window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilih Toyota Camry Hybrid yang Irit BBM atau Cukup Varian Bensin Aja?

Herdi · 11 Jul, 2023 09:00

Pilih Toyota Camry Hybrid yang Irit BBM atau Cukup Varian Bensin Aja? 01

Toyota Camry dikenal sebagai mobil mewah yang saat ini masih dijual di Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Meski segmen sedan tergolong sangat kecil, namun bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan dan kemewahan, Camry bisa jadi obatnya.

Yang perlu digaris bawahi, Toyota Camry ini hadir dalam dua versi, yaitu tipe V bermesin bensin dan juga ada varian Hybrid. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca jugaPamor Makin Merosot, Toyota Camry Menyerah di Jepang

Toyota Camry di Indonesia

Ada varian mesin bensin dan hybrid (Foto: Toyota Indonesia)

Dengan dua pilihan varian ini pula, maka untuk Toyota Camry V mesin bensin dijual Rp799.300.000, sedangkan Toyota Camry hybrid dibanderol Rp937.400.000. 

Perlu dicatat, kedua harga Camry bensin dan hybrid ini berstatus on the road Jakarta, per Juli 2023.

Nah, Anda yang belum mengetahui perihal perbedaan Toyota Camry bensin dan hybrid, maka tidak ada salahnya mengetahui informasi sebagai berikut. 

Toyota Camry Bensin dan Hybrid

Toyota Camry Hybrid

Varian ybrid pakai logo toyota beraksin biru (Foto: Toyota)

Dimensi

Persamaan, yang paling terasa pada Camry V bensin dan hybrid terletak pada bagian dimensi, dimana untuk panjang mencapai 1.840 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.445 mm.

Untuk jarak sumbu roda keduanya juga masih sama, yaitu 2.825 unit, jarak pijak depan 1.580 mm, jarak pijak belakang 1.605 mm, dan bobot bersih mencapai 1.625 mm.

Oia, dimensi Camry ini sudah kokoh, karena menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Baca juga: Salah Satu Favorit Mobil Pejabat, Apa Iya Toyota Camry Cuma Enak Jadi Penumpang?

Eksterior

Bagian belakang Toyota Camry V Bensin

Bagian belakang Camry V Bensin  (Foto: Toyota)

Untuk tampilan eksterior sejatinya tidak ada perbedaan yang sangat mencolok.

Bahkan desain headlamp, gril, dan bumper masih sama.

Termasuk penerangan pada mobil ini menggunakan lampu LED Projector dan DRL.

Adapun untuk model konvensional untuk lampu senja, masih menggunakan bohlam, sedangkan untuk hybrid sudah LED. 

Akan tetapi untuk model hybrid pada bagian logo Toyota terdapat kelir biru dan menempel tulisan hybrid di bodi depan kiri.

Yang bikin mobil tampak menarik, adalah kehadiran Camry hybrid pada bagian eksteriornya sudah dilengkapi sunroof. 

Baca jugaPernah Digunakan Menteri Era SBY, Harga Bekas Toyota Camry XV40 Sekarang Cuma Rp100 Jutaan!

Interior

Interior Toyota Camry

Interior mewah dan berkelas (Foto: Toyota Indonesia)

Kabin Toyota Camry sudah pasti sangat mewah seperti seperti penggunaan aksen kayu dengan warna hitam. Akan tetapi, baik tipe hybrid maupun bensin tidak terlalu berbeda jauh. 

Adapun perbedaan yang cukup terlihat yaitu pada bagian head unit layar sentuh 9 inci floating, ditambah sistem audio dari JBL.

Layar ini juga dilengkapi fitur T-Intouch, dimana dengan alat ini bisa memberikan informasi waktu service berkala, maupun bisa mendapatkan bantuan jika terjadi masalah di jalan. 

Selain itu, pada bagian kabin ini memiliki penyegaran ruangan atau AC triple zone berteknologi Air Purifier Nano E.

Camry juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya untuk smartphone tanpa kabel, hingga kursi pendingin.

Kenyamanan Toyota Camry Bensin dan Hybrid 

Toyota Camry

Camry hybrid versi di Jepang. (Foto: Toyota))

Baik Camry Hybrid maupun bensin, keduanya memang sangat memanjakan konsumen, dengan menawarkan mobil yang nyaman. 

Hal ini akan sangat dirasakan ketika melewati kondisi jalan yang bergelombang. 

Maka dari itu, salah satu faktor pendukung agar mobil tetap nyaman yaitu pilihan suspensi depan MacPherson Strut dan belakang Double Wishbone. 

Semua kaki-kaki Honda Camry ini berukuran 18 inci, yang dibalut dengan profil ban 235/45.

Fitur Terbaik 

Toyota Camry dilengkapi dengan 7 airbags

Dilengkapi dengan 7 airbags (Foto: Toyota)

Karena mobil khusus mereka berkasta tinggi, maka jangan heran kalau mobil ini memiliki berbagai fitur keselamatan terdapat.

Fitur-fitur yang dimaksud adalah Airbags baik pengemudi, penumpang depan dan belakang, yang posisinya ada stir, dashboard, jendela dan juga untuk lutut.

Camry Hybrid maupun bensin juga dilengkapi dengan sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Selain itu, kedua mobil ini juga Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist Control (HAC), Child Restraint System berupa ISOFIX dan Tether.

Toyota Camry

Tampang depannya agresif (Foto: Istimewa)

Seperti model Toyota lainnya, Camry sudah dijejali teknologi Toyota Safety Sense, dimana teknologi ini melingkupi fitur-fitur keselamatan yang disediakan.

Untuk fitur TSS yang dimaksud adalah Dynamic Radar Cruise Control, Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert, Blind Spot Monitoring (BSM), dan Automatic High Beam (AHB), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Centering, dan Steering Assist.

Kedua mobil ini juga sudah dilengkapi Smart Entry ditambah fitur Start Stop System, lalu Rear Camera berupa Back Guide Surround Monitor, dan juga Back & Corner Sensor.

Spesifikasi Mesin 

Mesin Toyota Carmy Bensin

Mesin Carmy Bensin (Foto: Toyota)

Camry baik untuk tipe G dan V dibekali mesin 4 silinder in line berkapasitas 2.487 cc.

Untuk tipe bensin yang menggunakan kode mesin A25A-FKS, menghasilkan daya 204 Ps pada 6.000  rpm dan torsi puncak 23.9 kg m pada 4.100 rpm.

Sementara untuk Camry Hybrid didukung mesin A25A-FXS ditambah motor elektrik. Alhasil, untuk tenaga yang dihasilkan secara total 198,6. 

Akan tetapi sebelum ditempel motor listrik, daya yang disalurkan bisa 178 Ps pada 5.700 rpm dan torsi 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi puncak 22.5 kgm pada 3.600-5.200 rpm lalu, serta untuk motor listriknya sebesar 20.6 kgm.

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Camry dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil