ini berlaku untuk varian Hilux Revo Z, Hilux Revo Smart Cab, Hilux Revo 4x4, dan Hilux Revo GR Sport.

Nah apa saja yang berubah dari ketiga varian Toyota Hilux 2024 ini? Yuk kita ulas lebih detil.

1. Toyota Hilux Revo Z Edition 2024

toyota hilux z edition 2024

Hilux Revo Z Edition 2024

Hilux Z Edition hadir dalam varian Double Cab dan Smart Cab, yang bisa dibilang tampilannya menyasar anak muda yang suka menggunakan Hilux Revo untuk kebutuhan gaul dengan rekan-rekannya.

Kita tentu tahu bahwa mobil-mobil pick up diesel seperti Hilux atau Mitsubishi Triton juga kerap dipakai kaula muda dan dimodifikasi dengan gaya mereka.

Bahkan kini muncul tren gaya modifikasi Samlong yang biasanya diterapkan pada mobil-mobil diesel di negara tersebut.

Nah untuk penampilan terbarunya, Hilux Revo Z Edition ini menampilkan gril depan berdesain baru yang kini semuanya full hitam kecuali logo tiga oval khas Toyota yang dibiarkan berfinishing krom

toyota hilux revo 2024 z edition

Versi modifikasinya

Kemudian terlihat juga lampu utama diberi aksen smoke yang terlihat keren, serta desain lampu kabut yang juga baru

Eksteriornya menonjolkan tampilan ramping dan agresif berkat penggunaan velg kecil dan ban aspal, yang semua desain baru ini menggunakan warna hitam metalik.

Menurut Toyota, rancangan desain ini guna memenuhi preferensi pelanggan yang menyukai modifikasi mobil yang stylish, keren, dan khas. 

toyota hilux thailand 2024

Modifikasi khas Thailand

Model Z Edition menonjol sebagai favorit di kalangan penggemar otomotif Thailand, dengan desain truk pikap berpenggerak dua roda yang khas yang membedakannya dari model lain di pasar Asia yang terutama dirancang untuk tujuan komersial. 

Namun, pelanggan di Thailand menganggapnya sebagai kendaraan pribadi dan menghargai daya tariknya yang unik. 

Kedua model Hilux Revo Z Edition tersebut dilengkapi dengan sistem keselamatan seperti VSC (Vehicle Stability Control) dan Hill-start Assist Control (HAC).

Baca juga: Menghitung Biaya Service Toyota Hilux Diesel dan Bensin Hingga 100.000 Km, Mana yang Perawatannya Lebih Murah?

2. Toyota Hilux Revo Smart Cab Pre-runner dan 4x4 2024

toyota hilux 2024

Hilux Revo Pre-Runner

Selain model Z, Hilux versi lainnya juga mendapat perubahan di tahun ini, misalnya terlihat pada Hilux Revo Smart Cab.

Antara lain tim Toyota Thailand telah mendesain ulang bagian eksterior pick up tersebut, yang diklaim berdasarkan masukan pelanggan.

Perubahan yang terlihat ada pada desain gril depan yang dibuat lebih tegas sehingga meningkatkan citra truk pikap untuk penggunaan pribadi. 

Aksen baru di bagian sekeliling gril hingga front under guard itu juga di beri warna hitam untuk semakin mengentalkan sosok jantan dari mobil tersebut.

toyota hilux modellista 2024

Ada opsi aksesoris Modellista

Lantas perubahan selanjutnya ada pada desain lampu utama yang sudah pakai LED Projector lengkap dengan Daytime Running Light (DRL), serta desain overfender yang juga semakin dibuat tegas dan diberi warna hitam pula.

Selain itu, penyertaan sistem suspensi Superflex terbaru juga menjamin pengendaraan yang lembut dan nyaman, sangat cocok untuk berkendara di perkotaan.

Kemudian yang menarik juga adalah Toyota Thailand ternyata memberikan opsi Hilux Modellista.

Tersedia dalam varian Hilux 4x4, pikap ini diberi tambahan aksesoris dari Modellista, seperti pada bagian under bumper spoiler dan velg dengan diameter lebih besar.

Baca juga: Toyota Hilux Berbahan Bakar Minyak Jelantah Ini Bakal Balapan di Reli Dakar 2024

3. Toyota Hilux Revo GR Sport 2024

toyota hilux gr sport 2024

Varian GR Sport

Sementara itu untuk Hilux Revo GR-Sport 4x4 secara signifikan mewujudkan ketangguhan dan kesan sporty premium. 

Ada beberapa perubahan pada mobil tersebut yang inspirasinya diambil dari desain mobil Hilux untuk kebutuhan balap reli. 

Menawarkan performa berkendara yang luar biasa, mobil ini dilengkapi dengan mesin GD Super Power 2.8-liter, yang kini di setting ulang untuk menghasilkan tenaga pucak 224 PS dengan torsi maksimum 550 Nm. 

Angka ini tentu melonjak cukup tinggi mengingat mesin 1GD FTV 2.8-liter dalam kondisi standar hanya menghasilkan daya 204 PS dengan torsi 500 Nm.

Tak cuma mesin yang sudah di tuning ulang, tetapi bagian suspensi juga telah disetel dengan cermat untuk performa optimal.

toyota hilux gr sport 2024

Mesinnya lebih bertenaga

Tapak lebar telah ditingkatkan 140 mm di depan dan 155 mm di belakang, serta rem belakang telah ditingkatkan menjadi sistem rem cakram.

Peningkatan ini sangat meningkatkan stabilitas dan memastikan cengkeraman yang lebih baik di jalan.

"Hilux Revo GR Sport 4x4 menjadi pendamping bagi mereka yang menyukai berkendara dan berpetualang. Hal ini siap untuk meningkatkan kenikmatan berkendara karena tim pengembangan kami telah melampaui batas untuk meningkatkan kemampuan kinerja mobil ini, baik di jalan mulus (on-road) dan medan berat dengan rintangan alam (off-road)," kata Anyarat Sutthibenjakul, Regional Chief Engineer Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company Limited.

Sementara perihal tuning pada mesin, menurut dia sumber tenaga dari pick up double cabin ini mengalami penyempurnaan signifikan, sehingga meningkatkan sensasi dan responsivitas pengalaman berkendara.

Adapun dari segi desain, Hilux Revo GR Sport 4x4 2024 memadukan inspirasi trek balap reli dengan estetika sporty, baik pada interior maupun eksterior, sejalan dengan konsep Gazoo Racing.

toyota hilux gr sport 2024

Tampilan belakang Hilux Revo GR Sport 2024

Dirancang untuk menawarkan perlindungan yang kuat saat melewati rintangan, ia juga unggul dalam kinerja aerodinamis.

Fitur yang menonjol adalah desain depan dan belakang yang didesain ulang, sehingga menonjolkan profil bodi yang lebih lebar dan tinggi. 

Dengan sudut depan yang dinaikkan sebesar 20 milimeter, meningkatkan kemampuannya untuk mengatasi tantangan off-road dengan lebih mudah dan efisien.

Di seluruh kabin, tema hitam ramping mencerminkan kecanggihan dan juga sekaligus kemewahan. 

Pelapis bahan suede meningkatkan kenyamanan pengemudi, dengan desain mengingatkan pada mobil balap berperforma tinggi. 

toyota hilux 2024

Revo Rocco

Interior hitam terlihat kontras dengan sabuk pengaman berwarna merah mencolok, sementara pada bagian tengah dasbor terdapat monitor 10,25 inci yang dilengkapi dengan Wireless Apple CarPlay & Android Auto, lengkap dengan dudukan pengisi daya telepon nirkabel.

Biar tangguh menerabas berbagai kontur jalan, Hilux GR Sport 2024 juga telah mengalami penyempurnaan dengan wheelbase depan lebih lebar 140 milimeter dan belakang lebih lebar 155 milimeter, sedangkan ground clearance ditingkatkan 37 milimeter. 

Selain itu, pengembangan sistem suspensi Monotube shock absorber lengkap dengan tuned coil springs di depan serta shock absorber berikut soft leaf springs untuk suspensi belakang juga menghasilkan bantingan yang tetap nyaman.

Penyempurnaan tersebut dilengkapi dengan velg berukuran 17 inci yang dipadukan dengan ban BF Goodrich All-Terrain berukuran 265/65R17.

Harga Toyota Hilux 2024

Berdasarkan keterangan resmi dari Toyota Thailand, berikut ini daftar harga Toyota Hilux facelift 2024:

Standard Cab 

  • 2.4 Entry AT: 674.000 Baht (Rp292 jutaan)
  • 2.8 Entry AT: 639.000 Baht (Rp277 jutaan)
  • 2.4 Entry C&C AT: 634.000 Baht (Rp275 jutaan)
  • 2.4 Entry: 624.000 Baht (Rp271 jutaan)
  • 2.4 Entry SWB: 624.000 Baht (Rp271 jutaan)
  • 2.4 Entry C&C: 584.000 Baht (Rp253 jutaan)

Z Edition​                

  • 2.4 MID AT: 790.000 Baht (Rp343 jutaan)
  • 2.4 MID: 740.000 Baht (Rp321 jutaan)

Prerunner             

  • 2.4 MID AT: 889.000 Baht (Rp386 jutaan)
  • 2.4 MID: 839.000 Baht (Rp364 jutaan)

4x4                     

  • 2.8 MID AT: 1.041.000 Baht (Rp452 jutaan)
  • 2.4 MID: 944.000 Baht (Rp410 jutaan)

Rocco                    

  • 2.8 ROCCO AT 4x4: 1.161.000 Baht (Rp504 jutaan)
  • 2.4 ROCCO AT 4x2: 1.006.000 Baht (Rp437 jutaan)

GR-Sport               

  • 2.8 GR-S AT: 934.000 Baht (Rp405 jutaan)

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil